Bocor pada Knalpot Vixion Jangan Dibiarkan Terus-terusan, Bahaya

Secara teknis, knalpot, termasuk knalpot Vixion, merupakan bagian dari motor yang berfungsi sebagai saluran pembuangan sisa hasil pembakaran yang terjadi di dalam mesin.

Bayangkan saja jika motor tidak memiliki knalpot, gas sisa akan langsung keluar tanpa halangan. Hal tersebut akan menimbulkan suara dari gas hasil pembakaran menjadi bising dan aneh.

Selain berfungsi secara teknis, knalpot menambah estetika sebuah motor. Lalu bagaimana jika knalpot bocor? Apakah harus langsung menggantinya. Sebelum itu, ketahui dulu bagaimana cara mengetahui knalpot yang bocor.

Cara Mengetahui Knalpot Bocor

Kebocoran pada knalpot biasanya terjadi pada leher atau packing knalpot. Untuk memperbaikinya, Anda harus mengetahui dimana letak kebocoran nya. Setelah itu, baru knalpot bisa diperbaiki.

Tidak memerlukan peralatan canggih untuk mendeteksi apakah knalpot motor Anda mengalami kebocoran. Cukup lakukan dengan dua cara ini. Pertama, coba dengarkan suara knalpot Vixion saat selongsong gas dinormalkan. Apabila terdengar suara menembak pada knalpot, maka itu berarti knalpot motor mengalami kebocoran.

Cara kedua adalah dengan menutup lubang knalpot. Saat motor dinyalakan coba tutup lubang knalpot dan dengarkan apakah terdapat suara desisan atau tidak. Apabila terdengar desisan, itu tandanya knalpot dalam keadaan tidak baiki alias bocor. Jika sudah terdengar suara semacam itu segeralah perbaiki knalpot Anda.

Viral :   Harga Lampu LED Motor dan Keuntungan Menggunakannya

Bahaya yang Ditimbulkan Akibat Kebocoran pada Knalpot Vixion

Bocornya sistem pembuangan gas sisa pembakaran dari mesin motor, akan menyebabkan performa motor tersebut menurun. Tak hanya itu, kebocoran pada knalpot juga berpengaruh terhadap kesehatan manusia.

Maka dari itu, perhatikan keadaan dan kesehatan knalpot motor Anda, bila dirasa ada yang tidak beres segeralah diperbaiki. Berikut bahaya yang ditimbulkan akibat kebocoran pada knalpot.

  1. Suara Knalpot Menjadi Bising

Apabila saluran pembuangan gas sisa pembakaran mengalami kebocoran, akan menimbulkan suara bising yang sungguh memekakkan telinga.

Hal tersebut terjadi karena kebocoran pada knalpot menyebabkan suara yang dihasilkan tidak disaring. Jika sudah seperti ini,. jangan dibiarkan karena akan menurunkan performa motor.

  1. Panas Berlebihan atau Oveheat Mesin

Kebocoran pada knalpot tidak selalu disebabkan oleh faktor luar, bisa jadi karena faktor dalam seperti umur knalpot yang mungkin sudah lama. Jika kebocoran tidak segera diperbaiki atau diganti, akan berpengaruh terhadap performa mesin dan kerusakan akan semakin parah.

Pada knalpot bocor, sirkulasi pada pendinginan menjadi tidak stabil yang nantinya akan berdampak pada kekuatan mesin. Karena hal tersebut, mesin yang seharusnya bekerja dengan normal akan menjadi lebih berat dan panas atau overheat.

  1. Boros Terhadap Bahan Bakar
Viral :   Pahami Tanda tanda Kiprok Motor Rusak

Salah satu akibat kebocoran pada knalpot Vixion adalah konsumsi terhadap bahan bakar menjadi boros. Hal ini bisa terjadi karena ketika sisa bahan bakar yang dibakar ikut keluar bersama dengan gas buang.

  1. Pembakaran Tidak Maksimal

Knalpot bocor akan mengganggu proses pembuangan gas. Gangguan tersebut terjadi karena campuran bahan bakar dan udara tidak optimal. Hal ini akan menyebabkan mesin motor bekerja tidak optimal.

  1. Mengganggu Kesehatan

Bocornya knalpot berdampak buruk terhadap kesehatan, bahkan dapat merusak organ tubuh seperti paru-paru dan jantung. Bahkan bisa menyebabkan kanker. Hal itu terjadi karena dalam gas buang hasil pembakaran mengandung senyawa kimia seperti karbon dioksida, benzene, ozone dan formaldehyde yang tidak baik jika dihirup.

Kebocoran pada knalpot Vixion akan mengganggu kenyamanan saat berkendara. Bahkan yang lebih mengerikan adalah bisa sangat berbahaya untuk kesehatan. Oleh karena itu, jangan pernah mengabaikan kerusakan pada knalpot motor.

Kata Pencarianjangan suara bising kelnelpot motor vixion,reparasi knalpot vixion old