moladin.com

Kenali Penyebab Motor Tiba Tiba Mati dan Ini Solusinya!

Sedang dikendarai dan motor tiba tiba mati sering kali dijumpai di jalanan. Kondisi ini akan berbahaya bagi pengendara motor tersebut dan pengendara lainnya jika mesin mati di saat kondisi jalan ramai atau posisi motor berada di tengah jalan.

Mesin yang tiba-tiba mati akan membuat pengendara menjadi panik dan bingung. Alhasil, mau tidak mau, motor harus di dorong di tepi jalan dan meminta pertolongan. Terlebih ketika motor mogok di saat jauh dari bengkel.

Oleh karena itu, agar motor tidak mudah mogok, sering-seringlah mengecek kondisi motor secara rutin. Motor yang tiba-tiba berhenti disebabkan oleh banyak hal sehingga Anda harus lebih teliti untuk melihat penyebab motor mogok.

Penyebab Motor Tiba-Tiba Mati di Jalan

Mengecek kondisi motor memang sangat penting guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti motor mogok. Kondisi mesin yang tiba-tiba mati akan membuat mesin tersebut semakin rusak terlebih jika tidak dirawat dengan baik.

Kondisi mesin motor yang tiba-tiba mati juga dapat menyebabkan masalah lainnya pada motor Anda. Oleh karena itu, lakukan pengecekan secara berkala ke bengkel agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Adapun masalah motor tiba-tiba mati bisa disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:

  1. Bahan Bakar

Mungkin Anda pernah mengalami harus mendorong motor karena bahan bakarnya habis. Tentu akan melelahkan jika pom bensin atau warung yang menjual bensin masih sangat jauh.

Jika sudah begini, Anda terpaksa harus meminta bantuan kepada pengendara yang lewat untuk mendorong motor Anda. Oleh karena itu, sebaiknya selalu cek kondisi tangki bahan bakar sehingga tidak membuat motor Anda tiba-tiba mati di jalan.

  1. Busi Yang Aus
Viral :   Harga Ban Dalam Motor Beserta Ciri Produk Kualitas Terbaik

Bagi pengendara yang tidak mengerti otomotif akan panik jika motor tiba-tiba saja mati di jalan. Salah satu penyebab mesin motor tiba-tiba mati lainnya adalah busi yang aus. Cara mengatasi busi yang sudah aus adalah dengan membersihkannya dari kotoran, kemudian coba nyalakan kembali motor Anda.

Namun, apabila busi tersebut sudah tidak layak pakai, segera mungkin untuk mengganti busi tersebut dengan yang baru.

  1. Mesin Motor yang Terlalu Panas

Mesin yang terlalu panas bisa menyebabkan motor menjadi mogok secara tiba-tiba terlebih jika Anda sedang melakukan perjalanan jauh. Mesin yang terlalu panas biasanya disebabkan oleh sirkulasi udara dalam oli tersumbat sehingga ring piston tersebut menjadi kering.

Untuk mengatasi masalah mesin yang terlalu panas, tunggulah sampai kondisinya menjadi lebih dingin. Kemudian, lepaskan busi dan masukkan oli baru ke lubang busi tersebut.

  1. Pemasangan Klep yang Tidak Tepat

Kondisi mesin tiba-tiba mati juga bisa disebabkan oleh pemasangan klep yang kurang tepat. Pemasangan klep yang terlalu rapat justru akan membuat mesin mudah mati. Akibat jika hal ini terjadi adalah mesin akan terlalu panas.

Cara mengatasinya adalah pasang klep sesuai dengan anjuran dari pabrikan motor atau Anda dapat membawa motor ke bengkel untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.

  1. Tutup Tangki yang Tersumbat
Viral :   Beberapa Pilihan Motor Matic Honda Terbaru Paling Populer

Meskipun terdengar sepele, tutup tangki ini memiliki peranan yang penting pada motor, yakni sebagai ventilator atau pernapasan. Jika tangki ini tersumbat, bahan bakar tidak mengalir dengan tepat. Alhasil, motor tersebut akan lebih cepat panas dan motor akan mogok.

Cara mengatasi tutup tangki pada tersumbat adalah membersihkannya menggunakan kompresor. Kemudian pastikan kembali bahwa tutup tangki tersebut benar-benar tidak tersumbat sehingga motor dapat dilajukan kembali.

  1. Oli Mesin Habis

Selain bahan bakar yang habis, motor yang tiba-tiba mati juga bisa disebabkan oleh kondisi oli yang sudah habis. Oli ini berfungsi untuk mengurangi gesekan yang berlebih pada motor sehingga pembakaran dapat berkerja dengan baik.

Ketika oli habis maka mesin akan bekerja lebih keras dan gesekan pun semakin terasa sehingga membuat mesin akan lebih cepat panas. Oleh karena itu, ganti oli secara rutin agar kondisi mesin dapat bekerja dengan optimal.

  1. Kran Bensin Tertutup

Motor yang mendadak mati padahal kondisi bahan bakar masih penuh tentu akan membuat pengendara merasa panik. Ternyata, penyebab lain yang bisa timbul adalah disebabkan kran bensin ke karburator tertutup.

Jika kran bensin ini tertutup, bahan bakar tidak bisa mengalir sehingga motor tidak dapat menyala.

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, Anda tidak perlu panik lagi jika motor tiba-tiba mati ketika tengah dikendarai. Kenali penyebabnya sehingga Anda dapat mengatasinya dengan mudah.