Megapro Primus

Megapro Primus, Motor Langka Spek Menarik

Honda merupakan pabrikan motor asal Jepang yang banyak mengeluarkan produk legendaris. Salah satunya adalah Honda Megapro Primus atau Advaned. Motor legend ini pertama kali diluncurkan pada akhir tahun 90-an. Generasi keduanya meluncur tidak lama setelahnya, yaitu pada era 2002 sampai 2005.

Megapro Advanced atau Primus ini kemudian semakin memantapkan spesifikasi dan temanya pada tahun 2006. Meskipun nama awalnya adalah Megapro Advanced, orang-orang lebih mengenalnya dengan tajuk Megapro Primus. Bagi yang ingin kenalan atau bernostalgia lebih lanjut, berikut ini ulasannya.

Megapro Primus, Ulasan Selengkapnya

Ada banyak perubahan yang terjadi pada motor Megapro serian ini dari generasi pertama hingga terakhir. Selain dari proses namanya, aneka spek menarik juga dimiliki motor legendaris ini. Ulasan selengkapnya ada di bawah ini.

  1. Sejarah Motor Megapro Primus

Megapro merupakan motor yang kaya akan sejarah. Pertama kali muncul pada tahun 1999-2001 disusul generasi kedua pada 2002 hingga 2005. Untuk generasi kedua ini merupakan pembaruan dari seri sebelumnya dengan penambahan starter elektrik.

Kemudian, generasi ketiga lahir pada tahun 2006 hingga 2009 dengan mengusung nama baru Primus. Tentu saja selain itu ada banyak pembaruan lain seperti body yang tampak menyambung dan tangki yang sedikit berubah.

Barulah generasi keempat pada tahun 2010 muncul dengan adanya perubahan pada kapasitas mesin yang turun menjadi 150 cc dari yang sebelumnya 160 cc. Meskipun demikian, tarikan yang dihasilkan lebih responsif dari generasi yang lalu.

  1. Body dan Dimensi

Menilik bagian body dan dimensinya, Megapro Primus ini memang layak menyandang predikat sebagai motor legendaris. Rangka desainnya tergolong modern untuk ukuran kuda besi lama. Hal ini ditopang oleh berbagai macam material kokoh yang menyelimuti bagian luarannya.

Motor dengan desain khas laki-laki ini tampak gagah dengan jok yang tidak begitu rendah atau tinggi. Selain itu, fitur setangnya juga didesain nyaman untuk ukuran orang Indonesia.

Ukuran panjang motor legendaris ini sebesar 2034 mm dengan lebar 754 mm. Sedangkan tingginya cukup ideal dengan mengusung ukuran 1065 mm. Jarak sumbu rodanya sebesar 1281 mm. Untuk ukuran jarak ke tanahnya sekitar 149 mm plus tinggi jok 774 mm.

Honda serian satu ini hadir dengan rangka pola berlian yang mengedepankan suspensi depan teleskopik. Sedangkan area suspensi belakangnya hadir dengan tipe double shockbreaker serta swing arm.

Ukuran ban yang dimilikinya relatif besar yaitu 2.75 hingga 18 42P untuk ban depan. Sementara ban belakangnya adalah 3.00–18 47P. Sistem pengeremannya hadir dengan jenis cakram hidrolik dan piston ganda untuk area depan. Sementara rem belakangnya mengusung tipe tromol.

  1. Dapur Pacu

Motor dengan body bongsor ini juga memiliki dapur pacu yang menarik. Untuk mesinnya terdiri atas jenis 4-stroke OHC dengan kekuatan 1 silinder. Sedangkan pada diameter x langkahnya sebesar 63,5 x 49,5 mm. Perbandingan kompresinya adalah 9.0 : 1 dengan fitur pendingin udara yang juga tidak ketinggalan.

Viral :   Hand Tools Adalah Alat Pekerja Manual Yang Wajib Dimiliki!

Motor legendaris ini juga semakin maksimal dngan kekuatan maksimalnya mncapai 13.3 Ps. Untuk mencapai kekuatan maksimal tersebut, torsi yang dihasilkan mencapai 8500 rpm. Sementara maksimal torsinya pada percepatan 1.3 kgf.m adalah 6000 rpm.

  1. Fitur Lain

Fitur lain dari motor Megapro ini ada pada bagian transmisinya. Kecepatan transmisinya mengusung 5 speed yaitu 1-N-2-3-4-5. Jenis transmisi tersebut memang tergolong standar untuk ukuran kendaraan roda dua. Navigasi pun semakin optimal dengan hadirnya kopling manual dengan tipe basah serta plat majemuk.

Area baterai dan akinya memiliki voltase 12V-Ah. Sistem pengapiannya cukup menarik untuk ukuran motor legend, yaitu dengan jenis DC-CDI Battery.

Adapun untuk jenis businya mengusung ND X 24 EP–U0/MGK DP8 EA-9 yang makin memaksimalkan peformanya saat dikendarai. Tangki bensinnya berukuran 13,2 liter yang tergolong irit untuk perjalanan.

