Electric Starter Motor Mati? Coba Cek Komponen Berikut

Kemudahan dalam mengoperasikan motor memang sangat bergantung pada bagian starter motor. Di era modern saat ini memang sedikit aneh jika melihat motor tidak memiliki komponen tersebut.

Menyalakan kuda besi pun akan jauh lebih mudah karena hanya dalam sekali tekan. Jika bagian tersebut mati, tentunya menjadi kendala tersendiri.

Biasanya komponen starter yang ngadat ini disebabkan karena beberapa faktor. Umumnya orang-orang akan langsung mengarahkan tersangkanya pada aki kendaraan. Padahal ada beberapa faktor lain yang mempengaruhinya. Nah ini dia beberapa komponen yang harus dicek jika electric starter motor mati.

Komponen yang Berkaitan dengan Electric Starter Motor

Banyak hal yang bisa menyebabkan bagian satu ini tidak berfungsi. Jangan langsung menyalakan aki jika terjadi kerusakan pada komponen kendaraan ini. Cek beberapa komponen berikut ini sehingga perbaikannya lebih efektif. Biaya yang terkuras pun diharapkan jauh lebih hemat.

  1. Switch Starter

Komponen pertama yang harus Anda cek adalah switch starter. Komponen satu ini berguna sebagai saklar elektromagnetik. Saklar tersebut nantinya akan memutus serta menyambung arus listrik. Jika bagian starter elektrik motor mati, sebaiknya cek bagian satu ini terlebih dahulu.

Bisa jadi putus atau rusak sehingga akan mempengaruhi penyambungan arus listrik pada motor. Pastikan komponen tersebut benar-benar berfungsi secara sempurna. Untuk mengeceknya, ada cara mudah yang bisa Anda coba.

Viral :   Skutik Premium Honda Vario 160 Resmi Meluncur

Sambungkan kabel antara switch dan starter. Apabila terdengar bunyi seperti cekrek atau tidak berfungsi, berarti komponen satu ini rusak. Anda perlu memperbaikinya secepat mungkin serta membersihkannya.

  1. Bendik

Selain itu switch starter, ada juga komponen bendik. Bendik bermanfaat sebagai pemicu aliran listrik. Aliran yang dipicu ini kemudian diumpankan ke bagian dinamo. Jika bendiknya rusak, tentu saja arus listrik pada kendaraan bermotor Anda tidak bisa melewati bagian dinamo. Pada akhirnya mesin tidak bisa menyala.

Untuk memastikan terjadinya kerusakan pada bendik, sebaiknya dengarkan suara pada komponen satu ini. Apabila switch yang ditekan tidak direspon secara baik oleh bendik, berarti memang komponen tersebut mengalami kerusakan. Segera datangi tempat servis untuk melakukan penggantian.

  1. Dinamo Starter

Sebenarnya kerusakan pada bagian dinamo starter cukup langka. Bagian ini merupakan komponen yang tergolong aman. Adanya kerusakan pada dinamo ini memang sangat berpengaruh pada electric starter motor. Biasanya penyebab utamanya adalah arang atau brush yang kumparannya gosong.

Untuk mengecek komponen ini, Anda bisa melakukannya dengan beberapa cara. Apabila bendik bereaksi ketika switch ditekan atau dalam posisi on, berarti kerusakan memang terjadi pada bagian dinamo starter. Anda bisa langsung menggantinya melalui bengkel servis ternama.

  1. Aki
Viral :   Tips Pilih Lampu LED Motor Berkualitas dan Nyaman

Jika pengecekan seluruh komponen sudah selesai ternyata tidak terdapat kerusakan, berarti penyebab utama masalah satu ini ada pada bagian aki. Aki yang sudah soak ini memang berpengaruh pada proses starter. Anda harus memastikannya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggantinya.

Caranya gunakan aki lain yang masih bagus untuk memancing. Apabila aki sudah soak, solusi paling bagus adalah membeli yang baru jika menggunakan jenis kering. Jika aki basah yang digunakan pada motor, cukup dengan mengganti cairannya kemudian setrum kembali.

Aki motor memang harus rajin dipantau kondisinya. Komponen satu ini sangat berkaitan dengan sistem kelistrikan pada kendaraan. Jika memang usianya sudah cukup lama, sebaiknya periksa dan ganti jika ada yang harus diganti. Jangan sampai kerusakannya akan berpengaruh lebih besar pada kuda besi kesayangan Anda.

Memang kerusakan pada electric starter motor cukup kompleks penyebabnya. Jangan terburu-buru ambil kesimpulan terlebih dahulu. Pastikan komponen-komponen pendukungnya sudah Anda periksa agar penanganannya lebih tepat dan budget perawatan efisien.