imgx.gridoto.com

5 Penyebab Knalpot Motor Nembak Pas Lepas Gas

Bagi pengendara motor, ketika mendengar suara knalpot meletup-letup pastilah merasa kurang nyaman. Terlebih jika keadaan jalan sedang ramai-ramainya, suara bising dari knalpot tersebut justru dapat meningkatkan emosi. Sebenarnya, apa penyebab knalpot motor nembak pas lepas gas?

Penyebabnya bisa terdiri dari banyak faktor. Suara nembak pada knalpot ini bisa terjadi pada jenis motor apa pun baik motor standard, motor matic atau pun motor racing. Kondisi motor nembak ini membuktikan bahwa motor tersebut dalam keadaan tidak baik-baik saja.

5 Penyebab Knalpot Motor Nembak Pas Lepas Gas

Ledakan pada knalpot ini bisa terjadi ketika deselerasi atau juga disebut saat lepas gas. Bahkan, parahnya adalah letupan pada knalpot juga mengeluarkan api. Hal ini akan membahayakan baik pengendara motor tersebut ataupun pengendara lainnya.

Efek nembak yang terjadi pada motor ini bisa juga disebut dengan backfire atau afterburn. Kondisi ini terbilang serius sehingga tidak boleh dianggap sepele. Sebaiknya, segera bawa motor ke bengkel untuk mengetahui berbagai penyebab dan solusinya.

  1. Menggunakan Bahan Bakar Campuran

Bahan bakar campuran yang dimaksudkan adalah memiliki rasio yang kurang seimbang, yakni bensin lebih banyak dibandingkan dengan udara. Kondisi ini mungkin dianggap sepele, padahal membuat motor menjadi kurang sehat.

Hal ini membuat proses pembakaran kurang sempurna karena bahan bakar campuran tersebut tidak bisa habis dibakar. Akibatnya, knalpot menjadi meletup-letup.

Kondisi bahan bakar yang normal adalah pembakaran terjadi dalam ruang bakar (combution chamber). Sedangkan pembakaran yang tidak bagus adalah pembakaran yang terjadi di luar ruangan, seperti di pangkal knalpot atau pangkal muffler.

  1. Setelan Karburator yang Tidak Tepat
Viral :   Fungsi Klep Motor dan Gejala Kerusakannya

Penyebab knalpot motor nembak pas lepas gas lainnya adalah pemasangan karburator yang tidak tepat. Knalpot yang meletup-letup ini memang umumnya terjadi pada motor yang menggunakan sistem karburator dan sangat jarang ditemukan pada motor mesin injeksi. Kalaupun ada, kemungkinan itu disebabkan oleh penggantian knalpot.

Pemasangan karburator yang kurang tepat ini juga menjadi salah satu penyebab motor menjadi meledak-ledak. Sebaiknya, bongkar dan bersihkan karburator tersebut menggunakan carbu cleaner.

Jika Anda menggunakan karburator vakum, perhatikan pula membran karet yang digunakan. Apabila membran karet tersebut sudah aus atau bocor, segera ganti dengan yang baru.

  1. Filter Udara Rusak atau Kotor

Filter udara pada motor berfungsi untuk menyaring udara kotor sehingga udara yang masuk ke ruang pembakaran dipastikan bersih. Filter udara yang kotor atau rusak bisa menjadi penyebab knalpot meledak-ledak.

Jika tidak sering dibersihkan atau diganti dengan yang baru, filter yang aus juga bisa membuat mesin sulit untuk berputar sehingga akan berpengaruh pada performa motor itu sendiri. Hal ini dikarenakan piston aus karena gesekan debu yang masuk ke dalam ruang pembakaran.

Perlu diingat bahwa untuk membersihkan filter udara ini hanya berlaku pada filter udara yang kering. Jika filter udara yang digunakan adalah filter basah maka harus segera diganti dengan yang baru.

  1. Busi Sudah Aus
Viral :   Motor Listrik Viar Terbaru

Kondisi mesin atau komponen motor yang memang sudah aus memang seharusnya diperhatikan. Apabila dibiarkan begitu saja, hal ini bisa menyebabkan dampak serius pada motor, salah satunya adalah knalpot yang meledak-ledak.

Salah satu penyebab knalpot motor nembak pas lepas gas adalah kondisi busi motor. Apabila busi sudah aus, segera bersihkan secara manual sesuai dengan buku manual. Sedangkan busi yang sudah mati harus segera diganti dengan yang baru.

Busi yang sudah mati atau tidak layak pakai membuat motor menghasilkan percikan api yang kecil. Akibatnya performa motor menjadi kurang bagus dan pembakaran pun tidak sempurna.

Untuk mengganti busi yang sudah tidak layak pakai, sebaiknya belilah busi di tempat toko onderdil resmi sehingga kualitasnya pun sudah terjamin. Membeli busi secara asal bisa menyebabkan kondisi motor makin parah.

  1. Air Induction System yang Tidak Berfungsi

Tugas air induction system adalah menyalurkan udara bersih ke saluran buang yang bertujuan untuk menurunkan tingkat emisi yang tidak sehat. Jika kondisi air induction system tidak sehat maka menjadi campuran yang berakibat meledaknya sisa bahan bakar di luar ruang pembakaran.

Dari sekian penyebab knalpot motor nembak pas lepas gas di atas, apakah Anda sudah menemukan kondisi-kondisi di atas pada motor Anda? Jika iya, sebaiknya segera bawa motor Anda ke bengkel untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Kata Pencarianfilter udara ineksi motor nembak,knalpot klx meletup letup ?,Knalpot motor korea