Hemat BBM, Ini Deretan Motor Matic Paling Irit

Jumlah bahan bakar minyak (BBM) kian hari kian terbatas sehingga makin mahal. Namun begitu, keberadaannya amat dibutuhkan oleh para pemilik motor karena kendaraan ini dapat bergerak karena adanya BBM.

Untuk menghemat biaya BBM ini, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memilih motor matic paling irit yang memiliki teknologi sistem penghemat bahan bakar. Cara ini akan membantu Anda mengatur pengeluaran.

Teknologi fuel injeksi adalah kunci sistem penghemat bahan bakar pada motor matic. Adanya teknologi ini mampu meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar sehingga BBM pun tidak cepat habis.

Sistem pembakaran kendaraan menjadi lebih sempurna dibandingkan dengan teknologi yang lainnya. Jadi, ketika berkendara, Anda tidak akan sering-sering mengisi ulang bahan bakar.

Deretan Motor Matic Paling Irit

Banyaknya pilihan motor matic yang irit di pasaran tentu akan membuat Anda menjadi kesulitan untuk memilih. Hal ini karena setiap sepeda motor akan memiliki kapasitas mesin yang berbeda.

Perbedaan kapasitas mesin akan memengaruhi tenaga yang dikeluarkan. Berikut beberapa deretan motor matic paling irit yang dapat Anda gunakan sebagai perbandingan.

Merk Harga
Suzuki NEX II Rp13 jutaan
Yamaha Mio 125 M3 Rp14 jutaan
Honda BeAt 100 eSP Rp15 jutaan
Honda Scoopy 100 Esp Rp16 jutaan
Yamaha Mio S Smart & Sophisticated Rp16 jutaan
Yamaha New Fino Premium 125 Rp17 jutaan
Honda Vario 150 Esp Rp22 jutaan
Vespa LX 125 Rp31 jutaan
Viral :   KTM RC 250, Penantang Baru di Kelas 250 cc

 

Rekomendasi motor matic di atas dapat Anda pertimbangkan sesuai dengan anggaran yang telah disediakan. Setelah mendapatkan motor matic yang irit, hal terpenting berikutnya adalah merawatnya.

Perawatan yang salah akan membuat daya tahannya menurun. Untuk itu, perlu cara yang tepat untuk melakukan perawatannya.

Berikut tips mudah yang dapat Anda lakukan untuk menghemat bahan bakar dan memperpanjang daya tahannya.

Tips Merawat Motor Matic Paling Irit

Saat memiliki kendaraan bermotor, merawatnya adalah hal yang wajib dilakukan. Tidak hanya menggunakannya untuk aktivitas sehari-hari, Anda juga harus meluangkan waktu untuk mengecek komponennya secara berkala. Hal ini dilakukan untuk menjaga kinerja komponen motor matic tetap optimal.

Selain itu, ada beberapa hal yang juga penting untuk dilakukan sebagaimana diuraikan di bawah ini.

  1. Memilih Bahan Bakar yang Tepat

Bahan bakar yang dijual di pasaran ada beberapa jenis. Untuk mampu membuat komponen kendaraan matic Anda bekerja dengan optimal, sebaiknya gunakan bahan bakar dengan oktan yang tinggi.

Meskipun harganya lebih mahal, BBM dengan oktan tinggi dapat memperpanjang daya tahan kendaraan Anda. Keuntungan lain dari penggunaan jenis bahan bakar ini adalah tarikan mesin motor menjadi lebih ringan.

  1. Memastikan Filter Angin Bersih
Viral :   Tetap Berkelas! Begini Penampakan Ducati Panigale V4 2021

Keadaan filter angin pada motor matic juga dapat memengaruhi banyaknya bahan bakar yang digunakan. Filter angin yang kotor dapat membuat saluran sistem pembakaran menjadi tersumbat.

Keadaan seperti ini akan membuat bahan bakar terbuang sia-sia. Untuk mempertahankan efisiensi bahan bakat motor matic Anda, pastikan filter ini tetap bersih.

  1. Melakukan Servis Secara Berkala

Servis secara berkala akan membuat motor Anda memiliki daya tahan yang lebih lama. Hal ini karena komponen-komponen pada kendaraan bermotor tetap terawat dan dipastikan dapat bekerja secara optimal.

Sebaiknya lakukan servis secara konsisten. Selain dapat menjaga kinerja komponen motor, servis juga dapat membuat kendaraan terasa lebih nyaman digunakan.

Saat Anda membawa kendaraan motor ke bengkel, oli juga dapat diganti secara tepat sehingga tetap terjaga kebersihannya. Dampaknya, kinerja mesin pun dapat lebih efisien dan lebih optimal.

  1. Jangan Memanaskan Mesin Terlalu Lama

Kebiasaan memanaskan mesin sebelum menggunakan kendaraan bermotor pastinya telah sering Anda lakukan. Sayangnya, kebiasaan ini malah mampu menghabiskan bahan bakar di kendaraan.

Meskipun Anda menggunakan motor matic paling irit, jika mesin dipanaskan lebih dari 15 menit, bahan bakar menjadi cepat habis alias boros.