Kenali Penyebab Motor Matic Tidak Bertenaga Saat Menanjak

Motor Matic Tidak Bertenaga – Kita tau saat ini motor matic memang menjadi idola dikalangan masyarakat Indonesia. Itu semua dikarenakan motor matic memeberikan kemudahan dalam mengendarainya, selain itu rem yang berada ditangan juga membuat motor matic memangditunjukan untuk kepraktisan berkendara yang sangat pas jika digunakan didaerah jalanan perkotaan yang memang memiliki karakter jalan yang mendatar dan halus yang tidak banyak membutuhkan dorongan tenaga yang besar.

Namun, kita tau bahwa di Indonesia ini kondisi jalan raya enggak selamanya mendatar, melainkan masih banyak kondisi jalan raya yang naik turun seperti didaerah kota atau pedesaan yang memang memiliki gunung didaerahnya. Sudah tentu motor matic tidak bertenaga atau kesusahan jika diajak menanjak, hal ini karena motor matic memakai sistem transmisi menggunakan v-belt tidak seperti motor manual yang menggunakan rantai dan gear sehingga tarikannya bisa lebih bertenaga.

Selain dari sistem transmisinya, salah satu penyebabmotor matic tidak bertenaga saat menanjak yakni adanyabeberapa komponen yang kinerjanya kurang optimal sehingga bisa mengurangi tenaga yang dihasilkan, seperti knalpot yang mungkin jarang sekali disadari oleh pemilik motor matic. Perlu untuk diketahui jika kotoran knalpot pada motor matic sudah tebal bisa menjadi penyebab motor matic tidak bertenaga sehingga disaat diajak berjalan melewati jalan menanjak akan terasa berat dan tak bertenaga. Maka dari itu untuk menjaga motor matic anda selalu dalam performa terbaiknya lakukan perawatan rutin dan berkala pada komponen komponen yang memang dianggap penting dalam urusan tenaga.

Viral :   Review Viar Cross X 150 Murah dan Berkualitas

Selain knalpot yang sudah kotor menjadi salah satu penyebab motor matic tidak bertenaga, ternyata ada beberapa penyebab lainnya yang membuat motor matic tak bertenaga. Ada baiknya jika anda mengetahui penyebab penyebab lainnya yang bisa membuat motor matic anda tak bertenaga :

1. Karburator Kotor

Penyebab motor matic tidak bertenaga yang pertama yakni dikarenakan karburator yang kotor. Hal ini dikhususkan untuk motor matic yang masih menggunakan karburator. Karburator sendiri merupakan suatu komponen tempat pembakaran bahan bakar, sehingga memiliki peranan penting dalam menghasilkan suatu tenaga pada motor matic anda. Jika karburator motor matic anda kotor, maka bisa dipastikan pembakaran yang akan dihasilkan menjadi kurang optimal sehingga akan mempengaruhi tenaga yang akan disalurkan menjadi kurang bertenaga.

2. Filter Udara Kotor

Penyebab motor matic tidak bertenaga selanjutnya adalah filter udara yang kotor. Efek filter udara yang kotor bisa menghalangi asupan udara yang masuk keruang bakar sehingga akan mengurangi tarikan mesin, maka dari itu untuk mengatasinya anda bisa membersihkan filter udara yang kotor dengan menggunakan kompressor. Namun jika ditemukan filter udara pada motor matic anda sudah berumur. ada baiknya langsung diganti dengan yang baru agar performa motor matic anda akan tetap baik.

3. Busi Sudah Tua

Busi yang sudah tua atau berumur menjadi salah satu penyebab motor matic tidak bertenaga selanjutnya. Perlu untuk diketahui bahwa busi yang sudah berumur akan membuat performa motor matic anda menjadi berkurang, hal ini dikarenakan percikan api yang dihasilkan tidak besar atau maksimal. Cara mengtasinya anda perlu secara rutin membersihkan komponen busi pada motor matic anda, namun jika setelah dibersihkan percikan api yang dihasilkan masih kecil silahkan untuk pergi ke bengkel resmi terdekat untuk membeli sekaligus mengganti busi dengan yang baru.

Viral :   Berikut Sepeda Motor Listrik Yamaha Pertama di Dunia
4. Setelan Jarum Skep Tidak Pas

Selain penyebab diatas , setelan jarum skep yang tidak pas juga menjadi salah satu penyebab motor matic tidak bertenaga. Jika saat motor matic anda melewati jalan menanjak dan tidak bertenaga, namun setelah di cek bagian karburatornya masih bagus dan tidak kotor, mungkin anda perlu mengecek pada bagian jarum skepnya. Jika ditemukan setelan jarum skep yang tidak pas maka sebaiknya bawa ke bengkel untuk melakukan setingan pada jarum skep motor matic anda.

5. Kampas Kopling Tipis

Penyebab motor matic tidak bertenaga yang terakhir yakni kampas kopling yang tipis. Kita tau bahwa kampas kopling memiliki fungsi untuk menjaga gigi motor, jika kampasnya sudah tipis tentunya tidak akan bisa menjaga gigi motor matic anda dengan optimal. Kalau memang ditemukana kampas yang sudah tipis, segeralah untuk menggantinya dengan yang baru agar tenaga yang dihasilkan oleh motor matic anda lebih kuat.

Kata PencarianMOTOR MATIC TIDAK BERTENAGA