federaloil.co.id

Sederhana, Inilah Cara Memperbaiki Kopling Ganda Motor

Kopling ganda adalah sistem kopling yang memiliki dua mekanisme kopling pada motor yang terdapat pada jenis transmisi motor matic. Namun, adakalanya kopling ganda ini bermasalah sehingga performa motor kurang baik. Cara memperbaiki kopling ganda motor juga harus memperhatikan beberapa masalah lainnya.

Disebutkan di atas bahwa kopling ganda bekerja pada dua mekanisme, yakni kampas kopling ganda dan rumah kopling. Fungsi dari kopling ganda ini adalah untuk memutuskan tenaga dari mesin ke bagian transmisi pada motor.

Cara Memperbaiki Kopling Ganda Motor yang Bermasalah

Kopling ganda ini bekerja ketika mesin motor dalam keadaan langsam. Kopling tidak dapat bekerja menghubungkan putaran mesin ke transmisi melainkan ketika putaran mesin tersebut dinaikkan atau saat selongsong gas dipuntir.

Lalu, bagaimana jika kopling ganda pada motor tersebut bermasalah? Terdapat beberapa gejala, di antaranya adalah ada suara getar pada mekanisme kopling ganda dan tenaga terasa berat ketika motor sedang melaju.

Apabila Anda sudah merasakan beberapa gejala tersebut, berikut cara memperbaiki kopling ganda motor yang sedang bermasalah.

  1. Las Bagian Dudukan Kampas
Info Terkini  Kelebihan Velg Racing Motor Dibandingkan Jenis Jari-Jari

Jika terdapat kampas kopling ganda yang sudah menipis, Anda dapat mengelas bagian dudukan kampas. Hal ini bertujuan untuk menebalkan bagian dudukan kampas tersebut sehingga motor dapat bekerja dengan baik.

Namun, jika kondisi kopling ganda ini sudah parah maka sebaiknya motor segera dibawa ke bengkel. Umumnya, bengkel akan menawarkan ganti spare part. Sedangkan untuk motor matic, spare part ini cukup sulit, jadi biasanya akan ditawarkan spare part substitusi.

  1. Bersihkan Kopling Ganda

Meskipun kondisi kopling ganda belum terlalu rusak atau mengalami masalah, tidak ada salahnya untuk membersihkan kopling ganda secara rutin.  Cara memperbaiki kopling ganda motor yakni dengan membersihkan kopling ganda ini bertujuan tidak lain agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Membersihkan kotoran sisa gesekan yang menempel pada bagian kopling ganda ini akan meminimalkan adanya masalah sehingga performa motor dapat melaju dengan baik.

  1. Perhatikan Ketika Berkendara

Kopling ganda ini bekerja ketika selongsong gas dipuntir sehingga alangkah baiknya Anda tidak memuntir gas dengan menyentak sehingga kondisi kopling menjadi kurang baik. Jika hal ini terjadi, tidak tertutup kemungkinan kampas kopling ganda akan semakin menipis.

  1. Ganti Oli
Info Terkini  Inilah Spesifikasi Honda Scoopy Terbaru 2021

Mengganti oli mesin dan gardan oli motor matic juga tidak kalah penting untuk menjaga performa dari kopling ganda. Ketika mesin dapat bekerja dengan optimal dan lancar maka kopling ganda pun dapat bekerja dengan baik.

Sebaiknya rutinlah mengganti oli sehingga kondisi mesin dapat bekerja dengan baik. Jika oli mulai menipis sehingga kerja mesin akan lebih berat sehingga akan membuat komponen lainnya juga ikut bekerja lebih berat lagi.

  1. Jeda Penggunaan Motor

Agar kampas kopling ganda ini dapat lebih awet dan tidak segera menipis, berikan jeda dalam penggunaan motor. Maksud dari jeda penggunaan motor adalah ketika Anda sedang mengendarai motor matic di jalan yang menanjak atau menurun seperti di pegunungan.

Jika Anda sedang perjalanan jauh dan melalui jalan menanjak sedangkan beban pada boncengan lebih berat, sebaiknya istirahatkan motor selama 15 menit, baru kemudian melaju kembali.

Kondisi beban berat pada bonceng di saat jalan menanjak bisa memicu kondisi kopling ganda semakin menipis. Dampaknya, kopling ganda tersebut akan membuat kampasnya menjadi aus dan terdapat suara getaran pada saat putaran bawah.

Info Terkini  Begini Cara Memeriksa kondisi Bearing Motor Yang Benar

Agar kopling ganda bisa bekerja dengan baik, Anda dapat memberikan lubang pada rumah kopling. Dengan begitu, oli bisa mengalir dengan baik serta merasuk ke kampas kopling sehingga dapat bekerja dengan optimal.

Tips lainnya adalah dengan melakukan peredaman terlebih dahulu sehingga kampas kopling tidak mudah selip serta tidak mudah gosong. Selain itu, disarankan untuk mengeraskan per kopling sehingga pengendara dapat menekan tuas dengan mantap.

Dengan demikian, pengendara dapat melajukan dengan nyaman dan aman ketika melakukan perjalanan jauh. Oleh karena itu, ketika perjalanan jauh disarankan untuk mengecek kondisi dari motor Anda, terutama jika menggunakan motor matic.

Setelah Anda mengetahui cara memperbaiki kopling ganda motor serta tips pencegahannya, maka perawatan kopling ganda serta kondisi mesin pada motor bisa dilakukan dengan mudah. Anda pun dapat melajukan motor dengan tenang dan nyaman.

Kata Pencariancara ganti kopling Benelli leoncino