Wajib tau ! Beberapa Penyebab Kipas Radiator Motor Tidak Berputar

Kipas Radiator Motor Tidak Berputar – Setiap kendaraan bermotor pastinya memiliki komponen komponen yang bisa dibilang memiliki peranan penting dalam kendaraan. Jika salah satu komponen penting ini rusak maka akan berpengaruh besar terhadap kinerja atau performa kendaraan bermotor anda.

Maka dari itu agar kendaraan bermotor anda berjalan normal sesuai keinginan anda, baiknya utnuk selalu melakukan perawatan terhadap komponen komponen tersebut.Salah satunya yakni kipas radiator, yang mana komponen satu ini memiliki peranan penting dalam mengatur sistem pendingin pada segala komponen kendaraan bermotor anda. Maka dari itu ada baiknya jika anda mengetahui penyebab kipas radiator motor tidak berputar terlebih dahulu sebelum kipas radiator motor anda benar benar tidak berputar yang justru akan membuat anda merasa terganggu dikarenakan komponen satu ini tidak bisa melaksanakan fungsinya.

Penyebab Kipas Radiator Motor Tidak Berputar

1. Fan Belt Putus

Penyebab kipas radiator motor tidak berputar yang pertama adalah kondisi fan belt yang putus. Fan belt sendiri merupakan pondasi utama dari kipas radiator, jika fanbelt putus maka bisa dipastikan kipas radiator akan berhenti berputar. Hal ini dikarenakan kipas radiator bekerja dengan membutuhkan bantuan tenaga putaran mesin, bantuan ini diberikana ke kipasradiator melalui fanbelt dan juga puli. Dikarenaka tugas fanbelt yang terus menerus pastinya akan mengalami kerusakan, maka dari itu sebelum fanbelt motor anda benar benar mengalami kerusakan atau putus baiknya anda selalu rutin mengecek kondisi fanbelt motor anda. Jika ditemukan kondisi fanbelt yang getas maka sebaiknya untuk langsung diganti dengan yang baru agar kinerja kipas radiator motor anda tidak terganggu saat anda sedang mengendarainya.

Viral :   8 Warna Honda Scoopy Terbaru dan Terlengkap 2021
2. Terjadinya penjebolan pada kipas radiator

Penyebab kipas radiator motor tidak berputar selanjutnya terjadinya penjebolan pada kipas radiator. Hal ini terjadi dikarenakan seal oli mengalami kerusakan, Seal oli memiliki fungsi yang penting yakni harus mampu menjaga agar volume serta tekanan pda oli silikon dalam pengoprasian kipas radiator agar bekerja.

Jika saat oli yangdigunakan kurang atau hampirhabis, maka kipas radiator akan bekerja tidak seperti biasanya, sehingga bisa mengakibatkan kipas radiator mengalami penjebolan sehingga tidak bisa berfungsi lagi.

3. kabel konektor atau sekring kipas radiator terputus

Kondisi sekring kipas radiator yang terputus merupakan salah satu penyebab kipas radiator motor tidak berputar. Umumnya sekring atau kabel konektor pada kipas radiator ini yang memiliki sifat elektrik. Sekring sendiri memiliki fungsi untuk menjaga motor agar terhindar dari kerusakan melalui korsleting, korsleting yang terjadi pada motor sering terjadi dikarenakan arus listrik yang berlebih sehingga bisa mengakibatkan sekring terputus.

Viral :   Cara Merawat Motor Sport Ducati Monster Agar Selalu Prima

Kondisi putusnya sekring pada motor pastinya dikarenakan karena ada salah satu komponen pada bagian sistem listrik kipas radiator tidak baik baik saja. Tentu saja hal ini akan mengakibatkan kipas radiator tidak bisa bekerja dikarenakan tidak adanya arus listrik.

4. Permasalahn yang terjadi pada thermostat

Penyebab kipas radiator motor tidak berputar yang terakhir terjadinya masalahpada thermostat. Hal ini merupakan sangat penting dan harus diperhatikan karena thermostat memiliki fungsi penting dalam hal pengiriman informasi.

Thermostat akan memberikan informasi atau sinyal mengenai informasi suhu yang ada di kipas radiator lalu sampai ke modul yang mempunyai tugas dalam hal mengoprasikan kipas radiator. Jika thermostat mengalami kerusakan maka kipasradiator tidak akan bisa bekerja dikarenakan thermostat tidak bisa mengetahui suhu dan tidak bisa mengirimkan dengan tepat kepada modul yang bertugas.