Teknik Dasar Mengendarai Motor Trail Bagi Pemula

Dari beragam jenis sepeda motor yang ada di indonesia saat ini, bisa dibilang mengendarai motor trail adalah yang paling sulit untuk dikendarai. Hal ini bisa terjadi dikarenakan motor dengan jenis ini memiliki ground clearence atau jarak pijak ketanah yang tinggi, sehingga membuat tidak semua orang bisa menapakan kedua kaki ke tanah secara sempurna. Maka dari itu, untuk mengendarai motor trail dengan benar ada beberapa teknik khusus, sehingga kesimbangan pengendara bisa tetap terjaga dengan baik saat mengendarai motor trail.

Saat anda mengendarai motor trail dan akan menaikinya, anda dapat melakukan posisi standar tetap miring terlebih dulu dan dilanjutkan dengan kaki kiri langsung menginjak step. Setelah itu barulah badan dalam posisi berdiri sama seperti halnya ketika naik anak tangga dan dilanjutkan dengan kaki kanan digunakan untuk melangkahi jok sampai menapak pada step sebelah kanan.

Viral :   Pasang Knalpot Supra X 125 agar Motor Makin Bergaya

Saat mengendarai motor trail sendirian, pastikan posisi duduk anda berada tepat dibagian tengah. Hal ini dikarenakan titik berat yang ada pada motor trail berada dibagian tersebut. Jika anda duduk diposisi yang benar maka keseimbangan akan lebih terjaga.

Lantas, jika anda akan melewati jalan berbatu, atau jalan yang permukaannya tidak mulus, sangat disarankan untuk mengendarainya sambil berdiri. Teknik ini perlu dilakukan sebab saat anda mengendarai motor trail dengan melewati jalan yang tidak mulus, maka titik berat dari motor ini juga berada pada kaki anda. Jika anda tetap duduk saja, maka badan akan terombang-ambing, yang pastinya akan membuat anda tidak nyaman saat mengendarainya.

Viral :   Perbandingan Motor Sport CBR150 R dengan GSX R150

Saat anda mengendarai motor trail ada kondisi tertentu agar anda diharuskan untuk merubah posisi duduk, seperti saat akan melewati jalan menanjak, posisikan badan harus lebih condong kedepan untuk mempermudah kerja motor dan sebaliknya saat melewati jalan menurun, posisikan badan agar condong kebelakang.

Ketika anda ingin berhenti dimanapun dianjurkan memilih permukaan yang rata agar motor tetap seimbang, dan posisikan gearbox pada gigi 1 lalu tarik tuas kopling agar motor tidak mati sehingga saat ingin jalan kembali bisa lebih mudah.

Satu hal yang mungkin perlu anda lakukan sebelum mengendarai motor trail adalah pilihlah motor yang tepat dan masih dalam kondisi baik, terutama pada segi mesin dan speknya. Hal ini sangat penting karena ketika digunakan tak akan bermasalah.