4 Alasan Mengapa Tameng Knalpot Beat Harus Dipasang

Knalpot merupakan salah satu komponen paling krusial yang ada pada motor. Pada motor matic atau motor jenis lainnya, knalpot berfungsi sebagai saluran gas buang dari pembakaran mesin.

Hal itulah yang menyebabkan knalpot mengeluarkan panas tinggi yang sangat berbahaya jika tersentuh oleh pengendara ataupun orang lain. Oleh karena itu, pada setiap kendaraan bermotor harus dipasang tameng knalpot Beat.

Exhaust Wrap, Peredam Panas pada Knalpot

Exhaust Wrap atau perban knalpot ini dipasang bukan hanya untuk menambah estetika motor saja, tetapi untuk melindungi knalpot dari goresan. Exhaust wrap juga dikenal sebagai thermo cool.

Sebagaimana sebutannya, perban knalpot dipasang dengan tujuan meredam panas yang mengalir pada pipa knalpot sehingga knalpot akan lebih dingin.

Dengan dipasangnya perban knalpot, mesin akan bekerja lebih optimal dan tidak akan mengganggu saat berkendara. Dulu perban knalpot hanya digunakan untuk motor Harley saja, karena kebanyakan knalpot Harley berada di luar dan lebih pandang.

Dengan adanya perban knalpot ini, akan melindungi pengendara dari panas knalpot yang mungkin saja terkena kaki. Dengan semakin maraknya modifikasi pada motor membuat exhaust wrap tidak hanya digunakan di motor Harley Davidson saja.

Viral :   Fungsi Filter Udara Motor Matic. Simak Selengkapnya!

Mereka yang menerapkan knalpot panjang dan terbuka juga akan menggunakan benda ini pada knalpot motornya, termasuk para pengguna motor Beat, Anda dapat menempelkan perban knalpot di bawah tameng knalpot kendaraan ini.

Fungsi Dipasangnya Tameng Knalpot Beat

Untung melindungi dari panasnya knalpot yang mungkin saja terkena anggota tubuh, pemilik motor dapat menggunakan perban knalpot atau memasang tameng knalpot.

Tameng knalpot tidak hanya melindungi pengendara, tetapi juga membuat tampilan motor semakin bergaya. Berikut beberapa alasan mengapa tameng knalpot harus dipasang.

  1. Melindungi Pengendara

Alasan pertama memasang tameng knalpot Beat adalah untuk melindungi pengendara. Tameng knalpot yang dipasang diluar knalpot akan melindungi kaki pengendara dari panasnya knalpot. Tameng knalpot ini berfungsi maksimal sebagai isolator panas.

Penutup knalpot penting dipasang terutama bagi pengendara yang suka berboncengan. Seseorang yang dibonceng akan berisiko tersentuh knalpot daripada pengendaranya sendiri. Pemasangan penutup knalpot akan membuat pengendara maupun yang dibonceng merasa aman dan nyaman.

  1. Melindungi Knalpot dari Benturan

Perjalanan dalam mengendarai motor tidak selalu mulus. Ada kalanya Anda harus melewati medan yang sulit dan mengharuskan pengendara melakukan manuver. Hal ini tentu berisiko motor oleng dan jatuh yang nantinya akan melukai knalpot.

Viral :   Spesifikasi dan Harga Peugeot Django 2021

Dengan memasang penutup knalpot, Anda akan melindungi knalpot motor dari kerusakan akibat benturan. Benturan tidak akan mengenai bagian utama knalpot, tetapi hanya bagian penutup.

  1. Membantu Pelepasan Panas

Sebagai komponen yang berfungsi sebagai saluran pembuangan gas sisa pembakaran mesin, knalpot sangat penting untuk menjaga kestabilan suhu mesin. Tamen knalpot membantu melepaskan hawa panas pada knalpot sehingga suhu mesin tetap terjaga. Hal ini akan membuat mesin motor menjadi awet.

  1. Terlihat Lebih Bergaya

Alasan terakhir memasang tutup cover tameng knalpot Beat adalah untuk membuat tampilan motor terlihat lebih bergaya. Hati menjadi senang, bukan, ketika mendapati motor kesayangan Anda menjadi tampak keren?

Itulah alasan mengapa tutup atau cover tameng knalpot wajib dipasang. Selain alasan keselamatan, pemasangan komponen tersebut akan menimbulkan kesan menawan pada motor Anda.

Pastikan Anda berkendara dengan nyaman dan aman. Periksa kesehatan knalpot motor Anda. Jika selama ini belum menggunakan tameng knalpot Beat, segera pasangkan agar panas knalpot tidak mengenai kaki.