Spesifikasi Lengkap dan Harga Yamaha Soul GT 2021

Yamaha Soul GT 2021 terus mengalami perkembangan dari pabrikannya dibandingkan dengan generasi pendahulunya. Keberadaan skuter matik (skutik) pabrikan Yamaha ini masih menjadi pesaing berat dari merek tetangga.

Bukan tanpa alasan, banyaknya perkembangan yang dialaminya serta merupakan salah satu pioneer skuter modern di Indonesia, membuat Yamaha masih banyak penggemarnya.

Soul GT 2021 ini merupakan generasi penerus dari series Soul sebelumnya yang mendapat banyak pembaruan pada bagian-bagiannya sehingga menjadi lebih menarik.

Hal yang amat terlihat yaitu pada desain bodinya. Bodinya terlihat lebih garang dan sporty dibandingkan generasi sebelumnya, tentu hal ini akan memberikan penyegaran pada kelas matik seperti ini.

Spesifikasi Yamaha Soul GT 2021

Sebagai pabrikan skuter lawas, Yamaha memberikan banyak inovasi pada Soul GT 2021 agar konsumen merasa lebih nyaman saat mengendarainya. Apalagi saat ini begitu banyak pilihan skuter dari berbagai merek. Tentu pabrikan Soul ini tidak mau kalah soal inovasi.

  1. Mesin

Untuk jantung pacunya, Soul GT 2021 dibekali dengan mesin SOHC Blue Core bertenaga 125 cc dengan 2 katup silinder  yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 9,38 hp pada putaran mesin 8.000 rpm dan torsi maksimal yaitu sebesar 9,6 Nm pada 5.500 rpm.

Untuk pilihan startnya, tetap sama seperti pada umumnya, yaitu electric dan kick. Sistem bahan bakarnya menggunakan fuel injection dengan TCI.

Viral :   Fungsi Dari FPR pada Motor Karbu. Simak Selengkapnya!

Gas buang emisinya telah lolos uji standar Euro 3. Pada bagian akinya menggunakan 12 V yang mampu memberikan cadangan listrik bagi semua komponennya. Kecepatan maksimal yang dapat dikeluarkan yaitu 100 km/jam. Mesinnya dibekali dengan 4 transmisi kecepatan. Jenis penggeraknya menggunakan belt drive.

Selain itu, didukung pula dengan sistem pelumasan wet sump dan sistem pendingin udara.

  1. Desain

Mengusung desain yang sporty dan futuristik, membuatnya memberikan kesan yang lebih gagah dan kuat. Bentuk bodinya yang berbeda, yaitu meruncing ke depan dengan sentuhan lekukan aerodinamis membuat berkendara semakin nyaman.

Lampu bagian depannya telah menggunakan LED sehingga lebih tajam dan tahan lama. Selain pada lampu utama, stop lamp juga telah menggunakan teknologi LED.

Yamaha Soul GT 2021 ini memiliki dimensi panjang sebesar 1.870 mm dengan tinggi 1.070 mm dan lebarnya sebesar 685 mm. Berat kendaraan mencapai hingga 96 kg yang lebih ringan dibandingkan skuter lainnya sehingga mudah dikendarai dan dikendalikan. Desain tangki bahan bakarnya cukup banyak menampung bensin, yaitu hingga 4,2 liter. Desain speedometernya berbentuk pentagonal yang memberikan kesan maskulin pada bodinya.

  1. Teknologi

Inovasi-inovasi teknologi terbaru telah disemarkan pada Yamaha Soul GT 2021 Blue Core ini sehingga membuatnya semakin nyaman dan memudahkan dalam berkendara. Pada bagian pengereman, dilengkapi dengan smart lock system yang berguna untuk membantu pengereman pada jalanan yang menanjak sehingga dapat berhenti sempurna. Selain itu, pada bagian kunci dilengkapi dengan Advance Key System.

Viral :   Penting, Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Tentang Ban Motor

Penggunaan sistem ini membuat Anda lebih mudah mencari motor saat di parkiran dan juga membantu mempermudah pembukaan penutup kunci. Untuk mencari motor, maka cukup tekan sekali. Sedangkan untuk membuka penutup kuncinya, tekan dua kali.

  1. Rangka

Pada bagian rangkanya menggunakan tipe underbone dengan bahan pipa baja yang relatif lebih kuat sehingga tidak heran jika terlihat lebih maskulin. Rangka pipa baja dengan tipe underbone ini sesuai untuk skutik karena dapat memudahkan dalam melakukan maneuver dan lebih stabil.

Ditambah lagi dengan suspensi dengan yang menggunakan jenis teleskopik dan bagian belakang memakai tipe unit swing. Kedua suspensi yang disematkan ini mampu meredam getaran saat berkendara sehingga membuat pengendara semakin nyaman di perjalanan.

Untuk sistem keselamatannya, Soul GT 2021 dilengkapi dengan pengereman yang cukup mumpuni. Pada bagian depannya dilengkapi dengan Single Disc Brake sedangkan pada bagian belakangnya dilengkapi dengan Drum Brake.

Harga Yamaha Soul GT

Untuk urusan harga, Yamaha Soul GT 2021 ini memiliki dua varian, yaitu AKS dan AKS SSS. Keduanya memiliki selisih harga yang tidak terlampau jauh. Soul GT AKS dibanderol dengan harga Rp17,3 juta, sedangkan AKS SS seharga Rp17,8 juta.