Kenali Tanda Tanda Fuel Pump Rusak Pada Motor

Tanda tanda fuel pump rusak – Salah satu kendaraan bermotor yang rata rata sudah dimiliki hampir semua masyarakat di Indonesia yakni sepeda motor. Ya kita tau bahwa keunggulan jika kita memiliki alat transportasi sepeda motor ini salahsatunya yakni bisa membuat jarak tempuh yang jauh bisa sampai dengan waktu yang lumayan singkat.

Saat ini pada produk produk keluaran terbaru motor sudah menerapkan sistem injeksi, yang mana pada sistem pengabutan injeksi terdiri dari berbagai macam komponen seperti throttle body, ECU (Engine Control Unit), fuel pump, injektor, sampai ke sensor-sensor. Prinsip kerja pada sistem ini yakni mengontrol aliran bahan bakar secara elektronik dari tangki hingga masuk keruang bakar, setelah itu aliran bahan bakar akan diproses dalam bentuk kabut dengan volume sesuai permintaan mesin sehingga akan menjadikan teknologi injeksi ini menjadi lebih irit.

Salah satu komponen penting yang terdapat pada sistem injeksi yakni keberadaan fuel pump, yang mana komponen ini berfungsi untuk menyalurkan bensin pada injektor dari tanki bensin. Selain itu, fuel pump juga memiliki fungsi untuk menjaga agar tekanan saat bensin di pompa agar tetap tinggi. Namun yang namanya komponen pada sepeda motor pastinya suatu saat akan mengalami kendala dimana komponen itu harus dilakukan perawatan atau bahkan menggantinya jika sudah berumur dan mengalami kerusakan.

Viral :   Ingin Punya Motor Harley Davidson? Ini Dia Harganya

Dikarenakan fungsi fuel pump yang sangat penting dalam sistem injeksi, ada baiknya jika anda mengetahui tanda tanda fuel pump rusak lebih dini. Hal ini setidaknya akan meminimalisir tingkat kerusakan yang lebih parah jika kita biarkan terus menerus tanpa mengatasinya.

1. Motor susah dihidupkan

Tanda tanda fuel pump rusak yang pertama yakni kondisi motor yang sudah dihidupkan. Jika saat anda ingin menghidupkan motor anda dan mengalami kesusahan saat menghidupkan dengan starter tangan mungkin kendalanya ada di aki, namun jika saat ingin menghidupkan motor dengan starter tangan ataupun starter kaki anda mengalami kesusahan maka kemungkinan besar permasalahannya ada di fuel pump motor anda.

Kondisi fuel pump yang rusak akan membuat mesin tidak bisa memompa bensi sehingga bensin pun tidak tersalurkan dengan baik ke injektor sehingga membuat anda susah untuk menghidupkan motor anda.

Viral :   Begini Cara Memeriksa kondisi Bearing Motor Yang Benar
2. Suara dengungan pompa terdengar berbeda

Tanda tanda fuel pump rusak selanjutnya adanya suaran dengungan pompa yang terdengar berbeda dari biasanya. Kondisi fuel pump yang rusak biasanya ditandai dengan suara pompa yang makin melemah , Jika kendala ini terjadi baiknya segeralah untuk memperbaikinya agar tidak semakin parah dan meminimalisir perembetan kerusakan pada komponen lainnya.

3. Indikator cek engine berkedip kedip

Tanda tanda fuel pump rusak yang terakhir adalah Indikator cek engine berkedip kedip. Jika anda melihat indikator cek engine yang terdapat padaa depan motor anda berkedip kedip, maka bisa dipastikan ada permasalah dengan simbol tersebut. JIka simbol yang berkedip kedip merupakan simbol cek engine,maka segeralah untuk melakukan tindakan membawa motor kesayangan anda ke bengkel resmi terdekat untuk dilakukan penanganan lebih cepat.

Untuk diperhatikan agar tidak pernah menganggap sepele kerusakan pada motor kesayangan anda, sekalipun anda sudah mengetahuinya ada baiknya segeralah untuk memperbaikinya agar tidak merembet ke komponen komponen lainnya yang memiliki peran penting dalam performa motor anda.

Kata Pencariantanda fuel pump motor rusak