Begini Cara dan Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor

Contoh surat kuasa pengambilan BPKB motor akan dapat membantu Anda yang berhalangan mengambilnya sendiri dan perlu meminta bantuan orang lain.

BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor sendiri merupakan dokumen penting sebagai bukti kepemilikan yang sah terhadap kendaraan bermotor. Jadi, keberadaannya amat penting untuk Anda. Selain sebagai bukti, BPKB juga digunakan untuk penggantian plat 5 tahunan.

Jika Anda membeli sepeda motor di dealer, kebutuhan pembuatannya sudah disiapkan pihak dealer. Anda tinggal menunggu dan beberapa hari kemudian, BPKB sudah bisa diambil.

Pada dasarnya, pengambilan BPKB haruslah pemiliknya sendiri. Namun begitu, jika Anda berhalangan saat tiba waktunya, pengambilan dapat diwakilkan oleh orang lain, tetapi harus dengan membawa surat kuasa pengambilan BPKB motor yang sah.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor

Cara membuat surat pengambilan BPKB Motor pada dasarnya amatlah mudah dan sederhana. Namun begitu, ternyata masih banyak orang yang bingung bagaimana cara membuatnya.

Untuk membuat surat kuasa yang tepat dan benar, harus ada beberapa informasi wajib yang disertakan. Semua informasi ini nanti akan ada di contoh surat kuasa pengambilan BPKB motor.

  1. Syarat Pengambilan BPKB Motor

Untuk dapat mengambil BPKB motor, terdapat beberapa syarat yang harus terpenuhi. Jika mengambilnya sendiri, Anda hanya perlu membawa KTP dan bukti pembayaran. Namun begitu, pengambilan ini dapat dikuasakan atau diwakili orang lain.

Viral :   Kelebihan dan Kekurangan Ban Motor Maxxis

Syarat pengambilan BPKB yang dikuasakan yaitu membawa surat kuasa yang sah, fotokopi KTP pemberi kuasa, KTP penerima kuasa, dan bukti pembelian.

  1. Pemberi Kuasa

Anda yang berperan sebagai pemberi kuasa pengambilan BPKB motor harus memberikan informasi yang lengkap pada surat tersebut. Pemberi kuasa adalah pemilik sebenarnya dari motor yang dibeli. Informasi yang harus ada pada surat tersebut antara lain nama, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan alamat Anda.

  1. Penerima Kuasa

Penerima kuasa merupakan orang lain yang Anda mintai bantuan untuk mengambil BPKB motor. Untuk dapat mengambilnya maka orang tersebut harus membawa surat kuasa yang menerangkan bahwa dia mewakili Anda.

Oleh karena itu, informasi lengkap penerima kuasa ini juga harus ada pada surat kuasa. Informasi yang harus ada antara lain nama, NIK, dan alamat.

  1. Informasi Motor

Informasi motor juga penting Anda sertakan pada surat kuasa tersebut sehingga pihak pemberi BPKB nantinya dapat mengetahui dengan jelas mana kendaraan milik Anda. Informasi motor yang harus Anda sertakan pada surat kuasa antara lain jenis, nomor, warna kendaraan, nomor mesin, dan lain sebagainya.

Viral :   Stang Motor Tidak Stabil Disebabkan Oleh Hal Ini

Ketiga informasi di atas harus disertakan semua pada surat kuasa sebagai keterangan untuk mempermudah saat pengambilan BPKB. Jangan lupa untuk memberikan materai yang cukup agar memiliki kedudukan hukum yang kuat. Contoh surat kuasa pengambilan BPKB motor dapat Anda lihat berikut.

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama             :

NIK                 :

Alamat            :

Selanjutnya disebut Pemberi Kuasa.

Memberikan kuasa kepada:

Nama             :

NIK                 :

Alamat            :

Selanjutnya disebut Penerima Kuasa.

Untuk mengambil BPKB motor atas nama Pemberi Kuasa dengan rincian kendaraan:

Jenis kendaraan      :

Nomor kendaraan    :

Warna kendaraan    :

Nomor mesin                        :

CC mesin motor       :

Nomor polisi              :

Nomor rangka           :

Tahun keluar                        :

Demikian surat kuasa ini dibuat tanpa ada paksaan dari siapa pun dan untuk dapat digunakan semestinya. Atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

Kota, tanggal bulan dan tahun

Pemberi Kuasa,                                                                   Penerima Kuasa,

 

Tanda Tangan                                                                      Tanda Tangan

 

(Nama terang)                                                                      (Nama terang)

Contoh surat kuasa pengambilan BPKB motor di atas adalah contoh sederhana yang masih dapat Anda tambahkan informasi sesuai dengan kebutuhan. Surat ini sudah dapat menjadi wakil yang sah untuk mengambil BPKB motor Anda.