Keluar Asap pada Knalpot Vario 125, Ketahui Penyebabnya

Motor yang sehat seharusnya tak mengeluarkan mengeluarkan asap dari knalpotnya. Jika knalpot Vario 125 mengeluarkan asap putih, itu artinya ada motor sedang dalam masalah.

Asap hasil pembakaran mesin yang keluar melalui knalpot motor seharusnya tidak berwarna. Biasanya hal ini terjadi karena kebocoran oli yang tempatnya bisa dimana saja.

Bahaya Asap Knalpot untuk Kesehatan

Berbagai macam zat kimia terkandung dalam asap yang keluar dari knalpot. Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa menghirup udara yang sudah terkontaminasi asap knalpot dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Karbon adalah salah satu partikel yang terkandung dalam asap knalpot. Zat ini berasal dari pembakaran bahan bakar yang digunakan kendaraan.

Selain gas hitam, asap yang keluar dari knalpot mengandung karsinogen atau zat penyebab kanker dan juga karbon monoksida yang akan sangat berbahaya jika dihirup manusia.

Asap knalpot yang dihirup dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan penyakit pernapasan seperti paru-paru dan asma. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa asap knalpot dapat menyebabkan stroke dan cacat dari lahir.

Penyebab Knalpot Vario 125 Mengeluarkan Asap Putih

Ketika motor menjadi berasap dan mesin ngebul, itu artinya terdapat beberapa komponen yang bermasalah. Bisa jadi karena telah terjadi kebocoran di beberapa komponen yang berakibat knalpot Vario 125 mengeluarkan asap putih.

Jika hal seperti ini terjadi maka Anda harus mengecek secara menyeluruh pada motor. Berikut ini beberapa penyebab knalpot mengeluarkan asap.

  1. Penggunaan Oli yang Encer
Viral :   Yamaha Mio S, Skutik untuk Wanita Dilengkapi Fitur Unggulan

Penggunaan oli yang terlalu encer dapat menyebabkan mesin ngebul. Oleh karena itu Anda harus memastikan oli yang digunakan sudah memenuhi standard SAE atau belum.

SAE merupakan badan Internasional yang mengeluarkan standar kekentalan oli. Oli yang terlalu encer akan berpotensi memasuki celah kecil pada mesin motor. Akibatnya knalpot motor akan mengeluarkan asap putih.

  1. Bagian Ring Piston Aus

Ketika ring piston aus berarti sudah tidak dalam keadaan prima, yang menyebabkan knalpot mengeluarkan asap putih. Terdapat dua jenis ring yakni ring kompresi dan ring oli.

Jika kedua ring ini mengalami masalah, oli akan dengan mudah masuk ke ruang pembakaran. Apabila kondisi ini dibiarkan, mesin motor akan melemah dan harus segera mengganti satu set ring piston

  1. Kerusakan Pada Seal Klep

Penyebab mesin ngebul selanjutnya adalah klep bermasalah yang selanjutnya membuat knalpot Vario 125 mengeluarkan asap putih. Seal klep adalah komponen pemisah antara ruang head silinder dengan payung klep.

Seal klep sewaktu-waktu bisa robek dan akan memudahkan oli masuk ke ruang bakar. Akibatnya, oli ikut terbakar bersama mesin. Hal inilah yang menyebabkan knalpot mengeluarkan asap putih. Seal klep bisa robek karena faktor pemakaian ataupun kualitas seal klep yang kurang baik.

  1. Blok Silinder Baret
Viral :   Modifikasi Motor Beat FI yang Simpel tapi Keren

Penyebab selanjutnya yakni karena bagian blok silinder telah baret. Ketika ada baret pada blok silinder, oli bisa merembes melalui celah bawah menuju ruang bakar. Baretnya silinder bisa disebabkan kualitas pelumas yang buruk.

  1. Packing Kepala Silinder Rusak

Komponen ini berada di tengah sambungan blok dan kepala silinder. Fungsi adalah untuk merapatkan jalur oli dari bak menuju kepala silinder. Ketika komponen ini rusak, oli mengalir keluar jalur yang apabila dibiarkan akan menuju ruang pembakaran. Pada saat itulah knalpot akan mengeluarkan asap putih.

Itulah penyebab knalpot motor mengeluarkan asap putih. Jika knalpot Vario 125 milik Anda mengalami hal seperti itu, segera periksa menyeluruh apakah ada komponen yang bermasalah. Jangan dibiarkan terus-terusan karena akan berakibat buruk pada performa motor.

Kata Pencarianakibat knalpot motor matic ngebul,knalpot vario keluar asap putih,Motor vario 125 fi cbs knalpot keluar asap,motor vario 126 keluat asap dr knalpot,motor vario berasap,motor vario ngebul,Penyakit motor honda ngasap,penyebab honda vario 125 berasap sudah naik os 25,penyebab honda vario 125 knalpot banyak oli habis di os,penyebab knalpot vario 125 tahun 2014 mengeluarkan asap,Penyebab motor vario ber,penyebab vario 150 berasap,penyebab vario ngebul,sebab knalpot vario 125 esp keluar asap