Cara Merawat Motor Sport Ducati Monster Agar Selalu Prima

Saat ini, memiliki motor bukan hanya untuk alat transportasi saja, tetapi juga untuk memenuhi gaya hidup. Memiliki motor sport juga dapat meningkatkan status sosial karena harganya yang cukup mahal. Ya, memiliki motor sport seperti Ducati Monster berarti harus siap mengeluarkan lebih banyak uang dan tenaga untuk merawatnya.

Namun, faktanya, banyak para pecinta otomotif yang menjadikan motor sport sebagai barang koleksi, tak peduli berapa pun harganya. Semakin berkembangnya industri otomotif dan banyaknya merek motor sport yang bermunculan, produsen motor saling berlomba menciptakan motor sport dengan spesifikasi tinggi dan performa tangguh.

Apakah Anda berniat memilikinya sebagai motor andalan? Kenali dulu jenis dan spesifikasinya.

Ducati Monster Generasi Baru

Motor ikonik asal Italia ini adalah naked bike yang hadir menggantikan generasi sebelumnya yakni Ducati Monster 821 dan Monster 797. Ducati memutuskan menyederhanakan namanya menjadi Monster saja. Ducati generasi baru ini dirubah cukup drastis dari generasi sebelumnya tetapi untuk tampilan menjadi semakin modern.

Perubahan yang dilakukan adalah dengan menghilangkan komponen khas seperti rangka trellis dan single-sided swing arm. Namun keberadaan beberapa komponen tetap dipertahankan seperti lampu depan berbentuk oval, fairing telanjang, hingga dua knalpot di sisi kanan.

Pada generasi terbaru, Ducati menerapkan mesin Desmodromic Testastretta 11 derajat, 2-silinder, berkapasitas 937 cc. Tenaga dan torsi mesin pun meningkat yakni, menghasilkan tenaga maksimum hingga 110 tk dan torsi maksimum mencapai 93 Nm dan juga sudah lolos uji emisi Euro 5.

Viral :   Kehadiran dan Penggunaan Motor Listrik Suzuki di Indonesia

Selain itu, Ducati juga memangkas cukup banyak, di antaranya penggunaan rangka depan yang sama dengan motor superbike Panigale V4, subframe dari glass fiber reinforced polymer (GFRP), sampai swing arm dan peleknya sehingga bobotnya menjadi 180 kg.

Meskipun begitu, motor ini tetap memberikan fitur dan teknologi super canggih. Untuk model standar, kendaraan ini dihargai sekitar Rp168 juta dan untuk Monster+ dihargai sekitar Rp172 juta.

Tips Merawat Motor Sport

Merawat motor sport tentu saja tidak mudah, terlebih pada bagian mesinnya yang harus ditangani oleh ahlinya. Namun, untuk komponen sederhana, perawatan bisa dilakukan sendiri agar motor selalu dalam kondisi prima. Berikut cara merawat motor sport agar lebih awet dan tetap prima.

  1. Hidupkan Mesin Motor Setiap Hari

Pertama, hal mudah yang dapat dilakukan adalah menghidupkan mesin motor Ducati Monster setiap hari. Meskipun motor jarang dipakai, baiknya panaskan mesin maksimal 15 menit secara rutin. Hal tersebut bertujuan agar mesin tidak berkarat dan mencegah rusaknya komponen lain pada motor.

  1. Cek Oli Mesin
Viral :   Fungsi Filter Karburator Motor dan Tanda Kerusakannya

Oli sangat penting untuk melumasi seluruh bagian mesin agar tetap bersih dan tidak mudah berkarat. Karena itu, lakukan pengecekan apakah oli masih tinggi atau sudah rendah.

Oli dapat diganti 1 sampai 2 bulan sekali tergantung sering atau tidaknya penggunaan motor. Namun, alangkah baiknya mengganti oli sebulan sekali agar kondisi mesin lebih awet.

  1. Service Secara Rutin

Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah motor dalam keadaan baik atau tidak, apa saja yang memerlukan perawatan, dan komponen apa yang perlu diganti. Anda harus service di bengkel resmi atau bengkel yang benar-benar mengetahui tentang motor sport.

  1. Perhatikan Kondisi Ban dan Rantai

Kedua komponen tersebut memiliki peranan sangat penting, terutama bagian ban yang menjadi tumpuan terakhir di setiap motor. Rantai juga harus dirawat dengan melumasi rantai menggunakan pelumas khusus serta pastikan rantai masih kencang atau sudah kendor. Bila sudah waktunya diganti, gantilah dengan yang orisinal.

Itulah beberapa tips untuk merawat motor sport agar tetap terjaga dan prima. Semoga tips diatas dapat berguna terutama untuk para pecinta otomotif yang memiliki motor sport. Bila Anda ingin membeli motor sport macam Ducati Monster, sebaiknya ketahui dulu spesifikasinya apakah sesuai dengan yang Anda inginkan atau tidak.