Honda ADV 250, Skuter Matic Baru Bermesin Forza

Selama ini, pasar sepeda motor matic dikuasai oleh Honda Forza 250. Untuk meramaikan, Honda ADV 250 coba dihadirkan sebagai alternatif. Apalagi, sebelumnya, Honda ADV 150 berhasil membukukan penjualan yang sangat menggembirakan. Tidak heran jika ADV 250 termasuk salah satu motor yang bakal mengaspal tahun ini.

Dilansir dari beberapa media, belum ada informasi resmi mengenai Honda ADV  berkapasitas mesin 250 cc ini. Sambil menunggu kepastian mengenai kehadiran skutik ini di Indonesia, berikut beberapa informasi yang dapat Anda simak.

Rencana Peluncuran di Tengah Pandemi

Kabar bahwa Astra Honda Motor berencana akan meluncurkan Honda ADV 250 ke pasar Indonesia sebenarnya sudah santer terdengar sejak akhir tahun 2019. Bahkan, hingga awal tahun 2020 pun berita mengenai hal ini masih beredar. Pada saat itu, skutik baru ini akan diluncurkan pada tahun 2020.

Akan tetapi, ketika ternyata dunia dilanda pandemi, rencana tersebut akhirnya ditunda. Hingga pada akhir 2020, kembali tersiar kabar bahwa Honda kembali merencanakan untuk meluncurkan ADV 250 pada tahun 2021 ini, meskipun belum jelas juga kapan tepatnya hal itu akan dilakukan.

Memang akibat dampak pandemi, persiapan peluncuran ADV 250 ini menjadi terkendala dan membutuhkan proses yang panjang. Namun melihat penjual dari Honda ADV 150 yang sangat prospektif maka besar kemungkinan ADV 250 benar-benar akan hadir di Indonesia.

Viral :   Kelebihan dan Fitur Motor Peugeot Django di Indonesia

Prediksi Spesifikasi Honda ADV 250

PT Astra Honda Motor (AHM) memiliki jagoan di sektor matic bermesin besar, yaitu Forza 250 yang dijual Rp81.950.000 untuk harga on the road DKI Jakarta. Motor ini diperuntukkan bagi konsumen yang banyak beraktivitas di perkotaan.

Berdasarkan kabar yang ditulis berbagai media, pihak Honda akan menggunakan mesin yang digunakan Forza 250. Meski belum bisa dipastikan kebenarannya, penggunaan mesin Forza 250 kemungkinan akan beralih ke ADV 250 dan mesin Forza 250 akan mendapat penyegaran pada tahun 2021.

Berdasarkan kabar angin tersebut, yaitu bahwa Honda ADV 250 akan berbasis mesin Honda Forza 250, maka kemungkinan besar spesifikasinya pun nantinya juga sama dengan Forza 250.

  • Mesin

Mesin Honda Forza 250 sendiri merupakan mesin satu silinder berkapasitas 249 cc berpendingin cairan dengan sistem pengapian Full Transisterized  (CDI).

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 23.19 horse power pada putaran mesin di 7500 rpm.  Memiliki piston berdiameter 72 mm dengan langkah 68.6 mm, mesin ini menghasilkan torsi sebesar 24 newton meter di putaran mesin  6250 rmp, memiliki rasio kompresi di 10.2 berbanding 1.

Viral :   Skutik Premium Honda Vario 160 Resmi Meluncur

Merupakan mesin empat langkah yang memiliki empat katup SOHC, tenaga yang dihasilkan disalurkan melalui kopling otomatik dengan sistem sentrifugal tipe kering dan ke roda menggunakan belt drive. Mesin motor ini bisa digeber sampai kecepatan 110 km/jam.

  • Pasokan Bahan Bakar

Sistem pasokan bahan bakarnya menggunakan Programed Fuel Injection. Teknologi ini akan mampu menyuplai bahan bakar melalui kontrol elektronik yang sehingga bahan bakar dan oksigen dipasok secara optimal, disesuaikan terhadap kebutuhan mesin pada setiap kondisi.

  • Rangka dan Suspensi

Untuk rangka kemungkinan menggunakan tipe under bone yang digunakan oleh semua motor matic, suspensi depan dengan tipe teleskopik dan belanga menggunakan Swing arm dengan suspensi  ganda kemungkinan akan ada penambahan teknologi  baru, dan juga penggabungan antara honda ADV 150 dan Honda Forza 250.

Itulah prediksi sebagian spesifikasi Honda ADV 250 yang tentu saja sudah sangat ditunggu kehadirannya. Bagaimana spesifikasi yang sebenarnya nantinya? Tentu masyarakat Indonesia masih harus bersabar untuk mengetahui jawabannya.