5 jenis motor 4 silinder

5 Jenis Motor 4 Silinder Murah Terbaru di Indonesia

Jika melihat motor sport maka terbayang performanya yang gahar dan desainnya yang gagah. Kuda besi satu ini cukup banyak diminati oleh pencinta otomotif di Indonesia. Nah, bagi Anda yang menyukai motor sport semacam ini, simak 5 jenis motor 4 silinder murah yang akan dibahas di bawah ini.

5 Jenis Motor 4 Silinder Murah Di Indonesia

Bagi pecinta otomotif, motor 4 silinder adalah salah satu yang wajib dikoleksi. Bodinya yang gagah membuat motor ini menjadi pusat perhatian.

Selain itu, suara knalpot yang menggeram dan terkesan tajam juga menjadi alasan lain mengapa motor 4 silinder banyak diminati. Suara knalpot tersebut terkesan gagah tanpa harus memekakkan telinga.

Namun, harga  motor jenis ini cukup mahal. Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi motor sporty yang garang tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, berikut 5 jenis motor 4 silinder murah yang direkomendasikan:

  1. Kawasaki Z900

Brand asal Jepang ini dikenal dengan berbagai motor sporty-nya. Salah satunya adalah Kawasaki tipe Z900. Motor satu ini dibanderol dengan harga Rp250 jutaan.

Varian yang pertama kali hadir adalah Kawasaki Z800 (2013) yang dibanderol dengan harga sekitar Rp169 juta, kemudian digantikan dengan Kawasaki Z900 (2016).

Kawasaki Z900 menggunakan mesin 948 cc yang dapat menghasilkan tenaga 125 ps dan torsi puncak sekitar 98,6 Nm sehingga motor ini dapat melaju dengan kencang dan mulus.

  1. Honda CB650R Neo Sport Café

Salah satu distributor kenamaan, PT Astra Honda Motor, juga mengeluarkan motor 4 silinder dengan harga ekonomis dan tampilan yang tidak kalah gahar, yakni Honda CB650R Neo Sport Café.

Motor ini dibanderol dengan harga sekitar Rp292 juta. Tenaga yang dihasilkan mumpuni di kelasnya karena menggunakan mesin 648 cc DOHC yang dapat menghasilkan tenaga 90,4 dk dan torsi maksimum 60,7 Nm.

  1. Yamaha R6

Yamaha juga mengeluarkan motor 4 silinder murah untuk memenuhi pasar motor di Indonesia. Salah satunya adalah motor 4 silinder Yamaha R6 yang dibanderol dengan harga sekitar Rp. 270 juta.

Viral :   Harga Yamaha FreeGo Saat Ini

Anda dapat menikmati sensasi motor Yamaha R6 dengan nyaman karena motor ini dibekali dengan mesin 599 cc DOHC yang dapat menghasilkan tenaga 121,7 hp dan torsi maksimum 65,7 Nm.

  1. Suzuki GSX-S750 ABS

Jika menyukai naked bike, Anda harus mencoba Suzuki GSX-S750 ABS. Motor ini menerapkan fitur ABS (Anti-Lock Braking System) sehingga keamanannya lebih terjamin.

Motor ini juga dilengkapi dengan dapur pacu yang mumpuni sekaligus desain yang unik. Untuk dapat mengendarainya, Anda harus mengeluarkan dana sekitar Rp.109 juta.

  1. Kawasaki Ninja ZX-6R

Motor 4 silinder lainnya yang bisa Anda coba adalah Kawasaki Ninda ZX-6R. Motor dengan dominasi warna hijau ini memiliki performa dapur pacu yang gahar dan desain yang nyaman, tetapi tangguh.

Motor sporty ini menggunakan mesin 646 cc DOHC yang dapat menghasilkan tenaga sebanyak 136 ps dan torsi 70,8 Nm sehingga dapat melaju dengan cepat dan mulus.

Untuk dapat mencoba motor 4 silinder yang gagah ini, Anda cukup mengeluarkan dana sekitar Rp315 juta. Tentu saja, selain performa yang gahar, motor ini menawarkan berbagai fitur mumpuni untuk menambah kenyamanan Anda saat berkendara.

Motor 4 silinder di atas adalah beberapa jenis tipe motor yang dapat Anda pilih sesuai minat. Setiap motor memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga Anda wajib mengenali dengan baik spesifikasi motor tersebut.

Dari kelima motor 4 silinder murah di atas, sudahkah Anda menemukan motor yang paling pas dengan gaya berkendara Anda? Apa pun pilihannya, pastikan untuk selalu memilih motor sesuai dengan minat, keamanan, dan kenyamanan selama di perjalanan.

Cara Perawatan Motor 4 Silinder

Motor 4 silinder adalah jenis motor yang memiliki performa tinggi dan lebih bertenaga daripada motor dengan mesin 2 silinder. Namun, seperti halnya motor dengan mesin lainnya, motor 4 silinder juga memerlukan perawatan yang tepat agar tetap awet dan terhindar dari kerusakan. Salah satu hal penting dalam perawatan motor 4 silinder adalah perawatan CAA (Clean Air Assisted).

Viral :   Benelli Leoncino 500, Intip Harga Jual dan Spesifikasinya

CAA adalah sistem perawatan mesin yang dirancang untuk menjaga kinerja mesin motor 4 silinder. Sistem ini bekerja dengan cara menyediakan udara bersih untuk mesin melalui filter udara. Udara bersih yang masuk ke mesin akan membantu mengurangi jumlah partikel kotoran dan debu yang masuk ke dalam mesin, sehingga mencegah kerusakan pada mesin.

Perawatan CAA dilakukan dengan membersihkan filter udara secara berkala. Filter udara yang kotor dan tersumbat dapat menyebabkan mesin menjadi kurang bertenaga dan mengalami overheating. Selain itu, filter udara yang kotor juga dapat menyebabkan kerusakan pada sistem injeksi bahan bakar, sehingga dapat mengakibatkan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi.

Untuk membersihkan filter udara, langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Lepaskan filter udara dari mesin motor.
  2. Periksa filter udara untuk melihat apakah terdapat debu atau kotoran yang menempel. Jika terdapat kotoran, bersihkan filter udara dengan menggunakan kuas halus atau semprotkan air bersih untuk membersihkannya.
  3. Setelah membersihkan filter udara, biarkan filter udara kering secara alami.
  4. Jangan lupa untuk mengganti filter udara secara berkala, biasanya dalam jangka waktu 6 bulan sampai 1 tahun tergantung pada kondisi lingkungan sekitar dan frekuensi penggunaan motor.

Dengan melakukan perawatan CAA secara berkala, mesin motor 4 silinder akan tetap awet dan tahan lama. Selain itu, perawatan ini juga dapat membantu meningkatkan kinerja mesin dan mengurangi konsumsi bahan bakar. Jadi, pastikan untuk rutin melakukan perawatan CAA pada motor 4 silinder Anda agar tetap prima dalam kondisi apapun.