Cara Menghilangkan Karat Pada Tanki Motor

Cara Menghilangkan Karat Pada Tanki Motor – Karat yang terdapat pada tanki motor sering kali tak disadari oleh penggunanya sampai terjadi masalah dijalan. Padahal tanki motor yang berkarat bisa membuat mesin sangat susah untuk dinyalakan dan bekerja dengan baik. Hal ini dikarenakan bensin yang ada dalam tanki motor tercemar sehingga mengganggu proses kinerja. Akibat yang paling fatal adalah motor tiba tiba mati dan susah untuk dihidupkan lagi. Bayangkan saja jika hal ini terjadi disaat kondisi mendesak, misalnya anda harus berangkat kerja.

Meski terlihat sepele, tanki motor bisa menentukan kinerja motor. Hal ini dikarenakan fungsi tangki motor ialah tempat penampungan bensin sebagai bahan bakar motor. Saat terdapat karat didalam tanki motor, aliran bensin dari tangki ke mesin bakalan tersendat. Inilah yang membuat motor susah untuk dihidupkan.

Usia pada motor juga bisa berpengaruh terhadap kemunculan karat pada tangki motor. Makin tua umur motor maka tangki akan lebih mudah berkarat. Jika anda mengalami hal tanki motor anda berkarat, mau gak mau anda harus segera membersihkannya agar kendala yang ada pada motor anda segera teratasi. Berikut langkah atau cara menghilangkan karat pada tanki motor :

Daftar Isi

1. Siapkan peralatan

Cara menghilangkan karat pada tanki motor yang pertama, anda harus menyiapkan peralatan yang dibutuhkan diantranya selang diameter 2,5 mm sepanjang 1-1,5 meter, amplas halus, obeng, wadah penampung bensin, cairan HCL atau asam klorida dan kain pembersih.

2. Kuras bensin

Sisa bensin yang ada dalam tanki motor harus dikeluarkan terlebih dulu dengan menggunakan selang. Jangan lupa untuk menyiapkan wadah sebagai tempat menampung bensin. Caranya masukan selang ke tangki motor lalu sedot bensin lewat selang, kemudian arahkan ke wadah penampungnya. Setelah mengalir semua, pastikan bensin yang ada didalam tangki motor sudah tersedot semua.

3. Bongkar tangki

Cara menghilangkan karat pada tanki motor selanjutnya anda harus membongkar tangki. Langkah ini terbilang rumit dikarenakan letak baut pada tangki berbeda beda tergantung jenis motor. Lepas satu persau bautnya menggunakan obeng.

4. Cuci Pakai Bensin

Setelah tanki motor terbongkar, anda bisa melanjutkannya dengan membersihkan atau mencuci tanki motor yang berkarat menggunakan bensin . Caranya dengan mengusap usapkan kain hingga karat rontok atau menghilang.

5. Pakai cairan HCL

Langkah atau Cara menghilangkan karat pada tanki motor selanjutnya masukan cairin HCL hingga tangki motor penuh dan tunggu hingga 4 – 5 jam. Setelah itu, kuras cairan yang ada di dalam tanki dan sekali lagi bersihkan menggunakan bensin. Lihat apakah karat sudah hilang atau belum, jika belum lanjut dengan langkah atau cara menghilangkan karat pada tanki motor selanjutnya. Sebagai alternatif lain, anda bisa menggunakan cuka buat menggantikan cairan HCL.

Viral :   Yamaha XMAX 2021 Motor Matic dengan Tenaga Maksimal
6. Amplas tangki

Anda diharuskan menggunakan amplas halus agar tidak merusak tanki motor. Caranya dengan pelan pelan mengamplas bagian yang berkarat dalam satu arah, tidak secara sembarangan.

7. Cuci tangki

Pada langkah ini, seharusnya tangki motor anda sudah bersih dari karat. Maka selanjutnya anda mencuci tangki menggunakan air. Detergen bisa juga digunakan sebagai tambahan agar bersih.

8. Keringkan

Langkah atau cara menghilangkan karat pada tanki motor yang terakhir dengan mengeringkan tanki motor dibawah sinar matahari hingga benar benar kering. Bila masih terdapat air, akan mengakibatkan motor menjadi brebet atau jalan tersendat sendat karena bensin tercampur dengan air. Setelah di jemur, lap menggunakan kain kanebo untuk memastikan tangko motor benar benar sudah kering.

Selalu Cek dan rawatlah tanki motor anda agar bersih dan terbebas dari karat agar terhindar dari masalah mogok di kemudian hari. Lebih baik mencegah daripada nantinya repot sendiri ketika tangki sudah terlanjur berkarat.