Mesin Motor Injeksi Mati Mendadak ? Inilah 7 Penyebabnya

Penyebab motor injeksi mati mendadak – Saat ini hampir semua motor keluaran terbaru umumnya sudah menerapkan sistem injeksi, yang mana pada sistem injeksi ini menawarkan performa yang efisien sehingga di klaim bisa lebih menghemat bahan bakar tapi tidak menurunkan power mesin.

Namun, motor injeksi memiliki beberapa kelamahan juga, salah satunya yakni saat motor mogok atau mati mendadak. Berbeda dengan motor yang masih memakai karburator , jika motor mati mendadak maka penyebabnya kalau tidak businya atau karburatornya. Sebaliknya berbeda dengan motor injeksi yang berbasis elektronik,Penyebab motor injeksi mati mendadak biasanya terlebih dahulu perlu dianalisa lebih lanjut menggunakan bantuan scanner, jadi tidak bisa kita deteksi secara asal.

Tapi tenang saja, anda tidak perlu panik dan kebingungan ketika anda mengalami motor injeksi anda mati mendadak saat sedang mengendarai. Karena menurut beberapa pengalaman pengguna motor injeksi, ada beberapa penyebab motor injeksi mati mendadak yang mungkin bisa memicu permasalahan ini.

1. Bahan Bakar yang Habis

Penyebab motor injeksi mati mendadak yang pertamana yakni bahan bakar habis. Nah ketika motor injeksi anda mati mendadak ada baiknya terlebih dulu mengecek apakah kondisi bahan bakar masih tersedia atau tidak. Perlu anda ketahui bahwa teknologi injeksi ini mengharuskan anda untuk tetap menjaga motor agar tidak kehabisan bahan bakar. Hal ini dikarenakan teknologi EFI yang terapkan membuat adanya tekanan bahan bakar berada pada sistem fuel line nya. Jadi, jika bahan bakar motor anda mengalami habis total maka nantinya akan ada udara yang masuk pada selang bensin, inilah yang membuat motor injeksi anda susah untuk dihidupkan.

Viral :   Tips Pilih Lampu LED Motor Berkualitas dan Nyaman
2. Aki Eror Atau Rusak

Penyebab motor injeksi mati mendadak yang kedua adalah kondisi aki yang eror atau rusak. Aki sendiri memiliki fungsi agar menjaga kestabilan arus listrik motor yang memiliki sistem injeksi. Maka dari itu jika aki mengalami tekor maka tegangan akan drop dan motor anda menjadi mati. Solusi terbaiknya anda bisa mengganti baterai aki yang rusak.

3. Fuel Pump Mati

Penyebab motor injeksi mati mendadak selanjutnya ialah fuel pump mati. Fuel pump memang dimiliki oleh kendaraan yang memakai teknologi EFI. Fungsi fuel pump sendiri berguna menyuplai bahan bakar motor ke tangki dan saluran bensin. Jadi perlu diketahui jika fuel pump mati atau tidak beroperasi dengan baik maka akan membuat tekanan bahan bakar didalam motor, sehinggamembuat bensin tidak bisa keluar daridalam injektor. Anda bisa mengetahui permsalahan fuel pump ini berfungsi saat kunci kontak pada posisi ON, maka akan terdengar bunyi dengungan dari tangki. Jika ini terjadi solusinya yakni harus mengganti fuel pump.

4. Masalah Pada Busi

Seperti kita tau bahwa busi memiliki peranan penting dalam pembakaran mesin. Jika busi motor bermasalah maka gejala yang ditimbulkan dapat dilihatketika motor tiba tiba mati dan sulit untuk dihidupkan. Maka dari itu disarankan untuk selalu memperhatikan kondisi busi secara berkala karena busi merupakan salah satu penyebab motor injeksi mati mendadak.

Viral :   Fungsi Piston Motor dan Komponennya
5. Sensor yang Bermasalah

Motor yang memakai teknologi EFI memang biasa menggunakan sensor juga. Yang mana sensor ini berfungsi untuk mengecek keadaan areaa tertentu. Untuk diketahui jika terdapat data yangmemiliki aliran udara juga suhu aliran udara intake yang dikirimkan oleh sensor. Rusaknya sensor bisa menjadi penyebab motor injeksi mati mendadak. Anda bisa mengetahui sensor ini bermasalah atau tidak dengan membawanya ke bengkel resmi.

6. Saringan udara terlalu kotor

Penyebab motor injeksi mati mendadak selanjutnya yakni saringan udara kotor. Yang mana komponen ini memiliki fungsi sebagai penyaring udara dari debu dan kotoran, sehingga udara yang masuk ke ruang bakar bisa lebih jernih. Tapi ketika saringan udara kotor, maka terdapat dua kemungkinan yakni aliran udara akanterhambat dikarenakan sumbatan kotoran yang terdapat pada permukaan saringan. Hal ini akan menambah beban mesin sehingga saat posisi idle mesin bisa mati secara tiba tiba. Maka dari itu sangat disarankan agar membersihkan saringan udara pada interval 5.000 km.

7. Injektor tersumbat

Penyebab motor matic injeksi mati mendadak yang terakhir biasanya dari injektor yang tersumbat. Sumbatan yang terjadi pada injektor kemungkinan berasal dari kotoran yang terbawa aliran bensin. Kalau kotoran tersebut menumpuk pada ujung injektor maka bisa menyumbat injektor dan mengakibatkan bensin hanya menetes dari injektor bahkan tidak keluar sama sekali.

Anda bisa menghindari masalah iini dengan rutin melakukan flushing sistem injeksi, Proses ini memerlukan bahan pembersih khusus untuk dicampurkan ke bensin. Sehingga bisa membuat proses flushing bisa berjalan secara otomatis.