Pahami Tanda tanda Kiprok Motor Rusak

kendaraan bermotor terdapat banyak sekali komponen komponen yang mempunyai fungsi yang penting. Salah satunya yakni komponen kiprok motor, yang mana kiprok motor atau biasa disebut regulator rectrifer merupakan komponen yang berfungsi sebagai penyearah arus listrik yang dihasilkan spul dalam bentuk AC ke DC. Fungsi inilah yang biasa dikenal dengan sebutan rectrifer.

Selain itu masih terdapat juga fungsi dari kiprok motor yakni menjadi pembatas tegangan sehingga tegangan yang nantinya akan dikeuarkan akan tetap stabil. Perlu diketahui bahwa masih ada beberapa kendaraan sepeda motor yang masih memakai jenis kiprok halfwave yang diperuntukan untuk lampu depan dengan menggunakan arus AC serta bisa memancarkan cahaya yang terang sesuai putaran mesin.

Ketika komponen kiprok motor anda rusak, motor dengan jenis arus listrik AC tidak akan berpengaruh kebagian bagian lainnya. Sebaliknya jika motor yang menggunakan arus listrik DC bisa dibilang arus listriknya akan lumpuh. Maka dari itu disarankan agar anda selalu cek dan merawat komponen kiprok sebaik mungkin. Namun seperti komponen lainnya, kiprok tetap ada kemungkinan rusak dikarenakan masa pakai sepeda motor yang digunakan setiap hari.

Untuk meminimalisir kondisi kiprok motor yang rusak parah, ada baiknya anda memahami tanda tanda kiprok rusak yang biasanya terjadi pada sepeda motor :

1. Motor Brebet

Tanda tanda kiprok motor rusak yang pertama yakni kondisi motor yang brebet. Jika suara brebet pada motor anda saat ditelusuri terjadi pada mesin yang tidak berjalan dengan lancar maka itu merupakan tanda bahaw kiprok motor anda rusak yang membuat sistem kelistrikan pada motor anda tidaak akan berjaalan normal.Segera lakukan tindakan khusus pada kiprok mtor anda sehingga bisa membuat kinerja listrik motor kembali normal dan pastinya akan membuat mesin motor anda lancar kembali.

Viral :   Cara Membuat Motor Injeksi Lebih Irit. Simak Selengkapnya!
2. Aki Sering Tekor

Aki yang tekor merupakan salah satu tanda tanda kiprok motor rusak. Umumnya umur aki bisa mencapai kurang lebih 2 tahun, namun jika anda dalam kurun waktun 2 th sudah mengganti aki satu atau dua kali, maka cobah untuk memeriksanya. Untuk meyakinkannya yakni cobalah mengukur votmeter DC aki, pertama coba cek tegangan aki sebelum mesin motr anda dihidupkan biasanya tegangan maksimal mencapai 13 volt, jangan lupa cek juga saat mesin berada di posisi stasioner yang mendapatkan angka 12-13 volt DC, setelah itu cobalah untuk perlahan menaikan rpm mesin dan seharusnya bisa mencapai 15 volt. Apabila hasilnya sama atau sesuai , maka bisa dipastikan kiprok motor anda mengalami kerusakan dan harus segera diganti.

3. Lampu Menjadi Mudah Putus

Kondisi lampu yang mudah putus bisa menjadi tanda tanda kiprok motor rusak selanjutnya. Hal ini dikarenaka kondisi kiprok hlfwave sudah tidak bisa lagi menghambat aliran arus yang dihasilkan oleh spul. Biasanya lampu motor membutuhkan arus listrik hanya 12 volt, namun jika kiprok rusak maka arus yang dihasilkan akan melebihi 12 volt sehingga sering membuat putus lampu motor anda dikarenakan kelebihan arus listrik.

Viral :   Motor Listrik Roda 3 Antelope
4. Tegangan Spul Hampir Tidak Ada

Jika anda menemukan tegangan spul yang melemah atau tidak ada, maka itu merupakan tanda tanda kiprok motor rusak. Anda bisa memastikannya dengan cara mengukurnya saat kondisi mesin hidup. Setelah mesin hidup cobalah untuk memasang voltmeter AC dan jika memang ada tanda tanda kiprok ruak maka tegangan yang dihasilkan kurang dari 10 VAC atau bahkan tidak ada sama sekali. Namun saat soket kiprok dilepas ( pastikan mesin dalam keadaan mati ) tegangan spul malah kembali normal.

5. Motor Susah di Starter

Tanda tanda kiprok motor rusak selanjutnya adalah kondisi motor yang susah di starter. Saat kondisi aki motor anda tekor atau soak maka bisa dipastikan kelistrikan yang ada pada motoranda tidak akan bekerja dengan baik. Biasanya hal ini dikarenakan asupan listrik ke aki tidak sempurna karena kondisi kiprok yang mulai melemah, sehingga membuat kinerja kiprok tidak sempurna.

6. Suhu Kiprok Dingin

Tanda tanda kiprok motor rusak yang terakhir yakni kondisi suhu kiprok yang tinggi atau bahkan dingin. Umumnya jika kondisi kiprok bagus maka suhu pda kiprok akan terasa hangat hal ini karena aliran listrik dari spul terusmengalir melewati kiprok, namun sebaliknya jika kondisi kiprok rusak walaupun anda menggunakan motor cukup lama, suhu kiprok akan tetap dingin. Jika hal ini terjadi disarankan untuk segera menggantinya agar kondisi kelistrikan motor anda kembali berjalan normal.

Kata Pencarianciri kiprok dingin,Umur kiprok motor