Bengkel Knalpot Motor Terdekat Untuk Atasi Knalpot Meledak

Knalpot memang komponen yang penting bagi motor. Umumnya, perawatan knalpot motor juga tidak sulit. Anda hanya perlu membersihkan serta mengecek secara rutin. Dan apabila terdapat masalah serius maka segera bawa motor Anda ke bengkel knalpot motor terdekat.

Masalah knalpot motor ini juga sering terjadi apabila Anda gemar memodifikasi motor Anda. Tidak jarang orang suka memodifikasi bagian motor agar mengeluarkan suara yang sedikit keras.

Perawatan Knalpot Sebelum Masuk Bengkel Knalpot Motor Terdekat

Knalpot yang sering dimodifikasi memang memicu beberapa masalah apabila tidak dilakukan dengan tepat dan oleh tenaga yang profesional. Pasalnya, knalpot yang bermasalah bisa memicu performa mesin bahkan membuat bahan bakar motor pun cepat habis.

Apabila knalpot motor tiba-tiba meledak, ada beberapa masalah yang bisa menjadi penyebabnya diantaranya adalah penutup choke yang tidak ditutup, busi yang bermasalah, karburator perlu diganti atau knalpot bocor.

Sebelum mengalami masalah-masalah diatas, alangkah baiknya merawat knalpot. Memang untuk kerusakan pada knalpot motor sangat jarang terjadi. Jika pun terjadi umumnya adalah knalpot bocor atau usia pipa knalpot.

Berikut perawatan knalpot yang dapat mencegah knalpot rusak dan meledak-ledak:

  1. Apabila Terkena Air Hujan, Segera bersihkan

Di musim hujan, bagian motor seperti mesin dan knalpot akan sering terkena percikan air. Pasalnya, air hujan tersebut dapat menyebabkan komponen motor tersebut rusak akibat berkarat atau masalah lainnya.

Viral :   Harga Motor Honda PCX Listrik

Seperti halnya dengan knalpot, umumnya knalpot terbuat dari besi. Dan apabila sering terkena air hujan dan tidak segera dibersihkan maka knalpot akan lebih cepat berkarat. Sehingga bisa menyebabkan masalah lain pada knalpot bahkan knalpot bocor.

  1. Olesi Dengan Oli

Pelumas minyak ini memiliki peran penting untuk beberapa bagian mesin pada motor, salah satunya adalah knalpot. Terlebih knalpot adalah komponen motor yang rawan berkarat.

Untuk mengantisipasi adanya karat pada motor maka Anda dapat mengolesinya dengan oli. Caranya, panaskan motor tersebut terlebih dahulu kemudian olesi bagian knalpot terutama yang rentan berkarat.

Mengoles oli pada knalpot sebaiknya dilakukan secara berkala untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kondisi knalpot berkarat. Sebagian orang cukup abai tentang masalah ini. Faktanya, kondisi knalpot yang berkarat justru bisa memicu masalah pada motor.

  1. Periksa Bagian Drainase Motor

Salah satu yang tidak boleh ketinggalan untuk perawatan motor adalah dengan mengecek drainase pada motor. Drainase ini memiliki fungsi untuk menampung air yang masuk ke dalam knalpot lalu dialirkan melalui silencer agar tidak menggenang.

Lakukan pemeriksaan drainase ini secara sering terlebih jika Anda sering melewati jalan yang menggenang atau habis melewati jalan yang banjir. Anda tidak perlu membawa motor Anda ke bengkel knalpot motor terdekat untuk mengatasi drainase ini.

Viral :   Fungsi Ignition Coil pada Sepeda Motor

Membersihkan drainase motor apabila setelah melewati jalan yang menggenang adalah cukup menggunakan lidi. Gunakan lidi kemudian masukkan ke dalam knalpot. Apabila tidak terdapat sumbatan maka sudah dipastikan drainase tersebut dalam kondisi baik.

Bengkel Knalpot Motor Terdekat Untuk Atasi Knalpot Meledak

Knalpot yang meledak-ledak cukup membuat orang sekitarnya merasa kurang nyaman. Terkadang suara ledakan knalpot tersebut juga mengagetkan sehingga bisa memicu kecelakaan.

Salah satu kasus yang penyebab knalpot meledak-ledak adalah knalpot yang bocor. Knalpot bocor bisa diakibatkan oleh bagian knalpot yang berkarat. Maka dari itu, sangat penting untuk memperhatikan setiap komponen motor.

Apabila knalpot yang bocor ini dibiarkan secara terus-menerus maka wajar saja jika knalpot akan mengalami kerusakan yang parah. Umumnya, suara meledak-ledak akibat knalpot bocor terjadi ketika tuas gas ditarik dengan kencang.

Masalah ini hanya dapat Anda atasi dengan membawa motor ke bengkel knalpot motor terdekat di kota Anda. Jika kerusakan sudah semakin parah maka knalpot harus diganti. Jika tetap digunakan, akibatnya adalah performa mesin akan menurun.