9 Daftar Merk Ban Motor Matic Terbaik Semua Ukuran

Ban motor merupakan salah satu sparepart yang memiliki peran penting dalam sepeda motor, hal ini dikarenakan ban merupakan satu satunya bagian motor yang bersentuhan langsung dengan aspal jalanan. Maka dari itu wajib bagi kita untuk selalu cek kondisi ban motor, jika dirasa kondisinya sudah jelek, ada baiknya langsung menggantinya dikarenakan demi menjaga kesalamatan kita saat mengendarai motor.

Saat ini perkembangan motor matic sangat meningkat jauh setiap tahunnya, hal ini yang menjadikan banyak produsen sparepart ban baik produsen ban lokal maupun internasional saling unjuk gigi dengan berlomba lomba menyediakan sparepart ban demi kebutuhan setiap motor matic. Diantaranya yaitu ban motor matic yang ditawarkan oleh produsen ban dengan produk unggulan dan jaminan keamanan saat berkendara.

Kali ini wartaoto akan membahas ulasan singkat dari masing masing produk ban motor matic terbaik dari semua ukuran yang bisa dijadikan referensi saat ingin mengganti dan membeli ban motor matic.

1. Ban FDR

Demi mencukupi kebutuhan para pemilik motor matic. PT. Suryaraya Rubberindo Industries fokus memproduksi ban sepeda motor, dan PT. SRI memproduksi ban motor dengan merk dagang FDR yang mana merupakan ban original equipment market atau biasa disebut OEM sepeda motor honda. Saat ini ban motor FDR sudah banyak digunakan pada sepeda motor dan telah diekspor ke beberapa negara Asia, Eropa dan Afrika. Ban motor matic FDR menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 dan sudah sesuai dengan SNI ( Standart Nasional Indonesia ).

2. Ban Swallow

Jika anda ingin mencari ban lokal dengan kwalitas terbaik, pilihan yang tepat adalah ban swallow. Ban yang diproduksi oleh PT. Industri Karet Deli di Medan ini telah terdaftar SNI dan juga standart kelayakan dari negara Eropa, Jepang dan Amerika sehingga wajar saja jika ban swallow menjadi komoditas ekspor sejak tahun 1992. Dengan kwalitas yang baik dan mumpuni serta harga yang kompetitif , ban swallow bisa menjadi pilihan ban motor matic anda.

3. Ban Dunlop

Ban buatan perusahaan perancis dengan pengalaman ratusan tahun dalam memproduksi ban ini memiliki desain dan teknologi yang mumpuni. Pattern ban motor matic dunlop ini memiliki keunikan dan sangat berfungsi untuk mengalirkan air dari permukaan ban, sehingga hal ini bisa memberikan daya cengkraman dan kestabilan saat erkendara dijalan yang basah. Jika dipadukan antara nilai estetika dan performa yang mumpuni , maka ban ini bisa menjadi jawabannya.

4. Aspira Premio

Selanjutnya ada ban motor matic Aspira Premio merupakan merk ban motor matic hasil kerjasama antara Astra Honda Motor dengan Perusahaan Pirelli. Ban motor matic aspira premio ini diproduksi dengan teknologi asal Italia yakni proGD (Progressive Groove Design) , sehingga memiliki design yang mengutamakan keselamatan berkendara, daya cengkram kuat dan traksi tinggi yang cocok digunakan pada kondisi jalan basah maupun kering.

5. Ban Pirelli

Ban motor matic terbaik selanjutnya yaitu ban pirelli, yang mana merupakan salah satu produsen ban dengan produk yang memiliki kualitas tinggi untuk penggunaan harian ataupun untuk keperluan balap. Keunggulan dari ban ini adalah seluruh ban telah melalui proses curing, visualisasi inspection dan instrumental inspection. Dengan kata lain kwalitas keseluruhan ban sudah melalui proses quality control sesuai standart perusahaan.

6. Ban Bridgestone

Ban yang satu ini merupakan ban motor matic Bridgestone yang selalu hadir dengan kualitas terbaik. Bagi anda yang mencari ban dengan kwalitas terbaik, jawabannya adalah ban bridgestone dengan varian Battlax. Bridgestone merupakan jaminan untuk sepeda motor matic Anda.

