Bagaimana Cara Menghemat BBM? Ini Tipsnya

Alat transportasi yang semakin berkembang dan jumlahnya semakin tinggi secara otomatis membuat penggunaan bahan bakar makin banyak. Akibatnya, harga bahan bakar minyak (BBM) kian tahun kian naik.

Namun, kebutuhan akan BBM ini tetap banyak sehingga biaya yang dikeluarkan pun membengkak. Lantas, bagaimana cara menghemat BBM pada kendaraan bermotor Anda?

Menghemat BBM sebenarnya cukup mudah untuk Anda lakukan. Namun begitu, konsistensi dan trik yang tepat adalah hal yang penting. Tidak hanya cara Anda melakukan perawatan kendaraan bermotor saja yang dapat memengaruhi, kebiasaan dalam berkendara ternyata juga dapat membantu menghemat BBM.

Bagaimana Cara Menghemat BBM?

Semakin mahalnya BBM salah satunya karena bahan bakar adalah kebutuhan yang semakin banyak dicari. Selain itu, juga karena pengurangan subsidi yang dilakukan pemerintah terhadap bahan bakar. Jadi, pengeluaran Anda pun akan semakin tinggi. Berikut beberapa tips cara menghemat BBM yang dapat Anda coba.

  1. Mengubah Kebiasaan Memanaskan Kendaraan

Kebiasaan memanaskan kendaraan bermotor dalam waktu lama kenyataannya malah akan membuang-buang bahan bakar sebelum digunakan. Perlu diketahui bahwa teknologi yang disematkan pada kendaraan bermotor saat ini telah semakin canggih.

Dengan adanya teknologi ini, Anda tidak perlu lagi memanaskan mesin motor dalam waktu yang lama. Jika ingin memanaskan kendaraan bermotor Anda, sebaiknya cukup lakukan 5 sampai 10 menit saja sebelum digunakan mengingat hal tersebut sudah cukup untuk mengoptimalkan kinerja kendaraan.

  1. Hindari Jam Sibuk
Viral :   Daftar Harga Mesin Steam Cuci Motor Listrik

Berkendara saat jam sibuk merupakan hal yang akan menghabiskan bahan bakar dengan cepat. Alasannya adalah ketika Anda mengerem kemudian melakukan gas, akan lebih banyak BBM yang dibakar.

Jadi, bagaimana cara menghemat BBM jika kendaraan memang digunakan untuk keperluan sehari-hari, misalnya bekerja? Tentu saja dengan menghindari berkendara saat jam sibuk. Saat Anda akan berangkat kerja, berangkatlah lebih pagi sehingga tidak terjebak macet.

Begitu pula ketika Anda pulang kerja, lakukan lebih sore atau malam sehingga jalanan tidak begitu ramai. Namun, jika itu tidak dapat dilakukan, carilah jalan alternatif yang sekiranya tidak begitu ramai.

  1. Memilih BBM Oktan Tinggi

Bahan bakar dengan oktan tinggi akan membuat sistem pembakaran pada kendaraan berjalan sempurna, meskipun dengan jumlah BBM yang sedikit. Cara seperti ini akan lebih mengefisienkan jumlah penggunaan bahan bakar.

Meskipun harganya lebih mahal dibandingkan dengan BBM oktan rendah, jumlah penggunaan BBM dengan oktan tinggi lebih sedikit. Selain itu, jenis bahan bakar ini juga dapat menjaga kinerja sistem pembakaran lebih tahan lama.

Tentu hal ini akan lebih menguntungkan Anda dibandingkan menggunakan BBM oktan rendah, di mana untuk dapat sampai pada pembakaran yang sempurna dibutuhkan bahan bakar yang lebih banyak.

  1. Berkendara dengan Kecepatan Stabil
Viral :   New Honda ADV160

Kebiasaan berkendara dengan kecepatan tinggi akan membuat perputaran mesin juga tinggi. Akibatnya, BBM yang dibakar pun juga semakin banyak sehingga kebutuhannya semakin tinggi pula.

Begitu pula ketika Anda berkendara pada kecepatan rendah. Berkendara dengan menggunakan kecepatan yang cukup rendah membuat konsumsi bahan bakar juga semakin tinggi.

Lantas, bagaimana cara menghemat BBM berkaitan dengan kecepatan berkendara? Solusinya adalah sebisa mungkin berkendara dengan kecepatan yang stabil. Pilihan lain adalah mengatur kecepatan secara bertahap agar konsumsi bahan bakar dapat lebih dihemat.

  1. Mengurangi Beban Bawaan

Barang bawaan juga dapat berpengaruh pada jumlah konsumsi bahan bakar kendaraan bermotor Anda. Semakin berat beban yang ditanggung oleh kendaraan bermotor akan membuat konsumsi bahan bakar semakin tinggi.

Hal ini karena tarikan sepeda motor Anda semakin berat sehingga kerja mesinnya juga semakin berat. Untuk membuat mesin dapat bergerak, pembakaran bahan bakar secara otomatis semakin banyak.

Selain tips bagaimana cara menghemat BBM di atas, hal yang juga penting dilakukan adalah selalu melakukan perawatan secara konsisten dan berkala.

Saat melakukan perawatan, montir akan membersihkan berbagai komponen, salah satunya adalah filter udara. Filter udara yang kotor juga dapat menjadi penyebab borosnya bahan bakar karena kotoran akan menyumbat saluran BBM dan membuang BBM secara percuma.

Kata Pencarianbagaimana cara menghemat energi