Ulasan Sejumlah Spare Part Motor Honda Paling Laris

Motor merupakan kendaraan ekonomis dan menjadi favorit masyarakat Indonesia. Tidak heran jika sejumlah pabrikan otomotif juga mengeluarkan produk spare part untuk mendukung kendaraan buatannya. Spare part motor Honda pun tak luput dari buruan. Tentu saja jenisnya sangat banyak dan memiliki peranan masing-masing.

Larisnya sebuah spare part motor mengindikasikan bahwa bagian tersebutlah yang umumnya sering diganti. Para pemilik kendaraan wajib tahu apa saja produk spare part motor Honda yang paling laku di pasaran. Inilah ulasan dan fungsi sparen part yang harus Anda ketahui.

Aneka Spare Part Motor Honda Paling Laris

Ada sejumlah komponen kendaraan yang harus Anda ketahui. Tujuannya agar jika terjadi kerusakan mendadak, Anda dapat mengidentifikasinya terlebih dahulu. Berikut beberapa spare part Honda yang paling laris di pasaran.

  1. Busi

Kontribusi busi pada sebuah kendaraan roda dua sangatlah besar. Biasanya busi yang sudah aus akan membuat motor susah distarter.

Selain itu, usianya yang sudah cukup lama juga mengharuskan pemilik kendaraan untuk menggantinya. Busi yang basah pun sudah tidak layak digunakan. Tidak heran jika spare part satu ini sangat laris di pasaran.

  1. Kampas Rem

Spare part selanjutnya yang laris manis di pasaran adalah kampas rem motor. Untuk sistem rem tromol maupun cakram, usia kampas memang cukup singkat. Penyebabnya bisa banyak hal. Bisa jadi setelan rem terlalu kencang, posisi velg tidak sempurna, dan masih banyak lagi.

  1. Laher Roda
Viral :   Ninja 250 4 Silinder, Mengulik Spesifikasi dan Harganya

Laher atau bearing roda merupakan komponen yang kerap mengalami kerusakan. Biasanya kerusakan laher ini karena oblak atau aus. Laher yang rusak akan membuat velg bergoyang dan menyebabkan kendaraan tidak nyaman digunakan.

Penyebab ausnya laher bisa bermacam-macam. Salah satunya adalah kondisi jalanan yang bergelombang dan rusak. Motor yang kerap menempuh medan ekstrem seperti ini biasanya akan membuat laher cepat aus.

  1. Seal Karet

Seal karet pada motor biasanya diletakkan di sejumlah bagian. Seringnya yang paling harus selalu diganti di area shockbreaker serta seal kruk as. Untuk bagian seal pompa air juga harus rutin mengalami penggantian.

Apabila seal pada bagian-bagian tersebut rusak, maka mesin kendaraan akan tidak maksimal dalam kinerjanya. Suhu mesin yang tiba-tiba panas juga menjadi penyebab seal karet cepat memuai dan pada akhirnya harus diganti. Tidak heran jika spare part motor Honda ini sangat laris di pasaran.

  1. Kabel Kopling

Motor pabrikan Honda juga banyak yang berjenis kopling. Tak heran jika kabel kopling menjadi salah satu spare part yang banyak diburu. Komponen yang erat kaitannya dengan kopling kendaraan ini umumnya bisa sampai putus.

Viral :   Fungsi Lampu Hazard Pada Motor

Walaupun demikian, kerusakan pertamanya biasanya tidak sampai putus, melainkan sebatas seret. Penyebabnya karena sering terkena air hujan sehingga berkarat dan pada akhirnya menyebabkan kabel harus diganti dengan baru. Adapun untuk daftar harga spare part lainnya bisa Anda ketahui dari tabel berikut ini:

Nama Spare Part Kisaran Harga
Kabel Gas Rp20.000 sampai Rp40.000
Bohlam Belakang Rp20.000 sampai Rp25.000
Kampas Rem Belakang Rp20.000 sampai Rp30.000
Filter Udara Rp30.000 sampai Rp40.000
Gir Depan Rp35.000 sampai Rp40.000
Piston Rp30.000 sampai Rp50.000
Ring Piston Rp60.000 sampai Rp65.000
Gir Belakang Rp60.000 sampai Rp70.000
Rantai Rp60.000 sampai Rp70.000
Kampas Kopling Rp140.000 sampai Rp150.000
V-Belt Rp100.000 sampai Rp150.000
Sokbeker Belakang Rp180.000 sampai Rp200.000

 

Nah, ternyata cukup banyak spare part motor Honda yang harus Anda ketahui, bukan?. Jenis-jenis tersebut bisa menjadi referensi Anda apabila suatu saat motor mengalami masalah. Anda dapat mengidentifikasi bagian mana yang harus diganti dan dapat mempersiapkan budget yang tepat.