7. Ban IRC

Ban buatan lokal yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya adalah ban IRC. Ban motor matic IRC di produksi oleh PT. Gajah Tunggal yang sudah menjadi Original Equipment Market bagi beberapa merk sepeda motor.
Dengan teknologi dan kemampuan yang dimilikinya , menjadikan ban motor matic IRC banyak diminati oleh pengguna ban motor matic. Dengan didesign sesuai kebutuhan, karakteristik dan kondisi jalan di indonesia, compound ban IRC diklaim memiliki daya tahan terhadap peningkatan suhu panas ketika motor digunakan dengan kecepan tinggi dan durasi lama. Sedangkan pattern kembangan pada ban motor IRC stabil saat digunakan pada kondisi jalanan kering maupun basah.

Viral :   Warna Kabel Motor Yamaha Dan Fungsinya
8. Ban Corsa

Sama hal nya dengan ban swallow, ban corsa juga merupakan ban produksi dalam negri yang diproduksi oleh PT. Multistrada Arah Sarana dengan kualitas internasional. Ban matic corsa ini memiiki standar ISO 9001:2000 dimana komposisinya 3 in 1 compound terdiri dari tread compound yang bisa memberikan daya cengkram yang kuat pada kondisi jalan kering maupun basah, Base compund yang terbuat dari karet yang elastis sehingga ban lebih adaptif terhadap kondisi jalan, Sidewall compound yang sangat kokoh dan tahan terhadap benturan sehingga bisa memberika kontrol yang baik.

9. Ban Michellin

Ban yang di produksi oleh perusahaan ban asal Clermont-Ferrand, Auvergne, Prancis ini merupakan produsen ban terbesar didunia bersama bridgestone. Salah satu fitur andalan dari ban motor matic michellin ini adalah pola kembangan yang tidak hanya estetika tapi juga secara efektif bisa menyingkirkan air pada permukaan ban saat digunakan dijalan basah. Pola pattern yang terdapat pada ban michellin juga sangat berguna untuk mencegah keausan ban yang tidak merata.

Cara Merawat Ban Tubles Biar Makin Awet

Merawat ban tubles sepeda motor matic memang tidak ribet namun harus tetap memerlukan perawatan yang intensif supaya tetap nyaman ketika di kendarai. Salah satu dari kelebihan ban tubles adalah kepraktisannya yang membuat ban jenis yang satu ini paling banyak diminati sekarang. Kerenanya para pengguna ban tubles tidak lagi repot-repot mengganti ataupun menambal ban dalam ketika terjadi kebocoran. Pada dsarnya ban tubless tidak emmakai ban dalam. Apabila terjadi suatu kebbocoran, maka anda sebagai pengguna hanya cukup menambal ban luarnya saja. Tak hanya itu, sifat ban tubless yang keras seerta padat ini membuat ban menjadi lebih sulit bocor daripada ban-ban jenis lainnya. Meskipun ban tubless terlihat minim perawtan serta tidak mudah bocor apabila terkena benda tajam, paku misalnya. Namun tetap saja perawatan pada ban tubless secara intensif wajib dilakukan.

Ban tubless sendiri merupakan ban yang tidak memebutuhkan ban dalam pada penggunaannya serta di awal pembuatannya diperuntukkan untuk sepeda gunung. Produk ban tubless umumnya terbuat dari bahan karet yang tidak mudah bocor walaupun terkena paku atau benda tajam lainnya. Intinya yang harus diperhatikan ialah tekanan angin ban tubless jangan sampai kurang atau lebih. Apabila terjadi kelebihan angin pada ban tublless dapat membuat daua cengkram ke aspal menjadi berkurang. Dan apabila tekanan angin pada ban tubless kurang maka dapat merusak ban itu sendiri dan ketika sedang menikung.

Ban tubless mempunyai dinding pengikat berbentuk pergigi yang memiliki fungsi untuk mencegah angin keluar. Ban tubless tak membutuhkan ban dalam sebab ada pengikat antara bibir rumah roda dan ban atau yang disebut bead,  dimana komponen bead ini harus mendapatkan perhatian khusus karena jangan sampai terkena benda tajam. Jika sampai terkena benda tajam sehingga rusak maka angin akan keluar secara otomatis. Dalam kondisi bocor di tengah jalan, maka sebaiknya jangan paksa untuk dikendarai karena bisa berpotensi merusak komponen bead. Ban tubkess sebenarnya masih dapat ditambal dengan syarat pengerjaannya harus sesuai dengan aturan.

