Rekomendasi Lampu LED Motor BeAt yang Paling Terang

Lampu LED motor BeAt adalah komponen terpenting pada kendaraan, utamanya pada saat malam hari. Fungsi utamanya tentu saja sebagai penerangan untuk jalan saat berkendara di malam hari.

Oleh karena itu, amat penting untuk memiliki intensitas cahaya yang terang untuk memudahkan dalam mengamati jalanan dan lingkungan di sekitar motor.

Saat ini, penggunaan lampu tidak hanya untuk dinyalakan pada malam hari saja, tetapi juga pada siang hari. Untuk itu, ada baiknya memastikan terlebih dahulu bahwa lampu kendaraan bermotor Anda dapat berfungsi dengan baik.

Jika mulai redup ataupun bahkan putus, maka sudah seharusnya lampu diperbaiki ataupun diganti. Apalagi mengingat bahwa kendaraan bermotor amat penting penggunaannya dalam aktivitas sehari-hari.

Memilih Lampu LED Motor BeAt

Lampu LED pada motor BeAt tidak hanya digunakan pada headlamp atau lampu utama yang ada di depan saja, pada beberapa bagian lampunya juga menggunakan lampu LED.

Namun, ukuran dan intensitas cahaya tentu saja berbeda. Selain itu, daya tahannya pun berbeda-beda. Untuk itu, Anda perlu memilih lampu LED yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan sebelum menggantinya.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih lampu LED untuk motor BeAt Anda.

  1. Kecocokan Soket

Soket merupakan salah satu bagian penting yang ada pada lampu LED. Hal ini karena jika soket pada lampu LED tidak sama dengan soket pada kendaraan bermotor Anda, lampu tidak akan dapat dipasangkan dengan benar.

Untuk memudahkan memilih lampu LED yang sesuai dengan soket pada kendaraan bermotor, bawalah lampu LED bekas yang akan diganti.

  1. Kebutuhan Pencahayaan

Intensitas cahaya yang dikeluarkan oleh lampu LED motor BeAt Anda akan berhubungan dengan daya tahan aki yang digunakan. Karena nyalanya lampu LED ini memang didukung oleh adanya aki sebagai sumber daya listrik. Semakin terang nyala lampu LED, daya yang akan digunakan semakin tinggi.

Jika Anda sering melakukan touring, apalagi pada malam hari, ada baiknya memilih intensitas yang tinggi. Namun, jika kendaraan bermotor yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari, cukup menggunakan lampu LED dengan cahaya standar atau umum.

Hal yang terpenting adalah lampu harus mampu menerangi perjalanan Anda dengan nyaman dan daya tahannya cukup lama.

  1. Tersertifikasi

Banyaknya merk lampu LED yang ada di pasaran tentu akan membingungkan Anda saat memilihnya. Untuk memudahkannya, maka pilihlah lampu yang telah tersertifikasi, misalnya SNI (Standar Nasional Indonesia).

Viral :   Kopling Hidrolik: Cara Kerja, Keunggulannya & Kekurangannya

Lampu LED yang telah memiliki sertifikasi ini tentu telah terjamin kualitasnya sehingga tidak perlu lagi Anda ragukan. Daya tahannya pun kemungkinan akan lebih lama.

  1. Harga

Harga juga merupakan komponen yang perlu dipertimbangkan. Umumnya, harga akan memengaruhi kualitas lampu LED yang akan dipilih. Namun, yang terpenting adalah kesesuaian dengan kendaraan bermotor Anda.

Rekomendasi Lampu LED Motor BeAt

Lampu-lampu LED untuk motor BeAt banyak sekali pilihannya di pasaran. Jika ingin mengganti lampu sendiri, Anda dapat membelinya langsung pada toko yang menjual spare part kendaraan bermotor.

Namun, jika bingung untuk memilihnya, Anda dapat membawanya ke bengkel resmi atau yang terdekat dengan rumah. Di bengkel tersebut tentu ada montir yang profesional dan mampu melayani kebutuhan Anda.

Berikut beberapa rekomendasi lampu LED yang dapat Anda pilih untuk motor BeAt beserta harganya.

Merk Harga
Ayoto M2B H6 Rp30 ribuan
Autovision RZ1 Rp50 ribuan
Luminos Led H6 ACDC Rp55 ribuan
Osram T19 Rp60 ribuan
RTD M02D Rp90 ribuan

 

Setelah Anda mampu memilih hingga mengganti lampu, maka selanjutnya Anda perlu tahu cara merawatnya agar memiliki daya tahan yang lama.

