Kawasaki Ninja H2R, Motor Balap Berteknologi Supercharger

Canggih dan sadis adalah sebutan yang paling pas untuk Kawasaki Ninja H2R. Motor yang sarat dengan performa ini memang khusus diperuntukkan bagi mereka yang hobi memacu adrenalin di sirkuit.

Memang dibutuhkan nyali dan pengalaman untuk menunggangi motor ini. Mesin empat silinder 998 cc dengan supercharger membuatnya memiliki tenaga yang buas sehingga sulit ditaklukkan. Yang makin membuat motor ini istimewa adalah hanya diproduksi secara terbatas dan berdasarkan pesanan.

Spesifikasi Kawasaki Ninja H2R

Dirancang sebagai motor yang hanya boleh dikendarai di sirkuit, motor bertenaga 310 hp ini sukses memecahkan rekor kecepatan 400 km/jam. Dirancang menggunakan spesifikasi tertinggi, tak heran jika Ninja H2R ini diklaim memiliki kemampuan dan ketangguhan yang melebihi varian lainnya. Berikut spesifikasi lengkapnya.

  • Desain

Sepeda motor ini didesain oleh Kawasaki Motor Corporation dengan dukungan Kawasaki Heavy Industri (KHI), perusahaan yang sudah berpengalaman dalam merancang pesawat terbang. Hasilnya, Ninja H2R memiliki hambatan udara yang sangat minim sehingga bisa melesat kencang.

Meski kencang, motor ini tetap stabil dengan adanya penambahan sayap bagian atas depan dan samping yang akan meningkatkan down force sehingga motor bisa mencengkeram aspal dengan kuat.

  • Rangka

Rangka motor ini menggunakan tipe trellis khas motor balap, berbentuk rangkaian pipa-pipa turbular yang dilas satu per satu dan menghubungkan kepala kemudi ke poros lengan ayun secara langsung.

  • Fairing
Viral :   Spesifikasi Motor Listrik Kawasaki, Motor Sport Ramah Lingkungan

Desain fairing Kawasaki Ninja H2R menggunakan bahan serat karbon. Dengan kombinasi warna silver yang mengilat dan sudut yang tajam di sisi depan dan belakang, motor ini tak hanya tampak sporty dan agresif, tetapi juga modern dan mewah. Di bagian depan motor, terdapat dua buah Intake Air System (lubang angin).

  • Kaki-Kaki

Pada bagian kaki-kaki motor, digunakan ban ukuran 120/60 untuk ban depan dan 190/65 pada ban belakang, dengan lingkar roda ring 17 inchi.

  • Suspensi

Suspensi depan menggunakan jenis Fork Up Side Down berukuran 43 mm dan untuk bagian belakang mengandalkan New Uni-Trak with Gas Charged Shock. Keduanya sudah dilengkapi setelan yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan pengendara.

  • Pengereman

Sistem pengereman menggunakan cakram dual disk brake semi floating berukuran 330 mm dengan 4 piston kaliber pada bagian depan. Untuk  bagian belakang digunakan single disk brake berukuran 250 mm dengan 2 piston kaliber sehingga mengurangi laju dengan baik dan stabil ketika masuk tikungan.

  • Dimensi

Dimensi dari Kawasaki Ninja H2R adalah  2070 x 770 x 1160 mm dengan berat 216 kg dan kapasitas tangki 17 Liter.

  • Fitur

Beberapa fitur yang dimiliki motor ini adalah Kawasaki Traction Control dengan 9 tingkatan penyetelan, Kawasaki Engine Break Control, Launch Control, Kawasaki Intelligent Breaking System (ABS), dan Quick Shifter up and down.

  • Dapur Pacu
Viral :   7 Cara Merawat Aki Kering agar Performa Tetap Mulus

Dari dapur pacu, ada mesin berkapasitas 998 cc DOHC 16 Valve dengan 4 buah silinder segaris, menghasilkan tenaga maksimal 296 Hp dan torsi 150 Nm. Semburan tenaga besar ini ditunjang oleh supercharger, disalurkan menggunakan transmisi manual 6 percepatan.

Perbedaan Kawasaki H2, H2 SX, dan H2R

Di antara ketiga varian ini, H2R, H2, dan H2X, tipe H2R merupakan varian tertinggi. Secara garis besar, berikut perbedaan di antara ketiganya.

  • Kawasaki Ninja H2

Kawasaki Ninja H2 merupakan varian terlaris dibandingkan lainnya. Berkebalikan dengan H2R, motor ini khusus untuk penggunaan di jalan raya dan diproduksi massal. Motor ini menggunakan mesin 998 cc 4 silinder DOHC dengan induksi supercharger.

  • Kawasaki Ninja H2 SX

Kawasaki Ninja H2 SX merupakan Ninja H2 versi touring. Sebagai motor touring, fasia depan dan fairing samping dibuat berbeda, jok belakangnya lebih nyaman, dan tersedia pannier di bagian buritan. Ninja H2 SX menggunakan mesin yang sama dengan H2, tetapi dengan tenaga dan torsi lebih rendah.

  • Kawasaki Ninja H2R

Sebagai varian tertinggi, Ninja H2R termasuk kategori motor sport premium dengan desain modern dan fitur yang canggih sehingga membuatnya gagah dan tangguh untuk melibas segala medan.

Karena merupakan motor balap, Kawasaki Ninja H2R tidak dilengkapi lampu, kaca spion, klakson, dan dudukan pelat nomor, serta menggunakan ban khusus balapan.