Memperbaiki Spul Motor

Ciri-ciri, Penyebab dan Cara Memperbaiki Spul Motor Rusak

Setiap pemilik kendaraan harusnya mengetahui komponen komponen apa saja yang terdapat didalam motornya. Mulai dari ciri-ciri, penyebab dan cara memperbaikinya menjadi hal yang wajib harus dipahami. Terlebih dalam hal kelistrikan kendaraan seperti lampu dan komponen listriklainnya tidak bisa menyala padahal lampu sudah diganti. Hal ini dikarenakan terdapat masalah pada pengisian aki dan mengalami cepat tekor, penyebabnya mungkin bisa dari bagian spul motor. Cek aksesoris motor murah disini

Spul motor merupakan salah satu komponen yang vital atau penting dalam kelistrikan motor. Ini semua dikarenakan spul memiliki fungsi sebagai sumber listrik untuk mencukupi kebutuhan elektrikal. Jika sampai spul rusak, maka suplay daya listrik buat motor akan terhenti. Spul sendiri menyediakan sumber tegangan bolak balik AC.

Jika hal ini terjadi, kemungkinan motor anda akan tiba tiba mogok atau bahkan tidak bisa menyala. Mungkin bagi sebagian pemilik motor yang masih awam tentang komponen motor, pastinya akan tidak paham tentang masalah masalah kerusakan pada spul, namun kerusakan ini dapat dipahami dengan melihat ciri cirinya jika spul motor anda rusak.

Ciri-Ciri Spul Motor Rusak

– Umumnya jika spul motor rusak akan berakibat lampu mati, pengisian aki berkurang dan aki cepat tekor. Hal ini dikarenakan tidak mampunya alternator diberi beban listrik. Apabila socket kiprok ke spul dilepas lalu diukur dengan volmeter AC dan terbaca voltasenya cukup sebaliknya jika diberi beban ke kiprok dan diukur ulang maka voltasenya drop, hal inilah yang membuat tidak adanya arus yang masuk ke kiprok.

Viral :   Kamu Harus Tau !!! Inilah 5 Contoh Modifikasi Honda Beat Yang Banyak Diminati

– motor akan sulit dihidupkan terutama saat pagi hari atau mesin masih dalam kondisi dingin.

– Ciri selanjutnya jika spul motor rusak bisa anda lihat langsung secara fisik. Namun anda terlebih dulu harus membongkar blok mesin dan membuka tempat spul. Jika sudah terbuka, anda aka melihat warna kabel spul berubah menjadi merah bahkan timbul warna hitam akibat terbakar. Jika sudaah begini, anda wajib mengganti dengan yang baru atau membuat lilitan ulang spulnya.

Jika anda sudah mengetahui ciri ciri spul motor rusak, ada baiknya anda juga harus mengetahui penyebab spul motor rusak dan cara memperbaikinya :

Penyebab spul motor rusak

– Sambungan / socket yang ada pada kelistrikan sudah aus dikarenakan umur pemakaian yang sudah lama, sehingga bisa mengakibatkan hubungan singkat.
– Adanya kotoran yang terlalu banyak diarea sekitar komponen spul
– Komponen spul sudah tua karena pemakaian.
– Karena panas yang berlebihan pada putaran dinamo.
– Adanya lonjakan tegangan yang terjadi.

Cara Memperbaiki Spul Motor Rusak

1. Buka Spul Motor Terlebih Dahulu

Pertama tama yang harus dilakukan tentu saja anda harus membuka komponen spul motor terlebih dahulu. Untuk cara membukanya tidaklah susah, anda hanya butuh melepaskan setiap baut didalamnya. Namun dalam hal ini anda tetap harus teliti setiap posisinya, agar saat pemasangan kembali tidak ada yang salah. Jangan lupa siapkan peralatan pendukung seperti gergaji besi, agar anda bisa lebih mudah melepas lem yang menempel pada komponen.

2. Kumparan dan Area Spul di Bersihkan

Kotoran yang terlalu banyak disekitar komponen bisa saja menjadi penyebab kerusakan spul motor. Maka dari itu ada baiknya jika anda membersihkan area komponen spul dan tempat kumparan.

3. Persiapkan Peralatan untuk Melilit Spul dan lakukan proses pelilitan

Cara memperbaiki spul motor rusak ini lebih disarankan untuk melakukan pelilitan ulang spul yang rusak. Jadi sebelum anda memulai, terlebih dulu mempersiapkan peralatannya seperti kawat, lem besi dan pulpen bekas.

Viral :   Ingin Beli Motor Listrik Viar? Perhatikan 3 Hal ini

Setelah peralatan sudah tersedia, kini saatnya anda mulai melakukan proses pelilitan ulang spul. Untuk mempermudah prosesnya, maka gunakanlah beberapa alat yang tadi sudah disiapkan seperti kawat bekas pulpen yang dibungkus dengan lilitan kawat baru yang sudah disiapkan sebelumnya.Perlu diperhatikan juga untuk ukuran kawat baru sebaiknya harus sama dengan kawat aslinya agar cocok.

4. Tambahkan Lem supaya Merekat dengan Baik

Setelah anda sudah berhasil melakukan proses pelilitan ulang spul motor, selanjutnya anda bisa menambahkan lem besi didalamnya. Hal ini berfungsi agar perekatan pada komponen kelistrikan tersebut lebih erat dan kuat, jadi tidak akan mudah lepas nantinya.

5. Pengecekan Ulang

Setelah semuanya sudah selesai dan spul motor siap untuk dipasangan kembali. Jangan lupa melakukan pengecekan apakah berfungsi dengan baik atau tidak.Caranya dengan menggunakan bantuan AVO meter untuk mendeteksi hubungan kelistrikan.

jika rem tromol rusak cek disini cara perbaikinya : penyebab dan cara perbaiki rem tromol rusak 

Kata PencarianCara memperbaiki spul motor yang rusak,Ciri ciri spul mio rusak,spul motor rusak,Spul Motor Lemah ,sebab spul gsx r150 terbakar,Penyebab Spul Motor Rusak ,pengaruh spul rusak,memperbaiki spul sepeda motor,Ciri-ciri spul motor rusak,Ciri Spul Motor Rusak ,Ciri Ciri Spul Motor Rusak ,Ciri Ciri Spul Motor Lemah ,Akibat Spul Motor Rusak ,Cara Mengetahui Spul Motor Mati,cara mengatasi spul motor mio lemah,Cara mengatasi spul lemah pada motor,cara mengakali spool yang mati,Cara Memperbaiki Spul Motor Yang Rusak ,cara memperbaiki spul motor,Cara Cek Spul Vixion