Motor BeAt Injeksi
astra-honda.com

Penyebab dan Cara Atasi Motor BeAt Injeksi Susah Hidup

Bisa dikatakan bahwa motor Honda BeAt telah menguasai pasar Indonesia karena banyaknya pengguna motor ini. Namun sayangnya, beberapa orang mengalami masalah motor beat injeksi susah hidup atau mati tiba-tiba.

Pada dasarnya, motor injeksi dibekali teknologi canggih berbasis komputer dan merupakan sebuah solusi untuk kendaraan bermotor.

Kelebihan sistem injeksi antara lain hemat bahan bakar, tenaganya lebih besar, jalannya halus/mulus, perawatan relatif murah, serta ramah lingkungan.

Teknologi injeksi menggunakan banyak sensor untuk menghitung banyaknya bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesin sehingga lebih efektif dan efisien. Namun, setiap tipe sepeda motor pasti memiliki kelemahan.

Penyebab Motor BeAt Injeksi Susah Hidup

Motor injeksi yang susah dinyalakan biasanya terjadi di pagi hari. Namun, terkadang saat di tengah jalan pun, motor bisa tiba-tiba mati mendadak sehingga Anda terpaksa menghentikan perjalanan.

Hal ini tentu sangat tidak menyenangkan jika Anda sedang terburu-buru, bukan? Biasanya, motor bisa hidup atau dinyalakan lagi setelah percobaan berkali-kali. Kira-kira, apa yang menyebabkan motor Honda Beat injeksi mogok dan susah dihidupkan?

  1. Tegangan Aki Lemah

Kebutuhan daya tegangan aki motor injeksi cenderung besar karena aki dibutuhkan untuk kelistrikan starter dan ECU. Jika tegangan awalnya saja sudah lemah, akan sulit untuk menghidupkan motor karena arusnya tidak sesuai dengan kebutuhan standar.

Viral :   Kelebihan dan Kekurangan Alarm Motor V12

Jika dipaksakan, sistem akan error dan aki juga bisa drop karena tidak mampu memenuhi kebutuhan arus/tegangan untuk starter dan ECU.

  1. Busi Basah atau Kotor

Jika motor BeAt injeksi susah hidup, bisa jadi itu karena busi motornya kotor atau basah terkena oli mesin. Busi sendiri berfungsi membuat percikan api untuk membakar bensin di ruang mesin.

Busi yang basah atau kotor tidak bisa memberikan percikan api yang konsisten atau cukup untuk kebutuhan proses pembakaran bahan bakar.

  1. Brush Starter Aus

Motor injeksi yang susah hidup juga bisa dikarenakan brush starter yang sudah aus. Ciri-cirinya adalah ketika dihidupkan, suara motor terdengar loyo.

Hal ini juga bisa terjadi saat aki lemah/drop, tetapi biasanya diikuti dengan nyala lampu redup dan suara klakson lemah. Jika keduanya normal, artinya tidak ada masalah pada aki, tetapi brush starter-nya yang sudah aus.

  1. Bahan Bakar Kotor

Kondisi bensin yang kotor atau tidak murni juga bisa menjadi penyebab motor injeksi sulit dihidupkan. Pada beberapa kasus, juga timbul karat di dalam tangki bensin sehingga bahan bakar bensin pun menjadi kurang bagus.

  1. Kabel Putus atau Korsleting
Viral :   Fungsi Grounding pada Motor Listrik

Penyebab lain motor BeAt injeksi susah hidup adalah masalah kelistrikan mesin, biasanya ada kabel yang putus atau korsleting. Contohnya kabel penghubung pada aki motor dan kabel sensor.

Bisa juga terjadi korsleting listrik sehingga sekring otomatis terputus dan akhirnya, sebagian kelistrikan motor menjadi down.

Cara Atasi BeAt Injeksi Susah Hidup

Seperti sudah dijelaskan di atas, banyak hal yang bisa menjadi penyebab motor injeksi susah hidup. Nah, dibawah ini terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

  • Bongkar kipas magnet yang ada di dekat knalpot, bersihkan debu dan kotoran yang menempel, cek juga mungkin ada soket yang kendur atau kabel terkelupas.
  • Jika brush starter aus, Anda bisa menggantinya dengan brush baru atau mengganti seluruh bagian starter-nya.
  • Cek busi motor, jika kotor/basah, segerabersihkan atau bila perlu, ganti dengan yang baru.
  • Jika ada masalah pada aki, Anda perlu mengganti aki dengan yang baru.

Nah, itulah beberapa informasi seputar penyebab dan juga solusi untuk mengatasi motor beAt injeksi susah hidup. Dengan perawatan yang tepat, sepeda motor apapun yang digunakan pasti tidak akan mengalami kendala seperti motor mogok dan susah dihidupkan.