Kelebihan dan Cara Merawat Harley Davidson Sportster

Siapa yang tidak mengenal motor gede (moge) Harley Davidson Sportster? Moge yang telah menjadi legenda di antara penggemar Indonesia ini memiliki tampilan yang lebih sporty dibandingkan jenis lainnya. Tentu akan mudah dikenali di antara lainnya.

Karakter khas Sportsternya akan sangat terasa saat Anda memandangnya pertama kali. Sebagai moge yang tangguh, bodinya tampak kompak sehingga nyaman untuk dikendarai.

Bentuknya yang padat dan berisi akan memudahkan melakukan maneuver saat digunakan untuk kendaraan harian. Apalagi saat menjelajah jalan-jalan kota. Dimensi tinggi dari Sportster ini sangat nyaman digunakan di daerah perkotaan.

Keunggulan Harley Davidson Sportster

Setiap pengendara moge Harley Davidson tentu tahu bagaimana sensasi dan pengalaman yang mereka rasakan. Motor ini tidak dapat digantikan dengan kendaraan-kendaraan moge yang lainnya.

  1. Mesin

Moge Sportster ini mendapat dukungan mesin Evolution yang dapat memberikan tenaga kuat dan membuat pengendara nyaman saat mengaspal. Apalagi mereka yang menyukai kecepatan, mesin ini dapat memberikan solusinya.

Seri Sportster pada dasarnya memiliki beberapa varian mesin, tetapi yang populer ada dua yaitu 883 cc dan 1.200 cc. semakin besar kapasitas mesin yang digunakan, maka semakin besar tarikan tenaganya.

Adanya pilihan mesin yang berkapasitas besar inilah yang disukai penggemarnya. Baik mesin dengan kapasitas kecil ataupun besar, keduanya sama-sama nyaman dikendarai, apalagi jika penggunaannya di jalanan kota.

  1. Desain
Viral :   Fungsi Spul Motor dan Gejala Kerusakannya

Berbicara tentang desain yang diusung Harley Davidson Sportster tentu akan mudah dikenali. Membawa warna-warna yang pekat dan tajam membuatnya semakin stylish dan memberikan kesan kemewahan serta tetap gagah.

Ground Clearance yang didesain cukup tinggi membuatnya nyaman untuk digunakan melintasi jalanan perkotaan.

Sportster sendiri sudah ada sejak lama, tetapi keluaran 2006 telah mendapatkan sentuhan yang modern. Misalnya saja pada bagian mesinnya telah dilengkapi dengan teknologi injeksi sehingga mudah untuk dilakukan perawatan.

Cara Merawat Harley Davidson Sportster

Untuk versi terbarunya, ternyata perawatan moge Harley Davidson tidaklah ribet. Asalkan Anda melakukannya secara berkala dan rutin, dijamin moge yang dimiliki akan dapat lebih awet dan terjaga.

  • Rutin Mengganti Oli

Oli merupakan hal penting untuk menjaga kinerja mesin tetap terkontrol dan berjalan dengan baik. Oli akan dapat mengurangi gesekan yang ada pada mesin sehingga mencegahnya untuk cepat mengalami aus.

Untuk itu, setiap 5.000 km, gantilah oli Anda atau ketika akan melakukan touring sebaiknya gantilah oli terlebih dahulu untuk menjaga kinerja mesin tetap prima.

  • Rutin Mengganti Filter Oli

Tidak hanya oli saja yang perlu diganti secara berkala. Filter oli juga harus diganti secara rutin. Hal ini untuk mencegah masuknya kotoran pada mesin sehingga dapat mempengaruhi kinerjanya.

Viral :   Jangan Asal Pilih, Ini 5 Rekomendasi Oli untuk Motor Matic

Untuk membuatnya tetap berfungsi secara optimal, maka sebisa mungkin mengganti filter oli ini setiap 5.000 km sekali. Jadi, saat mengganti olinya, filter yang digunakan juga dapat diganti sekaligus.

  • Cek Tekanan Ban

Ban merupakan komponen penting untuk memastikan motor gede Anda dapat berjalan dengan optimal. Tekanan ban yang kurang juga akan mengurangi kenyamanan saat berkendara. Bahkan, jika dibiarkan saja akan berisiko.

Tidak hanya ban saja yang perlu diperiksa, tetapi juga kondisi rantai motor amat penting dalam keadaan baik. Apalagi jika Anda sering menggunakannya untuk touring. Sebelum Anda gunakan untuk touring, pastikan tekanan ban depan 30 psi dan bagian belakang 34 psi.

Pada rantainya, jangan lupa untuk memberikan pelumas agar tidak mengalami kekeringan yang mengakibatkan akan mudah putus.

  • Tidak Membiarkan Mesin Dingin terlalu Lama

Mesin yang terlalu lama tidak dipanaskan membuat tarikannya berat karena komponennya terlalu lama kering dan tidak mendapatkan oli secara merata.

Berbeda dengan jenis motor lainnya, moge Harley Davidson Sportster ini dipanaskan tidak dengan cara diam di tempat saja, tetapi sebaiknya sambil dikendarai. Cara ini akan membuat tarikan mesinnya semakin ringan dan nyaman untuk dikendarai jarak jauh.