Motor Ngebul ? Berikut 6 Cara mengatasi Tanpa Ganti Mesin

Mengatasi Motor Ngebul – Bagi kalian yang memiliki motor – motor tua mungkin pernah mengalami kondisi dimana mesin kesayangan anda ngebul saat digunakan. Hal ini tentunya akan membuat kenyamanan anda dan pengendara motor disekitar anda akan terganggu, selain itu jika motor ngebul selalu dipaksa untuk berjalan maka kerusakan yang lebih buruk lagi akan menanti. Motor ngebul tidak hanya dialami oleh motor motor keluaran lama saja, melainkan bisa juga kondisi motor ngebul dialami motor keluaran terbaru.

Maka dari itu ada baiknya jika anda segera melakukan perbaikan atau mengatasi motor ngebul pada kendaraan bermotor kesayangan anda, agar nantinya bisa terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan pada motor kesayangan anda.

Untuk itu wartaoto akan memberikan beberapa mekanisme dasar mengatasi permasalahan motor ngebul yang mungkin akan membantu anda dalam mengatasinya. Berikut 7 Cara mengatasi motor ngebul tanpa ganti mesin :

1. Mengganti Seal Katup dengan yang Baru

Mengatasi motor ngebul yang pertama yakni dengan cara mengganti seal katup dengan yang baru. Hal ini dilakukan jika ditemukan seal katup yang terdapat pada mesin motor anda mengalami pengerasan sehingga membuat kinerja katup menjadi tidak maksimal dan oli bisa masuk kedalam manifold yang membuat motor anda menjadi ngebul. Katup sendiri biasanya terdapat pada mesin bagian atas yang memiliki fungsi sebagai pintu masuk udara untuk mengatur keluarnya gas buangan dari sisa pembakaran mesin.

Viral :   Mengenal Master Rem Brembo Sebelum Memasangnya Pada Motor
2. Menyekir Katup Sesuai Dengan Daun Katup

Mengatasi motor ngebul selanjutnya yakni dengan cara menyekir katup dengandaun katup. Kebocoran yang terjadi hingga membuat motor anda menjadi ngebul terkadang disebabkan saat pemasangan katup tidak dilakukan secara benar seperti posisi dari kedua katup tertukar yang bisa membuat daun katup dan dudukannya menjadi tidak pas. Selain itu pemasangan yang katup yang tidak benar bisa mengakibatkan posisi klep menjadi terganjal sehingga menyebabkan motor menjadi ngebul. Cara mengatasinya yakni dengan menyekir katup agar sesuai dengan daun katup sehingga kebocoran yang menyebabkan motor menjadi ngebul bisa teratasi..

3. Menggunakan Oli dengan Kualitas Baik

Banyak pemilik motor berfikir bahwa semua oli motor sama saja, padahal pemilihan oli yang berkualitas rendah bisa mengakibatkan terjadinya motor ngebul. Hal ini terjadi dikarenakan oli dengan kualitas rendah akan menjadi encer saat proses pembakaran, kondisi oli yang encer inilah yang bisa masuk kedalam celah celah kecil pada mesin motor anda sehingga nantinya oli ikut terbakar dan motor anda menjadi ngebul. Untuk mengatasi motor ngebul disarankan agar anda selalu menggunakan oli dengan kualitas terbaik.

4. Mengganti Ring Piston Aus

Mengganti ring piston yang aus dengan yang baru merupakan salah satu cara mengatasi motor ngebul. Jika anda mengalami motor ngebul dengan asap berwarna putih biasanya hal ini dikarenakan bentuk ring yang sudah tidak sempurna lagi, sehingga ring bisa masuk kedalam ruang pembakaran melalui celah dan celah ini akan semakin membesarjika ring sudah aus. Apabila hal ini anda biarkan terus menerus maka akan menambah kerusakan yang lebih parah pada mesin anda sehingga bisa menyebabkan performa mesin berkurang dan bahkan mesin motor anda tidak bisa dinyalakan lagi.

Viral :   Aksesoris Motor yang Paling Banyak Dicari 2021

Cara mengatasinya dengan mengganti ring piston yang aus dengan yang baru, jika dirasa anda masih awam dalam hal pembokaran mesin motor, ada baiknya segeralah untuk membawa motor anda ke bengkel resmi terdekat agar masalah ini segera teratasi.

5. Membubut Ulang Silinder Mesin atau BorUp

Motor yang ngebul bisa juga disebabkan oleh silinder mesin yang sudah aus, sehingga memungkinkan oli masuk kedalam ruang pembakaran. Jika hal ini terjadi, selain bisa membuat motor menjadi ngebul, motor anda pun akan sulit dinyalakan saat kondisi mesin dingin. Cara mengatasi motor ngebul yakni segeralah bawa ke bengkel resmi terdekat untuk dilakukan bor up atau membubut ulang silinder mesin motor anda.

6. Mengganti Klep dan Katup Pada Mesin

Mengatasi motor ngebul yang terakhir yakni dengan cara mengganti klep dan katup pada mesin motor anda. Sekedar untuk diketahui kondisi pemasangan batang katup harus lurus 100 persen, jika tidak lurus maka akan menyebabkan bagian cam dan klep menjadi tidak center. Selain itu sisi seal yang satu akan mengalami sebuah tekanan, sedangkan seal yang satu lagi akan mengalami kelonggaran yang bisa membuat oli masuk kedalam manifold yang terhubung langsung dengan ruang bakar.

Jika hal ini terjadi, maka cara mengatasinya dengan mengganti klep-nya saja, namun akan lebih baik jika anda mengganti katupnya sekalian agar permasalahan ini bisa segera teratasi.

Kata PencarianMengatasi Motor Ngebul