nambomotor.com

Cara Membuat Motor Beat Injeksi Lebih Kencang di Jalanan

Kendaraan bermotor ada banyak jenisnya, mulai dari motor bebek, matic, hingga motor sport. Namun, yang paling penting adalah laju dari kendaraan bermotor itu sendiri.

Bagi pengguna motor BeAt injeksi, terkadang ada kendala laju motor yang kurang kencang atau tidak stabil. Banyak orang kemudian bertanya-tanya bagaimana cara membuat motor beat injeksi lebih kencang dan gesit.

Sebenarnya, motor matic seperti Honda BeAt memang dirancang untuk penggunaan sehari-hari dengan medan yang tidak sulit, seperti di lingkungan perkotaan.

Bahkan, pada awalnya, motor ini dirancang untuk pengendara wanita, meski sekarang juga banyak pria yang menggunakan motor matic. Oleh sebab itu, laju motor matic juga tidak bisa terlalu kencang seperti motor bebek atau motor sport.

Penyebab Motor Matic Kurang Kencang

Motor matic cenderung kurang stabil bila digunakan pada kecepatan tinggi. Pada beberapa kasus, ada juga motor matic yang gampang mogok jika terus-menerus dipakai dengan kecepatan tinggi.

Sebenarnya, ada banyak cara membuat motor beat injeksi lebih kencang dan gesit di jalanan dengan tarikan gas yang enteng. Namun, sebelum itu, mari kita bahas dulu apa saja penyebab motor matic kurang kencang dan tidak stabil.

  • Filter/saringan udara yang kotor akibat pemakaian lama dan jarang dibersihkan.
  • Pengaturan jarak busi yang renggang atau tidak sesuai standar sehingga menyebabkan insulator retak atau ulir patah.
  • Setelan klep atau valve yang tidak sesuai standar.
  • Terjadi kerusakan pada sensor injeksi karena kotor akibat bensin kurang bagus.
  • Tekanan dari pompa bahan bakar atau fuel pump kurang/tidak sesuai standar
Viral :   Honda PCX 160 Indonesia : Harga dan Spesifikasi

Tips Membuat Motor Matic Lebih Kencang

Bagi Anda yang mungkin merasa “gregetan” dengan laju motor matic, ada beberapa cara membuat motor BeAt injeksi lebih kencang yang bisa dicoba.

  1. Pakai V-belt Berkualitas

Cara pertama untuk meningkatkan kecepatan motor matic yaitu dengan menggunakan V-Belt berkualitas. Pilihlah V-Belt dengan endurance tinggi serta tidak mudah selip/kendur sehingga bisa meningkatkan tenaga sekitar 5 persen dan lebih hemat bensin.

  1. Mengganti Per CVT

Untuk membuat motor Honda Beat melaju lebih kencang, Anda bisa mengganti per CVT dengan tekanan pegas yang lebih keras. Beberapa teknisi juga mengganjal per CVT bawaan atau standar, tetapi cara ini tidak direkomendasikan.

  1. Menyesuaikan Roller Weight

Untuk mendapatkan akselerasi mesin lebih cepat, maka bisa melakukan penyesuaian roller weight. Caranya dengan mengatur bobot roller weight menjadi lebih ringan dari standar. Adapun bobot standarnya yaitu 10,6 gram.

  1. Menghaluskan Alur Roller
Viral :   Tetap Berkelas! Begini Penampakan Ducati Panigale V4 2021

Cara membuat motor beat injeksi lebih kencang bisa dengan melakukan perubahan pada rumah roller atau primary sliding shave. Lebih tepatnya menghaluskan alur roller menggunakan ampelas, selanjutnya dipoles dengan aerosol agar alur lebih licin.

  1. Menyetel Kerenggangan Klep

Cara ini cukup mudah dilakukan karena tidak perlu mengganti spare part. Caranya yaitu dengan menyetel ulang kerenggangan klep menggunakan alat fuller gauge. Sesuaikan atau setting klep intake menjadi 0,15-0,20 mm dan exhaust menjadi 0,07-0,1 mm.

  1. Setting Pilot Jet dan Main Jet

Setting atau pengaturan yang satu ini juga disebut dengan istilah setting spuyer. Melakukan setting spuyer atau setting pilot jet dan main jet membutuhkan perbandingan yang tepat.

  1. Meningkatkan Rasio Kompresi

Meningkatkan rasio kompresi juga merupakan salah satu cara membuat Honda beat injeksi lebih kencang atau powernya meningkat. Cara ini bisa dilakukan dengan mengganti piston.

Sekian informasi seputar motor injeksi dan tips agar laju motor injeksi motor Beat menjadi lebih kencang dan gesit. Mengenai setting atau penggantian komponen sepeda motor, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan teknisi bengkel yang lebih ahli.

Kata Pencarianbeat injeksi modif kenceng,sulit mencapai top speed matic