Motor Goyang Seperti Ban Kempes
ridergalau.com

Motor Goyang Seperti Ban Kempes Bikin Oleng, Ini Penyebabnya!

Apakah Anda pernah merasakan ketika naik motor terasa bergoyang-goyang, padahal kondisi ban baik-baik saja? Jika iya, maka kondisi motor goyang seperti ban kempes semacam ini harus diwaspadai.

Setiap pengendara motor roda dua pasti pernah mengalami beberapa masalah pada motor miliknya. Hal ini cukup rumit bagi mereka yang masih awam dalam bidang otomotif karena masalah motor sedikit kompleks.

Motor yang bergoyang seperti ban kempes adalah salah satu yang sering dirasakan oleh pengendara. Jika diabaikan, kondisi motor semacam ini sangat berbahaya bagi pengendara selama di jalanan.

Penyebab Motor Goyang Seperti Ban Kempes

Motor yang terasa bergoyang meskipun kondisi ban baik-baik saja memang sedikit krusial. Jika dibiarkan saja justru dapat menyebabkan kecelakaan karena pengendara kehilangan keseimbangan ketika melajukan motornya.

Motor yang goyang seolah bannya kempes ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Velg Motor yang Bengkok

Tanpa disadari, kondisi velg motor yang bengkok bisa menjadi satu alasan yang membuat pengendara merasa motornya bergoyang ketika dijalankan. Kondisi velg yang bengkok ini pun bisa disebabkan motor jatuh.

Kondisi velg ini kadang kala juga disebabkan oleh pengendara yang sedang melajukan motornya di jalanan yang berlubang parah. Oleh karena itu, hindar jalanan berlubang jika ingin kondisi motor Anda tetap aman dan nyaman dikendarai.

  1. Leher Roda yang Mulai Aus

Penyebab motor goyang seperti ban kempes lainnya adalah ketika laher roda atau bearing mulai aus. Kondisi ini umumnya terasa ketika Anda melajukan motor saat jalan menikung. Di saat kondisi ini, Anda akan merasakan seperti ada yang jatuh.

Viral :   Fungsi Oli Gardan Motor Matic dan Gejala Kerusakannya

Apabila kondisi laher roda motor ini mulai aus maka sebaiknya untuk segera menggantinya dengan yang baru. Jika dibiarkan begitu saja, kondisi tersebut akan merembet ke komponen lainnya yakni kampas yang mulai menipis, permukaan ban jadi halus, dan lain sebagainya.

  1. Engine Mounting Aus

Selain dua hal di atas, penyebab lain motor meleyot saat dikendarai adalah engine mounting yang sudah aus. Engine mounting sendiri merupakan penyambung serta bantalan yang bertujuan meredam getaran pada motor matic. Ya, kondisi ini hanya berlaku pada motor matic saja apalagi anda membeli matic bekas.

  1. Komstir Rusak

Motor goyang seperti ban kempes juga bisa disebabkan oleh kondisi komstir yang sudah rusak. Komstir ini memiliki peran yang penting bagi motor karena bertujuan untuk mengendalikan motor.

Komstir ini terletak di sumbu antara segitiga garpu depan. Jika komstir rusak maka motor akan terasa bergoyang, kasar dan sulit untuk dibelokkan. Sayangnya, komstir ini jarang dapat diperbaiki dan Anda harus menggantinya dengan yang baru.

  1. Segitiga Pada Setang Motor yang Tidak Rata

Segitiga pada setang motor ini memiliki fungsi untuk menyambungkan antara setang dan shock breaker. Jika motor terasa bergoyang mungkin saja diakibatkan oleh segitiga pada setang yang tidak sejajar antara kanan dan kiri.

Kondisi motor yang bergoyang ini bisa menyebabkan pengendara kehilangan keseimbangan sehingga dapat menimbulkan kecelakaan yang serius. Terlebih ketika Anda sedang melaju di jalan yang menanjak dan menukik tajam. Jika Anda sering melewati medan semacam ini maka kondisi motor harus sangat diperhatikan.

Adapun cara menyeimbangkan tubuh ketika berkendara adalah seperti yang akan dijelaskan berikut:

  • Menjaga kecepatan. Alangkah baiknya untuk menjaga kecepatan berkendara yang stabil. Melajukan kendaraan dalam kecepatan yang tinggi juga dapat menyebabkan kehilangan keseimbangan apabila terdapat halangan di tengah jalan, seperti kendaraan lain yang tiba-tiba menyalip atau berhenti.
  • Periksa kondisi motor sebelum berkendara. Mengecek kondisi motor ini sangat penting, jangan sampai Anda merasa motor seperti bergoyang padahal saat dilihat, ban tidak mengalami masalah apa pun. Bisa jadi, masalah yang terjadi terdapat pada komponen lainnya
  • Berkendara dalam kondisi fit. Hal yang tidak kalah penting saat Anda berkendara adalah kondisi badan yang fit. Kondisi yang kurang fit seperti sedang demam membuat keseimbangan badan juga terganggu. Terlebih jika Anda mengalami pusing, sebaiknya berhenti atau mengurungkan niat untuk berkendara.
Viral :   Cara Mudah Agar Motor Bertenaga dan Irit Bahan Bakar

Dari sekian penyebab masalah motor goyang seperti ban kempes, mengecek kondisi motor secara rutin menjadi solusi yang paling utama. Hal ini juga menjadi pertimbangan Anda ketika akan berkendara dengan jarak tempuh yang jauh. Jadi, pastikan kondisi motor dan tubuh Anda sehat untuk dapat berkendara dengan baik.

Kata PencarianMotor matic goyang seperti ban kempes,mengapa motor seperti ban gembos ya oleng,Motor goyang seperti ban kempes,Ban motor gundul Motor goyang seperti ban kempes,Ban terasa kempes padahal tidak,https://www wartaoto com/motor/6890/motor-goyang-seperti-ban-kempes-bikin-oleng-ini-penyebabnya html,kenapa ban motor bergoyang padahal ban tdk kempes,Kenapa motor oleng seperti ban motor kempes,motor beat goyang seperti ban kempes,Motor beat roda belakang seperti kempes,motor terasa seperti ban kempes,Motor vario goyang seperti ban kempes,penyebab ban belakang terasa kempes,serasa ban kempes,setang motor ketika jalan seperti bas kempes