Velg Rossi Produk Lokal Berstandar Internasional

Bagi pecinta modifikasi sepeda motor, Velg Rossi mungkin sudah bukan nama yang asing lagi. Terlebih bagi pecinta modifikasi sepeda motor pada era 1990 akhir hingga 2000 awal. Pasalnya, velg ini hadir di pasar komponen sepeda motor dengan kualitas yang bagus tapi memiliki harga yang terjangkau.

Bukan hanya masalah kualitas dan harga saja yang membuat velg ini begitu populer. Penyebab lain velg ini populer adalah karena velg ini merupakan produk asli buatan Indonesia yang bertempat di daerah Balaraja dan Cikupa. Pada waktu itu, velg yang beredar di pasaran didominasi oleh velg luar negeri.

Velg Rossi Produk Lokal Berstandar Internasional

Velg Rossi merupakan salah satu komponen sepeda motor yang diproduksi oleh Batavia Alumindo. Selain velg, perusahaan tersebut juga memproduksi komponen sepeda motor lainnya dengan merk Rossi.

Perusahaan yang berpusat di Jakarta ini sudah berdiri sejak 1992. Sampai sekarang, perusahaan ini sudah menjual lebih dari satu juta velg untuk pasar Indonesia saja.

Di Indonesia sendiri, velg ini sudah memiliki sertifikat SNI sehingga secara kualitas sudah dijamin setara dengan produk pabrikan. Selain itu, perusahaan ini juga sudah mengantongi sertifikat IS9001 sehingga sudah terjamin standar internal control untuk semua produk yang dibuatnya.

Viral :   Fungsi Lampu Tembak Motor yang Kurang Dipahami

Karenanya, sangat wajar jika produk perusahaan ini disebut memiliki kualitas setara pabrikan internasional.

Untuk menjaga kualitas produk mereka, perusahaan ini memiliki laboratorium velg supaya bisa terus berinovasi dalam menciptakan velg berkualitas. Proses produksi mereka juga sudah mengadopsi standarisasi negara Jepang yang ketat.

Meskipun begitu, produsen yang satu ini tidak memasang harga yang terlampau tinggi untuk produk mereka.

Kesuksesan perusahaan ini bisa dilihat dari banyaknya jaringan dan distribusi yang mereka miliki di seluruh Indonesia. Bahkan, produk perusahaan ini sudah menjamah pasar luar negeri, seperti Malaysia, Vietnam dan Filipina. Ke depannya, mungkin perusahaan ini akan merambah pasar yang lebih luas lagi.

Kualitas Velg Rossi dan Cara Merawatnya

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk dapat mengukur sebuah velg memiliki kualitas atau tidak. Namun, dalam memilih velg, kita tetap harus melihat dlterlebih dahulu kebutuhan kita. Percuma memilih velg yang berkualitas luar biasa, tetapi velg tersebut tidak kompatibel dengan sepeda motor yang  dimiliki.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih velg yang sesuai ukuran ban dan motor karena ukuran velg ini juga berpengaruh dengan kenyamanan dan keamanan ketika berkendara. Memilih velg dengan ukuran yang kurang pas akan membuat kendali motor menjadi kurang stabil dan bisa membahayakan pengendara.

Viral :   Fungsi CDI Motor dan Komponennya

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan dalam memilih velg yang pas adalah dengan mempertimbangkan bahan material pembuat velg. Material ini nantinya akan berpengaruh dengan ketahanan velg sendiri.

Pada umumnya, velg dibuat dari bahan alumunium, besi, dan cast wheel. Velg buatan Batavia Alumindo ini menyediakan berbagai ukuran dan berbagai bahan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Jika sudah mendapatkan velg yang cocok, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah merawatnya dengan baik. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk merawat velg supaya tahan lama dan tidak rusak.

Yang pertama adalah menjaga kebersihan velg dengan cara rutin mengelap atau mencucinya. Yang kedua adalah menghindari jalan berlubang supaya velg lebih awet.

Cara merawat velg yang terakhir adalah dengan cara menjaga tekanan udara pada ban. Tekanan udara yang pas, akan melindungi velg dari benturan yang terjadi ketika berkendara.

Jika kurang dijaga, velg berkualitas seperti Velg Rossi pun tidak akan awet dan tahan lama.