Tentu saja bagi penikmat motor legendaris buatan Honda, Megapro Primus ini masuk ke dalam daftar impian untuk dimiliki. Produksi terakhirnya memang ada di tahun 2010. Meskipun demikian, penikmat otomotif berharap agar motor legendaris ini rilis kembali dengan aneka spek unggulan yang lebih upgrade.

Keunikan Megapro Primus

Sepeda motor Megapro Primus adalah salah satu sepeda motor legendaris yang masih diminati oleh banyak penggemar sepeda motor di Indonesia. Sepeda motor ini diproduksi oleh Honda, dan menjadi salah satu motor sport touring yang populer pada masanya. Berikut adalah keunikan dari sepeda motor Megapro Primus yang membuatnya menjadi sangat spesial:

  1. Desain yang Ikonik

Megapro Primus memiliki desain yang sangat khas dan ikonik, terutama pada bagian lampu depan dan bodi yang membulat. Desain yang berbeda dari motor-motor sport pada umumnya ini membuat Megapro Primus sangat mudah dikenali dan menjadi ciri khas tersendiri bagi motor ini.

  1. Mesin yang Bertenaga

Mesin yang digunakan oleh Megapro Primus memiliki kapasitas 149,2 cc dengan sistem pendingin udara. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 16,8 Hp pada putaran 9.000 rpm dan torsi 1,34 kgf.m pada 6.500 rpm. Tenaga yang dihasilkan mesin Megapro Primus membuatnya sangat bertenaga dan cocok untuk digunakan dalam perjalanan jarak jauh.

  1. Performa Handling yang Cukup Baik

Selain mesin yang bertenaga, Megapro Primus juga memiliki performa handling yang cukup baik. Motor ini dilengkapi dengan suspensi depan teleskopik dengan diameter 37 mm dan suspensi belakang Pro-Link yang memberikan kenyamanan dan stabilitas dalam berkendara.

  1. Fitur Keselamatan yang Cukup Lengkap

Megapro Primus dilengkapi dengan fitur keselamatan yang cukup lengkap, seperti rem cakram pada roda depan dan belakang, sistem pengereman Combined Brake System (CBS), serta lampu sein dan lampu rem yang cukup terang. Fitur-fitur tersebut membuat pengendara lebih aman dalam berkendara.

  1. Harga yang Terjangkau

Keunikan lain dari Megapro Primus adalah harganya yang terjangkau. Meskipun memiliki performa yang cukup baik, fitur keselamatan yang lengkap, dan desain yang ikonik, namun harga dari Megapro Primus masih tergolong terjangkau bagi kalangan pecinta sepeda motor di Indonesia.

Viral :   Fungsi Sekring Motor dan Penyebab Kerusakannya

Itulah beberapa keunikan dari sepeda motor Megapro Primus. Dengan desain yang ikonik, mesin yang bertenaga, performa handling yang baik, fitur keselamatan yang lengkap, serta harga yang terjangkau, Megapro Primus masih menjadi pilihan bagi banyak penggemar sepeda motor hingga saat ini.

Cara Perawatan Motor Megapro Primus

Sepeda motor Megapro merupakan salah satu motor yang cukup populer di Indonesia. Seperti halnya kendaraan bermotor lainnya, sepeda motor Megapro juga membutuhkan perawatan agar tetap dalam kondisi yang baik. Berikut ini adalah beberapa tips perawatan sepeda motor Megapro yang dapat membantu memperpanjang umur motor Anda:

  1. Ganti oli secara teratur Ganti oli sepeda motor Megapro secara teratur adalah salah satu hal terpenting yang harus Anda lakukan. Oli yang kotor atau sudah terlalu lama tidak diganti bisa menyebabkan mesin motor menjadi rusak dan mengurangi performa motor Anda. Pastikan Anda mengganti oli sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh produsen.
  2. Cek kondisi ban Cek kondisi ban sepeda motor Megapro secara rutin. Pastikan bahwa ban tidak kekurangan tekanan udara, tidak aus atau pecah. Kondisi ban yang baik akan membantu menjaga keseimbangan motor dan meminimalisir resiko kecelakaan.
  3. Bersihkan filter udara Filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara ke mesin, yang dapat mengurangi performa sepeda motor Megapro Anda. Pastikan Anda membersihkan filter udara secara teratur agar motor Anda tetap dapat beroperasi dengan maksimal.
  4. Periksa sistem pendingin Pastikan sistem pendingin pada sepeda motor Megapro berfungsi dengan baik. Pastikan radiator bersih dan bebas dari kotoran. Pastikan juga bahwa cairan pendingin pada motor selalu dalam kondisi yang cukup.
  5. Cek sistem rem Pastikan sistem rem pada sepeda motor Megapro berfungsi dengan baik. Periksa kabel rem dan kampas rem secara rutin. Pastikan bahwa rem Anda responsif dan dapat diandalkan saat berkendara.
  6. Gunakan bahan bakar yang berkualitas Gunakan bahan bakar yang berkualitas pada sepeda motor Megapro Anda. Bahan bakar yang berkualitas akan membantu menjaga performa mesin dan mengurangi risiko kerusakan pada mesin.

Dengan melakukan perawatan secara teratur dan memperhatikan beberapa hal di atas, Anda dapat memperpanjang umur sepeda motor Megapro Anda dan menjaga performa motor Anda selalu dalam kondisi optimal.