Viral :   Suzuki Katana 150, Legenda yang Lahir Kembali

Selanjutnya seperti yang kita ketahui bersaa bahawa kenadaraan bermotor saat ini sudah memakai ban tubless sebagai ban bawaannya. Penggunaan ban tubless juga memerlukan perawtan supaya ban tetap awet dan aman untuk berkedara. Nah bagi anda yang belum mengetahui bagaimana perawatan yang tepat pada an tubless, yuk simak ulaan selengkapnya di bawah ini!

  • Rutin melakukan pengecekan

Pertana yang perlu anda lakukan dengan rutin ialah mengecek ban tubless tersebut. Pengecekan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah sudah saatnya ban diganti? Atau apakah ban sudah gundul? Pengecekan ini penting demi menjaga performa dan keselamtan anda dalam perjalanan.

  • Periksa tekanan angin

Pastikan selalu bahwa tekanan angin dalam posisi yang sesuai, jangan sampai kurang angin sebab akan merusak ban. Dan jangan sampai tekanan angin terlalu tinggi sebab akan membuat perjalanan anda kurang nyaman karena merasa ngambang tidak menempel pada lintasan aspal. Biasanya dari pabrikan sudah menetapkan standar kebutuhan tekanan angin pada ban depan maupun ban belakang. Untuk motor matic dan motor bebek tekanan bannya ialah 28-30 psi (ban depan) dan 33-34 psi (ban belakang). Sedangkan untuk sepeda motor sport tekanan angin yang disarankan adalah 30 psi (ban depan) dan 34 psi (ban belakang). Hal ini sangat penting untuk diperhatikan dalam perawatan ban tubless karena erat kaitannya dengan usia ban tersebut.

  • Jangan gunakan cairan anti bocor

Perlu diketahui bahwa airan anti bocor yang berbentuk gel bisa berpotensi menyumbat pentil ban karena pemakaiananya yang melalui pentil. Jika tidak mengalir semua maka akan terjadi penyumbatan pada jalur pentil. Pada saat gel bekerja menambal, maka ia akan menjadi gumpalan serta berkumpul pada satu titik bocor tersebut. Hal inilah yang akan semakin membuat ban tubless kehilangan keseimbangan putarannya. Wujud cairan gel memang dapat mempengaruhi keseimbangan ban. Bukan hanyda dapt mempengaruhi kesimbangan ban, cairan anti bocor juga dapat merusak permukaan komponen pelek bagian dalam. Karena rat-rata cairan anti bocor berbentuk gel tersebut memiliki kandungan pH-nya yang dapat membuat pelek menjadi berkarat. Cairan yang satu ini biasanya banyak dijual di tempat-tempat penjualan ban. Dan kami sarankan untuk tidak menggunakan cairan ini.

  • Perhatikan ketika melepas penyebab kebocoran dan jangan biarkan kempes terlalu lama

Apabila ban tubless anda mengalami kebocoran, maka perhatikan saat melepasnya. Jangan sampai dilepas jika ban belum akan di tambal. Cabut atau lepaskan penyebab kebocoran ketika sudah di tempat tambal ban sehingga dapat langsung diperbaiki.

Jika ban tubless anda kempes maka janga dibiarkan terlalu lama apalgi jika tetap digunakan akrena hal ini bisa merusak ban yang akhirnya velg juga ikut rusak. Velg tisak dapat presisi lagi bentuknya dan yanga pasti tambah biaya lagi pada saat perbaikan atau bahkan ganti spare part baru.

  • Jangan bawa beban berlebihan

Memabawa beban berlebihan pada sebuah kendaraan akan merugikan anda sendiri. Selain itu, kendaraan bermotor terutama komponen ban juga akan mudah cepat rusak jika di pakai untuk membawa beban yang bukan kemamapuannya. Gunakanlah ban sesuai dengan petunjuk dengan mengacu pada load index serta speed symbol (panduan yang memberi informasi bagaiamna sebuah ban dapat menahan beban serta batas kecepatan maksimumag aman). Misalnya jika di bagian dinding ban tertulis kode 90/80-17 M/C 46S ini berarti load index ban tersebut ialah 46 yang artinya dapat menahan beban sampai 170 kg. Kemudian speed symbol ban tersebut kodenya S yang artinya ban dapat dipacu hingga batas kecepatan maksimum 180 km jika lewat dari batas kecepatan ini maka ban bisa pecah.