Cara Mudah Agar Motor Bertenaga dan Irit Bahan Bakar

Membuat motor bertenaga dan irit bahan bakar– Memiliki motor yang gagah dengan tarikan motor yang bertenaga serta bisa irit bahan bakar menjadi dambaan setiap pemilik motor. Bagi anda yang memiliki aktifitas kesehariannya selalu menggunakan motor, pastinya akan merasakan beberapa kekurangan pada motor anda terutama pada segi performa motor, terebih jika anda merupakan rider yang sangat menyukai kecepatan. Selain masalah kecepatan, masalah keiritan motor pun menjadi perhatian para pemilik motor .

Kedua hal tersebut saat ini memang menjadi salah satu perhatian utama para riders yang ingin motornya tampil gagah , bertenaga serta irit dalam penggunaan bahan bakar. Perlu diketahui untuk menggabungkan kedua hal tersebut memang cukup sulit. Namun anda jangan kawatir, karena disini wartaoto.com akan memberikan beberapa cara membuat motor bertenaga dan irit bahan bakar.

1. Porting Polish

Cara yang pertama yang dapat dilakukan untuk membuat motor bertenaga dan irit bahan bakar adalah dengan Porting Polish. Porting polish merupakan sebuah metode yang berguna untuk menghaluskan jalur masuk dan keluarnya bahan bakar ke mesin motor. Porting polish dilakukan pada bagian head motor agar memperlancar prosess hisap dan buang pada saat melakukan pembakaran dalam mesin, hal ini bisa menambah nafas dan tenaga moor sekaligus membuat proses hisap dan buang menjadi lebih efisiensi.

Viral :   Motor Listrik Buatan Pindad
2. Papas Head

Selain Porting Polish, Anda juga bisa melakukan pemanasan pada head motor. Langkah ini dilakukan untuk bisa memandatkan dan menaikan rasio kompresi pada motor yang bisa membuat motor irit dan kencang. Namun perlu diingat oleh anda, proses pemanasaan head ini cukup beresiko, apalagi jika mekanik tidak faham dengan kondisi motor tersebut. Maka dari itu untuk membuat motor kencang dan irit bahan bakar butuh ketelitian dan juga perhitungan yang pas antara posisi head, borin dan bagian lainna seperti Busi, Klep dan seher agar tidak terjadi tabrakan.

3. Perbesar Klep

Pada motor 4 tak , klep digunakan untuk mengatur proses pengisapan dan proses pembuangan . Dengan melakukan pembesaran pada klep in & ex, motor anda akan memiliki nafas yang lebiih panjang sehingga membuat motor anda akan lebih bertenaga serta irit bahan bakar. Selin hal diatas, anda juga bisa melakukan hal berikut ini :

-Penggunaan noken as yang berkualitas
-Penggantian head dengan sistem Double Over Head Camshaft ( DOHC ) atau untuk motor yang masih mengusung sistem SOHC daul valve
-Pembuatan head dengan jumplah klep yang lebih banyak / 3 klep

Viral :   Cara Membuat Motor Injeksi Lebih Irit. Simak Selengkapnya!
4. Majukan Timing Pengapian

Untuk mempercepat proses pembakaran dan menghasikan penggunaan BBM yang irit anda bisa memajukan Timing pengapian dengan cara mengganti beberapa komponen seperti CDI dan Koil. Timing pengapian yang sudah dimajukan, sangat disarankan untuk menggunakan bahan bakar yang beroktan 88 atau premium. Hal ini bisa menyebabkan mesin menjadi ngelitik dan proses pembakan menjadi kurang sempurna.

5. Mengganti Komponen ECU atau ECM

Hampir semua motor saat ini sudah menggunakan teknologi fuel injection yang diatur oleh komputer. Artinya setiap motor yang memiliki sistem pembakaran menggunakan fuel injection pasti memiliki ECM atau ECU yang mngatur. Anda dapat membeli produk ECU atau ECM aftermarket yang tersedia dipasaran, karena dengan menggantinya bisa memiliki efek yang sangat signifikan dan membuat motor kencang dan irit bahan bakar. Namun sayangnya produk ECU atau ECM ini masih terbilang mahal.

Kata PencarianCara bikin motor bertenaga