Perhatikan 6 Hal ini Ketika Ingin Mengganti Ban Tapak Lebar

Mengganti ban sepeda motor dengan ukuran lebih besar atau ban tapak lebar mungkin menjadi idaman setiap pecinta otomotif. Hal ini dikarenakan tampilannya yang bisa membuat kaki kaki motor bisa menjadi lebih kekar, selain itu ban tapak lebar juga memberikan daya cengkram lebih baik terhadap aspal.

Namun demikian, masih banyak orang yang malas mengganti pelek ketika ingin mengganti dengan ban tapak lebar, karena menurutnya ukuran yang dipakai masih aman aman saja. Padahal jika ingin hasil yang maksimal, harusnya lebar pelek harus proporsional dengan ukuran ban. Menggunakan ban tapak lebar dengan ukuran pelek yang standart akan membuat ban tidak menyentuh jalan secara maksimal. Dalam kondisi ini bisa membuat ban tidak punya daya cengkram maksimal.

Jika anda ingin menggunakan ban tapak lebar ada baiknya ada memperhatikan beberapa hal sebelum anda menggantinya dengan menggunakan ban tapak lebar. Selain bisa membuat nyaman anda saat berkendara, juga sangat mempengaruhi kesalamatan anda selama dijalan.

Viral :   PSBB Dimulai Lagi, Taati Instruksi Pemerintah agar Aman
1. Selisih ideal Kedua

Hal yang pertama adalah perhatikan selisih ideal ukuran lebar ban dengan velg motor anda. Disarankan agar anda menggantinya hanya naik 2 tingkat saja. Contohnya, jika velg standar pada motor anda dengan ukuran 2,75 inc dan ban standar lebar 3 inc maka ukuran bannya adalah 3,25 inc. Hal ini dikarenakan velg dan ukuran ban dari pabrik sudah dihitung untuk menentukan karakter motor seperti handlingnya, juga traksi sampai kenyamanan.

2. Velg harus sesuai dengan tipe ban tube ke ban tubeless

Tidak semua jenis velg sepeda motor racing wheel memiliki spesifikasi tubeless. Untuk mengenali velg tubeless, maka anda bisa melihat tulisan tubeless pada velg.

3. Bisa pilih intermediate compound

Jenis ban tapak lebar ini mungkin bisa menjadi rekomendasi anda, karena bisa memberikan daya cengekeram yang lebih baik. Hal ini bisa diterapkan ketika anda ingin modifikasi ban.

Viral :   Yamaha NMax 155 Connected Hadir Dengan Desain Terbaru dan Fitur Yang Canggih
4. Perhatikan medan jalan yang sering dilalui

Jika anda sering melalui jalan beraspal, maka sebaiknya pilihlah ban tapak lebar yang tepat. Pasalnya, tidak semua jenis ban bisa digunakan untuk jalan beraspal. Selalu ingat memodifikasi ban jangan hanya berdasarkan pada model dan pattern nya saja.

5. Perhatikan lebar swing arm

Pentingnya memperhatikan lebar swing arm ini agar jarak antara ban dan swing arm tidak metok

6. Perhatikan jarak terluar pada ban

Hal ini sangat penting diperhatikan, karena bisa saja bersentuhan dengan shockbreaker. Disarankan agar anda menghindari pemasangan ban tapak lebar dengan rantai yang bergesekan karena akan membuat komponen tersebut mudah rusak.