Cara Mengkilapkan Mesin Motor Menggunakan Pencuci Piring

Mesin motor yang bersih dan mengkilap tentu saja dapat mendongkrak penampilan kita ketika mengendarainya. Selain itu, mesin motor yang bersih dan mengkilap juga bisa menjaga performa mesin supaya tetap awet. Tidak perlu bingung mengenai cara mengkilapkan mesin motor karena ada cara mudah dan anti repot.

Cara Mengkilapkan Mesin Motor Menggunakan Pencuci Piring

Seperti kita tahu, banyak sekali cairan pembersih yang dikhususkan untuk bisa mengkilapkan mesin motor. Namun, kita juga tahu kalau cairan khusus untuk mengkilapkan mesin motor memiliki harga yang lumayan tinggi.

Akibatnya, banyak orang yang kemudian mencari alternatif cara mengkilapkan mesin motor. Salah satunya adalah dengan menggunakan cairan pencuci piring.

Bagaimana cara menggunakan cairan pencuci piring untuk mengkilapkan mesin motor? Sebenarnya tidak begitu sulit dan tidak terlalu berbeda dengan menggunakan cairan pembersih lainnya.

Hasil dari menggunakan cairan pencuci piring juga bisa dibilang memuaskan. Jika ingin mencoba untuk melakukannya, berikut ini cara yang perlu dilakukan.

Bahan-Bahan dan Peralatan yang Harus Dipersiapkan

Sebelum memulai proses mengkilapkan sepeda motor, ada beberapa bahan dan peralatan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu.

Peralatan yang harus disiapkan di antaranya adalah lap kanebo, busa, wadah dan sikat gigi bekas. Sedangkan bahan yang harus dipersiapkan adalah cairan pencuci piring dan pertalite secukupnya.

Viral :   Kelebihan dan Kekurangan Motor Listrik

Cara Mengkilapkan Mesin Motor dengan Sabun Cuci Piring

Jika bahan-bahan dan peralatan sudah lengkap, langkah yang dilakukan selanjutnya adalah melakukan proses pembersihan.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencampur pertalite dengan cairan pencuci piring. Untuk takaran dalam mencampur bahan-bahan tersebut bisa disesuaikan sesuai kebutuhan. Hal yang perlu diperhatikan adalah tingkat kekentalan campuran.

Jika bahan-bahan di atas sudah tercampur, langkah yang selanjutnya adalah mengoleskan cairan tersebut ke blok mesin motor. Caranya dengan menggosokkan sikat ke blok mesin. Fokuskan pada bagian blok mesin dengan noda membandel.

Jika sudah merata, diamkan cairan tersebut selama kurang lebih 5 hingga 10 menit sampai terlihat busa di bagian mesin yang tadi diolesi. Kalau sudah seperti itu, gosoklah blok mesin tersebut dengan busa hingga bersih.

Selanjutnya, bilaslah dengan air dan kemudian keringkan menggunakan lap kanebo. Jika sudah selesai, maka bisa disaksikan hasil dari proses pembersihan tersebut. Pasti blok mesin akan terlihat mengkilap seperti baru dan bahkan bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan hasil chrome.

Selain cairan pencuci piring, cairan pembersih rumah tangga juga bisa digunakan untuk mengkilapkan mesin motor, di antaranya adalah cairan pembersih kamar mandi atau porselen.

Viral :   Rekomendasi Alat Cuci Motor yang Bisa Digunakan di rumah

Caranya pun tidak terlalu berbeda dengan proses pengkilapan menggunakan cairan pencuci piring. Bedanya, cairan pembersih rumah tangga tidak perlu dicampur dengan pertalite.

Cara Menjaga Mesin Motor Supaya Tetap Awet

Selain rajin dibersihkan, mesin motor juga harus dijaga supaya performa motor tetap prima karena kegiatan mengkilapkan mesin motor pasti akan sia-sia jika mesin motor tidak dijaga. Tentu akan percuma jika penampilan motor bagus, tetapi performa mesinnya tidak prima.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga mesin motor tetap awet adalah sebagai berikut. Pertama adalah dengan menghindari menggeber motor.

Selanjutnya adalah menyesuaikan gigi dengan kecepatan motor, memanaskan motor sebelum menggunakannya, menyervis motor secara berkala, dan mengganti oli secara teratur.

Jika sudah melakukan hal-hal di atas, bisa dipastikan mesin akan lebih awet dan enak untuk dipandang.

Bukanlah masalah jika Anda tetap memilih untuk menggunakan cairan pembersih mesin motor yang dijual di toko ketika hendak membersihkan mesin motor. Cara mengkilapkan mesin motor dengan cairan pencuci piring hanyalah alternatif yang mungkin bisa membantu Anda.