Begini Cara Merawat Kiprok Motor dan Ketahui Fungsinya

Cara Merawat Kiprok Motor – Kiprok motor merupakan salah satu komponen yang terbilang cukup penting keberadaannya, hal ini karena komponen satu ini menjadi bagian dari sistem leistrikan untuk sebuah sepda motor. Jika bicara tentang kelistrikan pada kendaraan bermotor pastinya kiprok masih ada hubungannya dengan aki, hal ini karena baik buruknya kualitas aki dipengaruhi oleh kondisi kiprok. Maka dari itu dikarenakan fungsi kiprok motor yang sangat penting ada baiknya jika anda mulai memiliki perhatian lebih pada komponen satu ini.

Fungsi kiprok di Motor

Kiprok motor memiliki fungsi yang bertugas untuk menstabilkan arus yang masuk dan tegangan kelistrikan pada sepeda motor. Arus listrik yang sudah distabilkan oleh kiprok selanjutnya bakal dikirim ke komponen aki motor yang nantinya sebagai sumber daya motor selanjutnya.

Dengan kata lain saat daya listrik yang dihasilkan oleh putaran spul motor akan disalurkan dahulu ke kiprok, lalu arus yang masuk akan diolah oleh kiprok agar tegangannya menjadi lebih stabil. Nah setelah tegangan stabil, tegangan akan dikirimkan ke aki motor untuk selanjutnya dikirimkan ke komponen komponen motor lainnya yang sistem kerjanya menggunakan tenaga listrik.

Selain itu kiprok juga berfungsi untuk mengubah arah arus menjadi satu arah. Arus yang dimaksud yakni arus AC yang dihasilkan spul akan diubah menjadi arus DC. Hal ini bisa terjadi dikarenakan arus yang harus masuk ke komponen aki motor harus dalam keadaan arus DC.

Viral :   Fungsi Alternator Sepeda Motor Beserta Komponennya

Kiprok yang rusak pastinya akan berakibat pada kinerja komponen lainnya menjadi tidak sempurna. Untuk mengetahui komponen ini rusak atau tidaknya, ada beberapa gejala yang bisa diketahui dari beberapa komponen lainnya yang terkena imbas dari kiprok motor yang rusak. Diantaranya yakni :

  • Aki motor menjadi tekor
  • Lampu motor mulai meredup atau sering mati dan nyala
  • panel instrument pada motor tampilannya akan eror

Jika gejala diatas itu muncul, maka segeralah periksakan ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan lebih detail agar fungsi fungsi dari komponen motor anda bisa segera teratasi.

Apalagi kita tau bahwa motor keluaran terbaru saat ini sudah banya menggunakan sistem injeksi yang mana kebanyakan komponennya bekerja dengan listrik. Tentunya jika kiprok motor rusak maka motor bisa dipastikan mati total, hal ini karena tenaga listrik sudah tidak ada lagi saat aki sudah soak atau tidak ada daya lagi.

Maka dari itu disarankan untuk anda agar lebih memperhatikan kondisi komponen ini serta merawat secara rutin agar hal hal yang tidak diinginkan tak kan terjadi pada motor kesayangan anda.

Viral :   Perhatikan 6 Hal ini Ketika Ingin Mengganti Ban Tapak Lebar

Cara Merawat Kiprok Motor

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk merawat kiprok yakni dengan melakukan pengechekan sistem kelistrikan secara rutin.Sistem kelistrikan yang dimaksud adalah semua komponen kelistrikan secara menyeluruh termasuk kiprok sendiri.

Dengan anda melakukan pengecekan secara rutin, setidaknya anda akan mengetahui lebih awal jika terdapat tanda tanda kiprok motor anda bermasalah. Selain itu cara merawat kiprok selanjutnya, anda bisa melakukan diagnosa atau pengecekan sendiri pada komponen ini. Caranya dengan mengecek tegangan komponen. Secara umum tegangan yang sehat yakni 13,5 V, selain itu pemeriksaan juga perlu dilakukan pada kabel ground yang menempel pada body motor anda.

Jika anda tak memiliki alat yang dibutuhkan untuk mengecek kondisi kiprok, maka anda bisa mengeceknya saat motor anda baru selesai digunakan. Caranya coba pegang komponen kiprok motor, apabila anda merasakan kiprok yang terlalu panas atau dingin maka itu merupakan kiprok motor anda sedang bermasalah. Umumnya kiprok yang bagus akan terasa hangat apabila motor sudah digunakan.