Penyebab dan Cara Mengatasi Kebocoran Pada Knalpot Vario 150

Knalpot yang bocor sering kali membuat kinerja mesin menjadi tidak optimal dan memicu munculnya suara bising dari knalpot. Bocor pada knalpot, termasuk pada knalpot Vario 150 biasanya muncul dari bagian kepala knalpot yang menempel ke kepala silinder. Hal ini biasanya terjadi karena packing knalpot sudah mulai aus.

Penyebab Kebocoran Pada Knalpot Vario 150

Selain terjadinya kerusakan pada salah satu komponen di knalpot, kebocoran juga dapat terjadi karena kelalaian terhadap perawatan dan penjagaan kebersihan knalpot. Jika sudah seperti itu, hal pertama yang mungkin dilakukan adalah membawanya ke bengkel untuk diperbaiki. Berikut penyebab kebocoran pada knalpot motor.

  1. Terdapat Karat pada Knalpot

Karat yang menempel merupakan salah satu penyebab kebocoran pada knalpot Vario 150. Karat biasanya muncul karena motor habis kehujanan dan tidak segera dikeringkan.

Bisa juga karena kotoran yang menempel pada knalpot bercampur dengan air dan menempel terlalu lama yang nantinya menyebabkan korosi.

  1. Terdapat Endapan Air

Selain karena karat yang menempel pada bagian knalpot, endapan air yang ada di dalam exhaust pipe juga dapat menyebabkan kebocoran pada knalpot. Endapan air ini bisa berasal dari air hujan atau air sisa saat memandikan motor. Jika endapan air tidak segera dibersihkan, knalpot bisa berlubang.

  1. Sistem Kondensasi
Viral :   Honda CBR1000RR-R, Supersport dengan Harga Fantastis

Kondensasi adalah perbedaan suhu di luar dan di dalam knalpot. Kondensasi merupakan salah satu penyebab karat yang selanjutnya bisa membuat knalpot berlubang bahkan bocor.

  1. Modifikasi

Penyebab yang paling sering terjadi yakni modifikasi terhadap kendaraan. Saat melakukan modifikasi, bagian knalpot pasti tidak luput untuk diganti. Pergantian terhadap exhaust system inilah yang acap kali memicu bocornya knalpot.

Cara Mengatasi Kebocoran pada Knalpot Vario 150

Sudah jelas, bukan apa-apa saja yang dapat menyebabkan kebocoran pada knalpot. Lalu bagaimana jika tiba-tiba knalpot motor Anda mengalami kebocoran. Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kebocoran pada knalpot tanpa harus dibawa ke bengkel.

  1. Menggunakan Lem

Untuk menambal kebocoran pada knalpot, Anda bisa menggunakan lem. Tentu saja lem yang tahan terhadap suhu tinggi seperti, lem besi, lem semen, dan lem sealer. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengoleskan lem pada bagian yang bocor satu sampai tiga lapis.

  1. Mengganti Packing Knalpot

Packing knalpot yang mulai aus menjadi penyebab bocornya knalpot motor. Jika dirasa packing knalpot Anda mulai tidak beres, segera ganti saja. Anda disarankan untuk menggunakan packing double yang terbuat dari bahan alumunium agar cukup kuat.

  1. Menggunakan Bungkus Rokok atau Alumunium Foil
Viral :   Pencinta Matic? Ketahui Spesifikasi Honda BeAt 2020

Bungkus rokok yang dimaksud yakni bagian dalam kemasan rokok atau grenjeng. Cukup tempelkan bungkus rokok menggunakan lem ke bagian yang bocor. Aluminum foil merupakan benda yang tahan terhadap panas, jadi cocok untuk menambal knalpot yang bocor.

  1. Menggunakan Plastik Steel

Untuk menggunakannya Anda perlu mencampurkan dua bagian plastik steel yang biasanya berwarna hitam dan putih. Kemudian oleskan ke seluruh bagian knalpot yang bocor.

  1. Menggunakan Las Knalpot

Salah satu cara yang efisien untuk menambal knalpot bocor adalah dengan cara mengelas knalpot. Las yang digunakan adalah las khusus knalpot. Jika tidak memilikinya di rumah, Anda bisa pergi ke bengkel.

Itu dia penyebab dan cara untuk mengatasi knalpot yang bocor. Apabila knalpot Anda bocor, segera perbaiki agar tidak mengganggu kenyamanan saat berkendara. Jangan lupa untuk selalu merawat knalpot Vario 150 Anda dengan baik.

Kata Pencariancara service knalpot vario,Kenalpot vario suara bocor