Tipsnya adalah pastikan lampu LED terpasang dengan tepat dan benar, titik lampu juga terpasang dengan seimbang.

Jangan lupa juga untuk membersihkan tempat lampu LED motor BeAt sebelum menutupnya sehingga tidak menghalangi pendaran cahayanya.

Pertimbangan sebelum membeli lampu LED utama

Penggunaan. Lampu LED sepeda motor ini jauh lebih diutamakan daripada penggunaan lampu biasa yang sebelumnya misanya seperti bohlam. Khususnya untuk lampu LED utama, berikut ini ada beberapa poin yang pernting sebagai pertimbangan. Sebelum anda membelinya:

  • Permasaahan listrik sepeda motor

Anda perlu mempertimbangkan dari segi kelistrikan sepeda motor. Pasalnya sistem pengisian aki. Wajib diperhatikan dengan benar dan tepat. Apabila memiliki beban yang terlalu besar maka aki nantinya akan lebih cepat habis. Jika lampu diganti maka secara otomatis garansii lampu dari pabrikan ridak bisa digunakan.

  • Keterbatasan ruang

Tak hanya dari segi kelistrikan saja, namun anda juga perlu mempertimbangkan ruangan maupun tempat pemasangan lampu. Ukuran lampu LED utama sepeda motor biasanya lebih kecil daripada bohlam biasa yang membuat proses modifikasi kendaraan menjadi lebih sulit lagi. Terutama ketika memasangkan lampu LED utama di sepeda motor. Maka dari itu jangan sekali-kali lakukan modifiksi sembarangan.

  • Resiko

Alangkah baiknya hindari mengganti lampu LED yang masih ikut arus mesin sebab bisa menyebabkan lampunya jutsru menjadi putus atau bahkan korsleting jika masih mengikuti arus listrik AC. Tak hanya itu, lampu LED membutuhkan arus yang sangat stabil tanpa adanya tambahan aurs lagi dari komponen mesin, oleh sebab itu anda perlu menggantinya ke arus listrik DC.

Viral :   Motor Baru 2023 Yang Wajib Diketahui !

Cara perawatan lampu LED motor utama

Lampu utama sepeda motor ternyata juga membutuhkan perawatan. Hal ini bertujuan supaya bisa bertahan lebih lama yaitu tidak mudah rusak ataupun lampu tidak gampang putus. Berikut ini beberapa perawatan yang wajib anda lakukan pada lampu LED motor utama:

  • Hindari membongkar kelistrikan sepeda motor

Jika anda tidak mengerti dengan kelistrikan motor, sebaiknya jangan sekali-kali membongkarnya. Pasalnya jika anda mengutak-ngatik kelistrikan sepeda motor sembarangan maka justru dapat mempercepat kerusakan. Tidak di sarankan menambahkan saklar yang dapat menimbulkan aurs masuk secara berlebihan. Apabila arus yang masuk berlebihan maka bisa menimbulkan lampu lebih cepat putus. Meskipun kedengarannya sepela namun ternyata cukup berisiko.

  • Membersihkan bagian penampang

Peampang lampu pada bagian paling utama harus dilakukan permbersihan secara berkala supaya kotoran yang menempel tidak menimbukan masalah pada bagian lampu. Kondisi lampu utama yang kotor tidak hanya akan mengganggu pemandangan namun justru bisa memicu kerusakan pada lampu tersebut. Sehingga lampu LED utama motor akan mudah rusak. Jika anda tidak ingin hal ini terjadi, sebaiknya jaga kebersihan lampu motor anda.

  • Pemeriksaan secara rutin

Lakukanlah pemeriksaan secara rutin pada lampu LED anda yang bertujuan untuk memastikan bahwa daya dan kelistrikan di lampu utama tetap berjalan dengan normal. Jangan sampai lampu terasa panas sebab lampu LED memiliki sifat yang tidak tahan dengan suhu panas sehingga pastikan selalu bahwa suhunya tetap stabil.

  • Letak titik lampau

Terakhir, pastiakn bahwa letak lampu LED dari titik lampu tersebut aman yakni pada bagian batok atau mika lampu yang sesuai. Selain itu, pastikan juga bahwa ukurannya juga pas dan tepat. Dengan demikian, maka akan lebih aman dan nyaman ketika digunakan. Dipasaran sendiri pastinya anda akan menjumpai banyak sekali lampu LED motor dengan berbagai varian. Wajar saja jika anda jadi bingun saat menentukan pilihan. Apapun jenis lampu LED yang nantinya akan anda pilih, tetaplah melakukan perawatan dengan rutin supaya lebih awet.