lampu rem motor matic menyala terus

Lampu Rem Motor Matic Menyala Terus, Kenali Penyebabnya

Motor matic adalah salah satu jenis motor yang paling banyak dikendarai masyarakat Indonesia. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat beberapa macam masalah yang sering terjadi? Salah satunya adalah keadaan lampu rem motor matic yang menyala terus.

Memang tidak terlalu kelihatan jika lampu tidak diamati secara baik-baik. Peran lampu motor sendiri sangat penting terlebih lampu rem. Lampu rem ini berfungsi untuk memberitahukan kendaraan lain bahwa Anda akan belok ke arah tertentu.

Jika keadaan lampu rem yang menyala ini terus terjadi maka pengendara dibelakang atau didepannya akan merasa kebingungan. Adanya kesalahpahaman tersebut dapat memicu kecelakaan.

Penyebab Lampu Rem Motor Matic Terus Menyala

Untuk mengetahui kondisi lampu baik lampu depan, belakang ataupun lampu rem adalah dengan mengecek di saat memanaskan motor di pagi hari sebelum digunakan. Oleh karena itu, saat sedang dipanaskan, motor jangan tidak ditinggal begitu saja. Perhatikan beberapa hal pada motor sehingga Anda mengetahui masalahnya.

Adapun penyebab lampu rem pada motor matic yang menyala terus adalah sebagai berikut:

  1. Switch Rem Longgar

Masalah lampu rem sering terjadi terutama pada motor matic. Bagian switch rem yang terlalu longgar juga dapat menimbulkan masalah. Sehingga ketika tuas rem ditekan justru kinerjanya tidak bisa optimal.

  1. Switch Rem Kotor

Kondisi lain yang menyebabkan lampu rem motor selalu menyala adalah bagian switch remnya yang kotor. Kadang kala hal tersebut tidak diperhatikan kecuali ketika mengalami masalah semacam ini. Sebagian orang yang tidak menguasai dunia otomotif pun akan kebingungan dengan masalah yang terjadi.

Viral :   Jangan Sembarangan! Pilih Oli Matic Terbaik untuk Vario 125

Bisa saja, lampu rem yang terus menyala disebabkan oleh switch rem yang kotor. Switch rem yang kotor tersebut diakibatkan oleh debu yang menumpuk dalam kurun waktu yang lama. Untuk mengatasi masalah tersebut, satu-satunya jalan adalah dengan membongkar dan membersihkannya.

  1. Switch Rem depan Aus

Apabila bagian depan yang bermasalah maka kemungkinan yang terjadi adalah switch rem bagian depan yang mulai aus atau macet. Untuk mengatasinya maka Anda harus memperbaikinya.

  1. Switch Rem Belakang Tersangkut

Masalah yang juga terjadi adalah bagian lampu belakang. Switch rem belakang yang macet atau setelannya tidak pas juga akan menyebabkan lampu rem terus menyala. Masalah yang terjadi pada lampu rem biasanya tidak jauh-jauh dari switch rem pada bagian rem tersebut.

Akibat Lampu Rem Motor Nyala Terus

Untuk mengatasi masalah lampu rem yang terus menyala, Anda bisa memperbaikinya sendiri. Namun, apabila Anda masih awam mengenai berbagai mesin pada motor maka Anda harus membawanya ke bengkel.

Viral :   CBR 150 Terbaru Resmi Diluncurkan Honda, Sangat Mempesona

Risiko akibat lampu rem yang terus menyala terutama pada motor matic adalah bisa menyebabkan bagian listrik motor korselet sehingga lampu akan rusak. Sedangkan lampu pada motor matic sekarang adalah lampu LED. Apabila lampu LED ini rusak maka Anda justru mengeluarkan cukup biaya karena harga lampu LED cukup mahal.

Sebelum Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak karena indikasi kerusakan tertentu pada motor matic, sebaiknya Anda selalu merawat dan memperhatikan kondisi motor matic secara saksama.

Dengan merawat dan atau servis rutin motor matic Anda maka keadaan motor tersebut akan lebih baik dan nyaman ketika dikendarai. Namun, apabila mengalami beberapa kasus tertentu padahal sudah diservis maka Anda harus mengenali beberapa macam masalah dan penyebabnya.

Solusi untuk mencegah terjadinya lampu rem motor matic yang terus menyala adalah bagian switch rem belakang bisa Anda berikan pelumas oli dengan cara membuka tutup switch bagian atas yang berbahan karet.