Inilah Kampas Rem Motor Yang cocok Untuk Motor Anda.

Salah satu aspek yang wajib diperhatikan bagi pemilik sepeda motor khususnya sepeda motor skuter matik adalah kampas rem motor yang merupakan bagian penting dari sistem pengereman yang menerima tekanan dan gesekan paling besar di setiap sepeda motor. Dikarenakan beban kerjanya yang berat, kampas rem wajib di cek secara berkala dan diganti secara rutin.

Memilih kampas rem bukanlah hal yang mudah saat ini, kita tau bahwa banyak sekali pilihan kampas rem di pasaran yang malah membuat anda semakin bingung untuk memilihnya. Hal ini hampir sama dengan kasus pemilihan rem cakram dan kaliper rem yang mana tidak adasolusi unieversal dalam pemilihannya. Maka dari itu sebelum anda ingin memilih dan membeli kampas rem, diusahakan anda sudah memahami betul kampas rem mana yang cocok dengan motor anda.

Kampas rem hadir hanya dalam 2 tipe saja :

1. Kampas Rem tipe Sintered

Terbuat dari bubuk – bubuk besi yang dipadatkan dengan proses sintering atau pemanasan hingga suhu sebelum titik didih membuat kampas rem sintered dibuat tanpa menggunakan perekat. Sedangkan untuk kwalitas gesekannya bergantung pada jenis bubuk besi yang digunakan. Bahan dasar kampas rem sintered ini yaitu cairan pelumas yang membuat performanya konsisten dan tahan guncangan, sedangkan bahan dasar abrasifnya berguna untuk menjaga rem cakram agar tetap bersih dan bisa membuang sisa sisa kotoran yang timbul dari karet rem.

2. Kampas Rem tipe Organic

Umumnya jenis kampas rem organic ini terdiri dari berbagai macam kampas rem yang pembuatannya tidak melalui proses pemanasan, seperti contoh kampas rem berbahan carbon – ceramic dan carbon – tech termasuk dalam kategori ini. Untuk medium perekannya kampas rem organic menggunakan resin, jenis ini juga memiliki kandungan pelumas dan abrasive agar performanya sama dengan kampas rem sintered.

Baca Juga  Cara Deteksi Kampas Rem Motor Sebelum Bunyi

Kenapa kita harus mempertimbangkan banyak hal tentang bahan dasar kampas rem ? Alasan utamanya adalah karena tiap tiap kampas rem dirancang dan diuji khusus untuk tipr motor tertentu. Selain bahan dasar kampas rem , kita wajib mengetahui kegunaan, kenyamanan dan stabilitas penggunaan kampas rem dalam kondisi tertentu. Kampas rem umumnya dibuat untuk jenis motor tertentu, dimana penggunaannya sangat diperhitungkan

Maka dari itu sebelum memilih dan membeli kampas rem, ada baiknya anda harus benar benar memikirkan kampas rem mana yang cocok buat motor anda. Mungkin anda sudah tak asing lagi degan kampas rem merk Brembo. Ya , merk ini merupakan merk piranti pengereman yang sudah tidak diragukan lagi, bahkan sekelas motogp pun biasa menggunakan brembo sebagai pirantin pengeremannya.

Berikut kampas rem merk brembo berdasarkan tipe motor

1. SKUTIK

Brembo menyediakan kampas rem khusus untuk skutik dengan jenis XS dan CC yang mana kampas rem ini memiiki daya tahan yang lama dan stabilitas tinggi. Kampas rem CC menggunakan material organik yang cocok untuk segala jenis skutik yang memiliki kapasitas mesin 50cc. Kampas rem jenis ini dianjurkan untuk motor yang sistem pengeremannya tidak wah, tetapi bertenaga dan awet.

Sedangkan untuk kampas rem XS memiliki jenis sitered yang dirancang khusus skutik-maxi atau bertenaga besar. Kampas rem satu ini memiliki kelebihan performa yang tinggi, universal dan awet walaupun terjadi gesekan sebesar 0,48 dalam suhu 50°C dan 0,5 dalam suhu 200°C sebelum kembali ke titik awal.

Perlu anda ingat dan perhatikan jangan sampai memilih kampas rem yang salah. Hal ini bisa membuat kwalitas kampas rem menjadi cepat aus dikarenakan kampas rem XS maupun CC memang dirancang khusus.

