Tips Memilih Aki Motor yang Bagus dan Berkualitas

Aki motor adalah salah satu komponen yang penting pada motor. Pemilihan aki motor yang bagus juga berpengaruh pada kinerja berbagai komponen kendaraan yang membutuhkan tenaga listrik untuk menggerakkannya.

Hal ini karena aki sendiri merupakan sumber energi listrik pada sepeda motor. Oleh karena itu, kebiasaan pengendara yang sering menggunakan panel listrik dapat memengaruhi keawetan aki.

Daya tahan aki umumnya hanya 2 tahun, itu pun tergantung bagaimana kualitas dan cara pemakaian pengendara sepeda motor. Selain itu, cara perawatan aki juga amat memengaruhi daya tahannya.

Jika sudah mulai mengalami gangguan, ada baiknya untuk melakukan pengecekan atau bahkan menggantinya dengan yang baru. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai merk produk aki.

Tips Memilih Aki Motor yang Bagus

Memilih aki motor yang berkualitas akan memberikan keuntungan tersendiri pada Anda. Apalagi jika mampu bertahan cukup lama, tentu Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk sering-sering menggantinya.

Banyaknya merk aki yang ada di pasaran belum tentu sesuai dengan kebutuhan motor Anda. Untuk itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara memilih aki yang sesuai dan memiliki kualitas yang terjamin.

  1. Ketahui Jenis Aki Motor Anda

Sebelum memutuskan untuk mengganti dan memiliki aki untuk motor Anda, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis aki yang ada pada kendaraan, apakah aki kering atau basah.

Viral :   Deretan Honda Matic Terbaru 2021

Jika tidak mengetahui jenisnya, ada baiknya Anda membawa kendaraan ke bengkel resmi sesuai dengan merk kendaraan bermotor Anda. Biasanya montir akan memberikan rekomendasi yang tepat untuk jenis aki motor yang bagus dan sesuai.

  1. Spesifikasi Aki

Pengetahuan tentang spesifikasi aki motor Anda adalah hal yang amat penting. Misalkan saja dimensinya. Jika membeli aki yang terlalu besar, maka sudah pasti tidak akan cukup untuk dimasukkan ke dalam rongga motor dimana seharusnya aki berada.

Begitu juga jika terlalu kecil. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggantinya sendiri, sebaiknya bawalah aki bekas yang rusak untuk menjadi contoh saat membelinya.

Selain dimensi, pengetahuan tentang cold cranking amperes (CCA) juga perlu. CCA sendiri merupakan daya nyala mesin. Nilai CCA yang tinggi akan mampu menyalakan sepeda motor dengan ringan dan mudah.

Satu lagi yang perlu diperhatikan adalah ampere hour (AH), yaitu kapasitas penyimpanan daya listrik. Umumnya, nilainya adalah 5 AH hingga 10 AH. Sesuaikan dengan aki yang ada di kendaraan bermotor Anda.

  1. Tanggal Produksi

Seperti halnya produk lain, ternyata aki juga memiliki tanggal kedaluwarsa. Aki yang bagus adalah yang memiliki umur tidak lebih dari enam bulan dari waktu produksinya.

Viral :   Bagaimana Merawat Motor Vespa matic? Begini Caranya

Jika melebihi waktu tersebut, kemungkinan komponen penyusunnya sudah mengalami penurunan kinerja. Akibatnya akan berdampak pada komponen-komponen kendaraan bermotor Anda.

Selain itu, aki juga memiliki daya tahan yang cukup pendek. Parahnya lagi, kapasitas penyimpanan energi listrik menjadi terbatas dan rendah. Hal ini akan mengakibatkan komponen yang membutuhkan tenaga listrik untuk menggerakkan menjadi tidak optimal saat bekerja. Tentu hal ini akan lebih merugikan Anda, bukan?

  1. Harga

Harga juga merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih aki motor yang bagus dan berkualitas. Penting untuk diingat bahwa harga aki yang mahal belum tentu sesuai dengan kendaraan bermotor Anda, begitu juga sebaliknya.

Untuk itu, sebelum memutuskan untuk membelinya, sebaiknya bandingkan dulu harga yang ada di pasaran dan pastikan sesuai dengan sepeda motor Anda. Berikut kisaran harga aki motor berdasarkan merknya.

Merk Aki Harga
Aspira Rp145 ribuan
Federal Parts Rp120 ribuan
Motobatt Rp150 ribuan
Bosch Rp149 ribuan
Yuasa Rp180 ribuan

 

Setelah mengetahui bagaimana tips memilih aki motor yang bagus dan berkualitas untuk kendaraan bermotor, tentunya Anda akan lebih mudah dalam memilih merk aki yang sesuai. Jangan lupa untuk melakukan perawatan agar performa kendaraan Anda tetap terjaga.