Tips Membeli Motor Bekas, Aman Bebas Penipuan

Ada opsi menarik jika Anda tidak mampu membeli motor baru. Motor bekas merupakan pilihan menarik untuk dicoba. Tentu saja untuk mendapatkannya, Anda perlu mengetahui beberapa tips membeli motor bekas.

Pasalnya, banyak kasus penipuan yang terjadi dengan latar belakang jual beli kendaraan bekas. Bisa jadi harganya tidak sesuai, kondisi motor yang mengecewakan, hingga surat-suratnya yang bodong.

Walaupun harga bekas lebih murah daripada baru, wajib kiranya bagi calon pembeli untuk tetap waspada akan berbagai kemungkinan buruknya. Berikut tips membeli motor bekas yang aman dan tentu saja bebas penipuan.

Sejumlah Tips Membeli Motor Bekas

Siapa pun tentu tidak mau menjadi korban penipuan, apalagi jika berurusan dengan jual beli kendaraan. Membeli motor bekas merupakan pilihan bagi Anda yang memiliki bujet terbatas. Artinya, uang menjadi hal yang sangat penting sehingga Anda harus memastikan keamanan transaksinya.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam membeli motor bekas untuk mencegah Anda tertipu dan pada akhirnya mendapatkan motor bodong. Ini dia beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

  1. Pilih Tipe Sesuai yang Dibutuhkan

Pertama-tama, pilihlah motor sesuai tipe yang Anda perlukan. Ada banyak sekali tipe motor di pasaran. Mulai dari matic, kopling, hingga bebek biasa.

Viral :   Velg Motor Racing, Harga dan Keuntungan Menggunakannya

Jika memang Anda tidak terbiasa dengan perpindahan gigi manual, sebaiknya memilih motor matic. Apabila memang motor kopling merupakan pilihan yang Anda perlukan, pilihlah dan pastikan sudah sesuai dengan budget yang dimiliki. Cari-cari informasinya terlebih dahulu, baru kemudian lanjut ke langkah berikutnya.

  1. Beli di Tempat yang Terpercaya

Tips membeli motor bekas yang aman selanjutnya adalah dengan membelinya di tempat terpercaya. Saat ini, sudah banyak dealer khusus motor bekas. Biasanya dealer yang terpercaya akan memberikan pelayanan penuh mulai dari cek barang sampai transaksi.

Untuk memilih tempat yang tepat, Anda bisa bertanya ke saudara atau orang yang pernah membeli di tempat tersebut. Pastika review dari orang lain positif sehingga tidak perlu waswas lagi untuk membelinya.

  1. Sebaiknya Beli Cash

Ada beberapa dealer yang menyarankan transaksi secara kredit. Sebaiknya untuk membeli motor bekas, lakukan secara cash. Selain melegakan, motor bekas tentu kondisinya berbeda dengan baru. Harga kredit otomatis lebih mahal dan tentunya jika dihitung akan merugikan Anda.

  1. Ketahui Harga Pasaran

Agar tidak meraba-raba dan justru tertipu, sebaiknya cari tahu harga pasaran motor bekas terlebih dahulu. Anda dapat melihatnya di situs jual beli atau forum online lainnya untuk memperoleh banyak informasi.

Viral :   Hobi Touring ? Inilah Aksesoris Motor Matic Yang Wajib Anda Miliki

Umumnya motor yang masih tergolong keluaran tahun-tahun baru harganya belum terlalu jatuh. Begitu pula untuk beberapa jenis motor yang laris di pasaran, secara umum harga jual kembalinya cukup stabil.

  1. Periksa Surat-Surat

Tips selanjutnya sangatlah penting. Sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia, semua jenis kendaraan bermotor harus disertai BPKB dan STNK. Kedua jenis surat tersebut harus dimiliki motor untuk menjamin keabsahan transaksi.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ada oknum yang menjual kendaraan roda dua tanpa surat-surat yang sah. Misalnya hanya STNK tanpa BPKB atau justru tanpa keduanya. Agar lebih aman, sebaiknya beli motor yang surat-suratnya lengkap.

  1. Ketahui Riwayat Servis dan Pajak

Selanjutnya, riwayat servis dan pajak juga penting. Jika servisnya rutin, Anda tidak perlu risau akan peforma mesin. Pajak kendaraan juga penting karena nantinya Anda yang menanggung. Pastikan membeli motor yang pajaknya tidak menunggak lama.

Walaupun membeli motor second, sebaiknya lakukanlah secara hati-hati dan tidak terburu-buru. Tips membeli motor bekas di atas dapat menjadi referensi Anda jika saat ini sedang bimbang karena khawatir akan keamanan transaksinya.

Kata Pencariantips memilih motor bekas language:id