Cara Mudah Mengetahui Kampas Rem Motor Matic Habis atau Belum

Kampas Rem Motor Matic – Kita tau jika rem merupakan salah satu perangkat yang sangat vital pada kendaraan bermotor. Tanpa adanya rem, maka motor akan susah dikendalikan dan bisa membuat pengendara mengalami kecelakaan.

Dikarenakan fungsinya yang sangat penting, maka untuk hal perawatan rem motor ini harus dilakukan secara berkala dan teliti agar rem bisa selalu melakukan fungsinya dengan baik. Salah satu perawatan yang harus dilakukan yakni dengan rutin melakukan pengecekan terhadap salah satu komponen yang terdapat dalam sistem pengereman yakni bagian kampas rem.

Kampas rem motor matic yang sudah menipis dan sering diabaikan terlalu lama bisa membuat piringan cakram motor matic anda rusak, hal ini dikarenakan piringan cakram yang terkena gesekan terus menerus dan menjadikannya tidak rata.

Viral :   Fungsi ECU Motor dan Dampak Kerusakannya

Cara mudah mengetahui kampas rem motor matic sudah habis atau belum tidaklah susah, yakni anda hanya perlu menarik tuas rem depan, jika saat handle rem depan ditarik kuat dan rem tidak pakem tandanya kampas rem motor matic anda sudah mulai habis dan harus segera dilakukan pergantian dengan yang baru.

Sedangkan untuk mengetahui kampas rem motor matic bagian belakang yakni dengan membongkar bagian tromolnya. Hal ini dikarenakan pada bagian tromol rem motor matic tidak diberi penanda sehingga harus dibongkar terlebih dahulu. Jika sudah dibongkar dan ditemukan kampas rem motor matic yang sudah mulai menipis, maka ada baiknya jika anda langsung menggantinya agar menghindari kerusakan yang lebih fatal lagi. Selain itu akibat rem belakang kurang pakem juga bisa diakibatkan karena kondisi kabel rem yang sudah tua, hal ini bisa anda rasakan langsung lewat handle rem belakang yang terasa keras saat anda melakukan pengereman menggunakan rem belakang.

Viral :   Resmi Diluncurkan, Inilah Penampakan Skuter Listrik Piaggio One

Untuk diperhatikan juga, bahwa penyebab rem motor tidak pakem bukan hanya karena kampas rem yang habis, melainkan bisa juga dikarenakan material rem yang mengeras atau pemakaian yang sudah lama dan bisa juga dikarenakan kualitas kampas rem yang palsu. Maka dari itu sangat disarankan bagi anda untuk selalu rutin dan cek berkala kondisi komponen komponen pada sistem pengereman motor anda untuk selalu membuat anda nyaman dan aman saat mengendarainya.