Motor Matic Honda Terbaru Siap Lawan NMAX

Honda kembali meluncurkan motor matic yang menjadi kebanggaannya di Tanah Air. Beberapa waktu lalu, Honda meluncurkan motor matic berbody besar, yakni PCX 160, sekaligus motor sport, yakni CBR15R. Motor matic Honda terbaru ini digadang-gadang siap merambah pasar otomotif di Indonesia.

Sebagai rival dari Yamaha, Honda menawarkan berbagai varian motor matic guna menyasar pasar otomotif Indonesia. Selain PCX, Honda juga akan meluncurkan motor matic terbarunya pada tahun 2021 ini.

2 Motor Matic Honda Terbaru Siap Meluncur

Jika di Vietnam terdapat saingan ketat NMAX, yakni Honda Air Blade, maka di Indonesia, Honda juga tidak kalah menawarkan motor matic dengan desain dan fitur yang mumpuni.

Honda menawarkan motor matic kenamaan yang notabene digemari oleh masyarakat baik kelas menengah hingga premium. Berikut dua jenis motor matic Honda terbaru yang akan meluncur di tahun 2021.

  1. Honda Vario 160

Setelah PCX 160, Honda dikabarkan akan meluncurkan Vario 160 di akhir tahun 2021. Kabarnya, Vario 160 ini juga akan menyematkan beberapa fitur dari PCX 160. Tentu saja tampilan Vario akan menambah minat konsumen di pasar menengah otomotif.

Seperti sebelum-sebelumnya, Honda Vario adalah salah satu motor matic yang memiliki konsumen yang cukup tinggi di Indonesia. Bodynya tergolong standar untuk masyarakat Indonesia sehingga nyaman dikendarai oleh laki-laki ataupun perempuan.

Viral :   Spesifikasi Lengkap Motor BMW R18 Classic Yang Harganya Sentuh Rp1 M

Motor matic Honda terbaru ini dikabarkan akan dirilis pertama kali di Thailand. kemudian dilanjutkan ke negara-negara di Asia Tenggara lainnya, termasuk Indonesia. Namun, waktu pasti peluncuran motor matic ini masih dirahasiakan.

Menurut kabar yang beredar, Vario 160 akan dibekali mesin silinder tunggal 157 cc yang dapat menghasilkan tenaga 14,7 horsepower yang notabene menjadi tenaga standar motor matic Indonesia. Bagian mesin ini dilengkapi dengan empat katup dan sitem eSP+.

Honda Vario juga dikabarkan akan meningkatkan tenaga pada rpm tertentu sehingga menghasilkan tenaga yang lebih kuat. Emisi dan efisien bahan bakar Vario 160 ini juga telah disesuaikan dengan standar emisi gas buang EURO 5 dan BS6 di India.

  1. Honda ADV 160

Berdasarkan informasi yang beredar, setelah meluncurnya Vario 160, selanjutnya Honda akan meluncurkan ADV 160, tetapi waktu peluncurannya masih belum diketahui. Namun, kalau memang Honda Vario 160 diluncurkan akhir tahun 2021, kemungkinan Honda ADV 160 akan diluncurkan pada 2022 mendatang.

Jika Honda ADV 150 saja masih banyak digemari dengan tampilannya yang fresh, lalu perubahan apakah yang terjadi pada Honda ADV 160?

Kabarnya, Honda akan memberikan perubahan pada tampilan ADV 160. Selain itu, juga terdapat penambahan tertentu yakni penambahan fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control) yang akan memberikan keamanan lebih pada motor tersebut.

Viral :   Kendarai Vixion 2021 untuk Tampilan Lebih Gagah dan Atraktif

Honda PCX 150 dan ADV 150 memiliki platform mesin yang sama. Jika hal ini juga diterapkan, kemungkinan PCX dan ADV 160 akan menerapkan mesin eSP+.

Mesin dengan output eSP+ tergolong sudah mumpuni di kelasnya, bahkan lebih unggul. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga mencapai 16 ps pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 14,7 Nm pada 6.500 rpm.

Mesin ini memang cocok jika diterapkan pada ADV 160 karena ADV diciptakan sebagai motor adventure yang membutuhkan tenaga cukup besar.

Jika melihat dari versi PCX 160, penyematan mesin eSP+ ini hanya berlaku pada varian ABS saja, tidak pada CBS. Apakah hal ini juga akan berlaku pada ADV 160?

Hingga saat ini, informasi yang beredar masih sekadar perkiraan, tetapi ADV sudah dipastikan akan meluncur di Indonesia. Jika dilihat dari harga, kemungkinan akan ada penambahan beberapa ratus ribu rupiah pada sistem CBS.

Berbeda halnya dengan ABS, yang mengalami kenaikan harga yang lebih signifikan karena penambahan fitur HSTC. Seperti halnya pada PCX 160 ABS, peningkatan harga yang relatif signifikan juga berlaku pada motor jenis ini.

Tidak sabar menunggu motor matic Honda terbaru ini akan meluncur? Ikuti terus perkembangan kabar otomotif selanjutnya.

Kata Pencariantenaga matik air blade