Berikut 3 Langkah Mengatasi Motor Matic Terendam Banjir

Mengatasi Motor Matic Terendam Banjir – Saat ini hampir kebanyakan masyarakat Indonesia memiliki kendara sepeda motor, terutama motor matic yang kita tau motor jenis ini sangat banyak diminati dan dilirik di Indonesia. Kita tau di Indonesia sendiri memiliki 3 musim yakni salah satunya musim penghujan.

Mau tidak mau, suka tidak suka pastinya para pemilik motor matic akan menghadapi kondisi dimana motor matic kesayangannya terendam banjir. Namun anda tidak perlu panik saat motor matic kesayangan anda terendam banjir. “Lalu bagaimana mengatasi motor matic yang terendam banjir ?” Hal pertama tetaplah tenang dan jangan pernah mengaktifkan mesin motor matic anda saat air sudah melibihi mesin, CVT dan filter udara. Jika mesin anda aktifkan maka bisa berdampak buruk pada motor matic anda, hal ini dikarenakan air bisa masuk kedalam ruang mesin. Sehingga bisa berakibat water hammer dan setang piston bisa bengkok, jika hal ini terjadi maka mesin tidak mungkin lagi bisa dihidupkan.

Hal ini juga bisa berpengaruh pada area CVT jika mesin dihidupkan saat terendam banjir, yang terjadi CVT akan berpotensi selip. Maka dari itu sangat disarankan agar anda tidak mengaktifkan mesin motor anda saat kondisi CVT, filter udara dan mesin motor terendam banjir. Untuk itu wartaoto akan memberikan langkah mengatasi motor matic terendam banjir :

1. Keringkan Area CVT

Langkah pertama mengatasi motor matic terendam banjir dengan mengeringkan area CVT. Jika motor matic anda terendam banjir maka anda perlu memindahkan motor matic anda kelokasi yang aman dengan mendorongnya. Lalu langkah selanjutnya yakni dengan mengeringkan area CVT dengan cara membuka tutup pembuangan air. Biasanya komponen ini terbuat dari bahan karet.

Viral :   Jangan Asal Pilih, Ini 5 Rekomendasi Oli untuk Motor Matic

Setelah lubang pembuangan air terbuka, maka anda bisa memiringkan motor matic anda, hal ini akan membuat air didalamnya keluar. Selanjutnya anda bisa buka cover CVT nya lalu keringkan seluruh komponen yang ada didalamnya sampai benar benar tidak ada air lagi. Jangan lupa untuk mengganti oli CVT dengan yang baru, hal ini agar memastikan proses pelumasan di area CVT berjalan baik setelah terendam banjir.

Air yang terdapat pada komponen CVT bisa mengakibatkan jamur dan karat apalagi jika terjadi di area kipas dan mangkok pulley, jika hal ini terjadi CVT motor matic anda tidak bisa lagi bekerja secara optimal yang akan membuat anda mengeluarkan dana yang lumayan banyak untuk menggantinya. Maka dari itu pastikan tak ada kandungan air sama sekali di komponen komponen CVT.

2. Keringkan Soket Kelistrikan

Langkah Mengatasi motor matic terendam banjir selanjutnya yakni dengan mengeringkan soket kelistrikan. Kita tau bahwa motor yang beredar saat ini sudah dilengkapi dengan sistem injeksi dan sistem kelistrikan yang terbilang rumit. Jika sampai motor anda terendam banjir,bukan tidak mungkin komponen kelistrikan akan rentan korsleting.

Viral :   Fitur dan Spesifikasi Honda Forza 125

Maka dari itu anda perlu memeriksa dan mengeringkan semua kabel kabel kelistrikan, pastikan juga untuk membersihkan serta mengeringkan aki motor matic anda. Walau terkesan rumit namun hal ini penting dilakukan agar terhindar dari korsleting kelistrikan motor anda.

3. Ganti Filter Udara dan Oli Mesin

Langkah mengatasi motor matic terendam banjir yang terakhir yakni dengan mengganti filter udara dan oli mesin. Bukalah filter udara lalu bersihkan dan keringkan, jika kondisi filter udara sudah terlalu kotor ada baiknya untuk mengganti dengan yang baru. Jangan lupa juga untuk membuka dan mengeringkan rumah busi dan busi nya dari air. Pastikan juga untuk mengganti oli mesin motor dengan yang baru agar area mesin benar benar bersih dari air.

Jika semuanya sudah kering dan langkah langkah diatas sudah anda lakukan dengan benar, barulah anda boleh mengaktifkan mesin motor matic anda. Jika dirasa anda belum yakin, sebaiknya bawa saja motor matic anda kebengkel resmi terdekat untuk penanganan yang lebih terjamin.