Pernah Menjadi Raja Jalanan, Ini Sejarah Yamaha RX King

Yamaha RX King merupakan salah satu motor legendaris yang pernah menjadi raja jalanan di aspal Indonesia. Desainnya yang gagah dan sporty membuat siapa saja yang mengendarainya menjadi terasa lebih maskulin.

Apalagi sentuhan-sentuhan lekukan yang khas membuat motor ini banyak penggemarnya. Generasi pertamanya mendapatkan julukan RX King Cobra dan telah mencuri perhatian banyak kalangan.

Meskipun sebagai motor laki-laki yang mengantongi banyak penggemar, nyatanya kendaraan ini pernah mendapatkan stigma yang negatif sebagai motor jambret. Hal ini karena banyaknya kriminalitas jambret yang banyak beraksi di era tahun 1980an dengan khasnya menggunakan motor ini.

Sejarah Yamaha RX King

Di luar stigmanya yang negatif, para pemilik raja jalanan ini tetap bangga. Selain kegagahannya, motor 2-tak ini cukup tangguh digunakan di jalanan. Hal ini karena kecepatannya yang juara di kelasnya pada masa itu.

Tidak heran jika RX King ini banyak penggemarnya. Bahkan kolektor motor-motor vintage hingga saat ini masih banyak yang mencarinya.

  1. Generasi Pertama Era 1977

Sejarah pertama RX King berkembang dari kedatangannya di tahun 1977 dengan mesin 2 tak khas kendaraan lama. Generasi pertamanya ini dibekali dengan mesin bertenaga 100 cc.

Meski kapasitasnya tidak besar, nyatanya tenaganya mampu membawa motor dengan kecepatan maksimalnya 110 km/jam. Suatu capaian yang luar biasa di era tahun tersebut.

Viral :   Fungsi Oli Samping pada Motor 2 Tak

Hal yang membuatnya mampu mendapat penggemar banyak, selain kecepatan yang tinggi, juga pada hal irit bahan bakar. Untuk konsumsi satu liter bahan bakar, mampu menempuh jarak hingga 40 km.

  1. Generasi Era 1979

Yamaha RX King generasi kedua merupakan perkembangan dari yang sebelumnya. Perbedaannya yaitu ada pada kapasitas mesinnya. Jika generasi pertama mendapatkan mesin 100 cc, maka di generasi keduanya ini dibekali dengan mesin berkapasitas hingga 123 cc.

Berbekal kapasitas mesin yang lebih tinggi ini, pemiliki RX King di zaman itu cukup disegani. Transmisi kecepatannya pun telah menggunakan 4-kecepatan.

  1. Generasi Era 1980

Generas ke-3 dari RX King, hadir dengan kapasitas mesin yang lebih tinggi yaitu sebesar 135 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 17,5 hp.

Dibandingkan generasi sebelumnya, motor ini dapat dikendarai dengan kecepatan maksimal hingga 150 km/jam. Karena kecepatannya inilah, series ini menjadi unggulan pada masa tersebut.

Sayangnya, meskipun telah mampu mencapai top up speed yang tinggi, ketenarannya turun di tahun 1983 dengan hadirnya RX King Cobra yang lebih menjadi primadona kala itu.

Antara tahun 1980 dan 1983, RX King impor penuh didatangkan langsung dari Jepang dengan seris RX-S. Motor ini dibekali dengan mesin 115 cc yang lebih kecil kapasitasnya dibandingkan sebelum dan sesuadahnya nanti.

  1. Generasi Era 1983
Viral :   Cara Mudah agar Sepeda Motor Aman dari Pencurian

Yamaha RX King era ini merupakan jenis motor impor mesin. Artinya, kerangka dan komponen lain diproduksi di Indonesia, sedangkan mesin didatangkan dari Jepang.

Perkenalan RX King dengan masyarakat Indonesia yaitu diawali pada tahun 1983. Variannya dinamai RX King Cobra yang dari awal peluncurannya telah banyak mencuri perhatian masyarakat sehingga membuat penjualannya melambung pada masa itu.

Penamaan Cobra ini karena desain stangnya yang unik menyerupai leher ular cobra. Untuk jenis motor lawas yang keluar di tahun 80-an, ternyata Yamaha telah unggul dalam hal teknologi.

Terbukti, RX King besutan pertamanya ini telah dibekali teknologi irit bahan bakar, yaitu Yamaha Energy Injection System (YEIS). Dengan mesinnya 135 cc, hingga kini RX King Cobra ini masih menjadi perburuan kolektor motor.

Produksi RX King terus berlanjut hingga tahun 2.000an, yaitu generasi yang telah modern. Mengusung teknologi ramah lingkungan dan telah sesuai dengan standar Euro yang tak lagi menghasilkan asap di jalanan.

Sayangnya, millennial baru ini juga banyak tercipta skuter matik yang lebih praktis dengan tunggangan yang mudah. Akhirnya tahun 2009, Yamaha RX King resmi ditarik dari pasaran karena sedikitnya konsumen.