Baca Juga  Cara Deteksi Kampas Rem Motor Sebelum Bunyi

2. ROAD

Bagi anda yang suka mengendarai motor tetapi hanya dijalanan biasa, brambo menyediakan empat varian kampas rem. 3 jenis sintered yaitu SP, SA, LA dan 1 jenis organic yaitu CC. Khusus jenis CC organic hanya untuk ditujukan untuk motor jinak atau yang hanya memiliki kapasitas mesin kurang dri 400cc , karena pada motor dengan kapasitas mesin kurang dari 400cc tidak membutuhkan ribuan horsepower dan torsi, sehingga untuk sistem pengeremannya tidak perlu terlalu tangguh atau hebat. Selain itu kampas rem CC cocok untuk anda yang ingin pengeramnya lebih lembut dan normal.

Sedangkan untuk jenis kampas rem sintered , jenis SP adalah satu satunya kampas rem yang digunakan pada posisi belakang, untuk keunggalannya sendiri performa yang diberikan tetap konsisten dalam posisi rendah maupun tinggi. Sebaliknya untuk posisi depan terdapat dua jenis kampas rem sintered yaitu SA dan LA, kampas rem SA memiliki performa tertinggi untuk pemakaian di jalan raya. Bagi anda yang hobinya memacu motor dengan kecepatan tinggi, kampas rem ini wajib anda miliki karena nilai koefisien geseknya akan naik saat kampas rem ini mulai memanas. Namun bagi amda uang memiliki jiwa rider yang tidak terlalu agresif, kampas rem LA merupakan pilihan yang tepat dengan durasi pemakaian lama dan performa yang sangat bagus.

3. OFF-ROAD

Untuk motor jenis offroad tidak membutuhkan sistem pengereman yang tangguh karena motor ini tidak akan bisa mencengkram permukaan dengan baik. Sedangkan jenis kampas rem brembo yang ditawarkan untuk motor offroad ada 3 jenis yaitu SX, SD dan TT.

Kampas rem SX berjenis sintered yang cocok anda gunakan untuk racing karna sangat agresif dan tahan terhadap temperatur tinggi, sedangkan bagi anda yang ingin berada dalam dunia enduro, bisa menggunakan jenis SD dengan performa yang bagus.

Baca Juga  Cara Deteksi Kampas Rem Motor Sebelum Bunyi

Kampas rem TT merupakan kampas rem organic untuk sepeda offroad yang cocok digunakan dalam jarak tempuh dibandingkan kecepatan. Kampas rem TT ini berbahan semi metalic – carbon – ceramic yangmampu bekerja sangat baik dipermukaan kering maupun basah

4. RACING​

Jenis kampas rem yang terakhir adalah kampas rem racing yang penggunaan materialnya menggunakan gaya gesek tinggi dan performa yang konsisten, terutama dalam suhu cakram yang tinggi.

Berbeda dengan kampas rem LA dan SA, kampas rem jenis racing ini memiliki koefisien yang tinggi dengan meningkatnya suhu kerja. Jenis kampas rem RC organic adalah kampas rem yang paling tangguh dari grup racing ini. Koefisien gesekan yang ditimbulkan saat panas membuat motor ini menjadi lebih powerful dan stabil saat mengerem.

Selanjutnya kampas rem jenis SC yang berada satu tingkat dibawah kampas rem RC ini dibuat khusus untuk rem depan, dikarenakan pada rem belakang tidak terlalu membuthkan sistem pengereman yang kuat. Kampas rem SC bekerja dengan sangat stabil dalam kondisi apapun, sedangkan untuk koefisien gesek nya, kampas rem SC akan tetap sama walaupun meningkatnya pertambahan suhu.

Ada satu lagi kampas rem tipe racing yang disediakan oleh brembo yait kampas rem racing Z04 yang sering digunakan pada kejuaran dunia superbike dan kejuaran supersport. Untuk performa dari kampas rem ini diciptakan memang untuk ajang balapan karena dapat memberikan performa maksimum dikondisi ekstrim sekalipun. Kontrol pengereman yang lebih besar dan stabil serta tahan terhadap temperatur tinggi cukup awet digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *