Cat Motor yang Bagus

Warna Cat Motor yang Bagus dan Awet

Warna cat motor yang bagus merupakan salah satu elemen yang dijadikan pertimbangan dalam memilih sepeda motor. Penampilan memang merupakan faktor penting ketika memilih sepeda motor selain spesifikasi motor yang prima.

Spesifikasi motor yang bagus tanpa warna cat motor yang bagus juga pasti kurang memuaskan secara performa.

Warna Cat Motor yang Bagus dan Awet

Warna cat motor yang bagus dapat dipastikan dari ketahanannya akan sinar matahari. Cat motor tersebut pasti tidak mudah luntur dan menjadi kusam. Namun, itu tidak berarti bahwa sepeda motor tidak apa-apa jika dijemur di bawah sinar matahari secara terus-menerus karena warna motor nantinya bisa pudar.

Baca Juga : Kelebihan Memiliki Asuransi Mobil Sinarmas

Karenanya, Anda tetap disarankan untuk memarkir di tempat yang teduh atau menggunakan cover motor.

Ada beberapa warna motor yang bagus, tetapi memiliki ketahanan yang rendah dan cepat pudar. Salah satu cat yang mudah pudar adalah cat air-brush. Meskipun begitu, cat air-brush yang digunakan tetap bisa memberikan kesan yang indah pada sepeda motor.

Warna cat motor yang lumayan bagus tetapi cepat pudar lainnya adalah varian warna terang dan juga warna stabilo. Hal tersebut terjadi karena warna tersebut memiliki pigmen yang mudah pudar jika terlalu sering terpapar sinar matahari. Perawatan yang kurang rutin juga bisa membuat warna menjadi kusam.

Untuk menjaga warna varian terang atau stabilo tetap awet, sepeda motor harus diparkir di tempat yang tidak terpapar sinar matahari. Selain itu, bisa dengan menyiasati pemakaian motor pada malam atau sore hari.

Viral :   Tips Aman Mengendarai Sepeda Motor di Musim Hujan

Pencucian dan pengelapan yang rutin supaya menghindari debu pada body motor juga bisa memperpanjang usia cat.

Beberapa warna cat yang bagus dan awet adalah hitam dan juga beberapa warna solid lainnya seperti merah, silver, dan sebagainya. Namun, perawatan seperti menghindarkan motor dari paparan sinar matahari ketika diparkir dan pencucian yang rutin juga perlu dilakukan.

Selain menjaga warna cat, hal tersebut juga bisa membuat performa motor indah untuk dilihat karena lebih bersih.

Cara Mengecat Motor sendiri

Jika warna motor bawaan pada sepeda motor memiliki warna yang cepat pudar, kita bisa membawanya untuk dicat di bengkel. Namun, jika ingin melakukan pengecetan sendiri, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Kesalahan dalam proses pengecatan justru akan membuat warna cat motor tidak begitu bagus.

Sebelum memulainya, perlu untuk mempersiapkan beberapa hal berikut ini.

  • Ampelas kayu
  • Dempul
  • Epoxy
  • Thinner
  • Cat motor
  • Clear coat
  • Compound
  • Lakban kertas

Baca Juga : Contoh Kwitansi Jual Beli Mobil Bekas yang Paling Benar

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengampelas bagian motor yang akan dicat. Proses pengamplasan ini berguna untuk mengangkat cat pada permukaan motor dan menjadikan permukaan menjadi lebih kasar. Permukaan yang kasar akan membuat cat menempel lebih baik.

Selanjutnya adalah membersihkan permukaan yang selesai diampelas dan dikeringkan menggunakan kanebo. Persiapkan epoxy untuk nantinya diaplikasikan ke permukaan motor  supaya pori-pori yang nantinya akan dicat tertutup.

Viral :   Fungsi Lampu Hazard Pada Motor

Akan lebih baik lagi jika proses pengaplikasian epoxy dicampur dengan thinner supaya epoxy tidak terlalu kental.

Tutup bagian yang tidak ingin dicat dengan lakban kertas. Lakukan proses penyemprotan dengan jarak 30-40 cm dari objek agar hasilnya lebih maksimal. Biarkan cat mengering dengan melakukan penjemuran. Pastikan cat sudah rata dan tidak ada goresan di permukaannya.

Selanjutnya adalah proses coating. Sebelum melakukan proses penyemprotan cat coating, campur cat coating lebih dahulu deengan thinner.

Jika sudah memiliki tingkat keenceran yang pas, proses yang dilakukan selanjutnya adalah proses penyemprotan cat coating. Setelah kering, lakukanlah proses finishing dengan memoles permukaan motor.

Supaya cat motor lebih awet, sangat disarankan untuk memarkir sepeda motor di tempat yang terlindung dari sinar matahari. Jika memang terpaksa terkena sinar matahari, gunakanlah sarung motor atau cover motor untuk melindungi sepeda motor.

Selain itu lakukanlah pembersihan rutin supaya warna cat motor yang bagus tetap awet.

Kata Pencariancara merawat cat mobil warna silver,Cat Motor Paling Bagus ,Harga Cat Motor Yang Bagus ,Merk Cat Candy Tone Yang Bagus ,Merk Cat Kaleng Yang Bagus Untuk Body Motor ,Merk Cat Kompresor Yang Bagus Untuk Velg Motor ,Merk Cat Motor Berkualitas ,Merk Cat Motor Yang Bagus ,Merk Cat Motor Yang Bagus Dan Awet ,Merk Cat Motor Yang Bagus Dan Awet,Merk Cat Yang Bagus Untuk Velg Motor ,Merk Clear Cat Motor Yang Bagus