Pelek Motor

Tipe Pelek Motor yang Harus Dipahami dan Ketahui

Bagi pengguna kendaraan beroda tentu mengetahui pelek motor menjadi komponen penting. Perlu kamu ketahui terdapat beberapa tipe pelek untuk kendaraan kesayangan kamu dan kemungkinan besar banyak orang yang belum memahaminya.

Terdapat fungsi khusus dan perbedaan dari beberapa pelek tersebut. Tentu kamu harus paham mengenai tipe pelek terbaik yang bisa dipergunakan. Berikut simak terus ulasan selengkapnya dibawah ini.

Apa Saja Tipe Pelek Motor yang Harus Dipahami

Pelek merupakan komponen penting pada serangkaian kendaraan motor sejak zaman dahulu kala. Pelek sendiri berbahan logam dan mempunyai lapisan krom, jadi kemungkinan tidak mudah terserang karat serta bisa dibersihkan dengan metode sederhana.

Pelek dengan jenis jari-jari memang cukup terkenal karena kemampuan kuatnya ketika membawa beban berat. Pelek tersebut tidak mudah rusak walaupun digunakan pada jalanan berlubang karena berbahan dasar logam, cukup menarik bukan?.

Bahkan harga pelek tersebut cukup terjangkau apabila dibandingkan dengan tipe lainnya. Tetapi pelek jenis tersebut menjadi kurang cocok apabila dipasang pada jenis ban tubeless. Letak perbedaan utamanya yakni bahan yang dipergunakannya.

Jadi pelek memang terbuat dari bahan dasar utama alumunium, tentunya mempunyai berat normal jika dibandingkan dengan besi. Pelek tersebut justru sering dipergunakan drag race karena mempunyai beban ringan.

Tentu saja bisa memacu kecepatan kendaraan kamu lebih maksimal. Karena memang bahannya terbuat dari aluminium. Namun sayangnya jenis tersebut tidak mudah tahan pada goncangan sehingga mudah sekali rusak apabila ada guncangan kuat.

Viral :   Menilik Kelebihan, Kekurangan Menggunakan Box Sepeda Motor dan Tips Membelinya

Selanjutnya adalah pelek cast wheel atau orang biasa menyebutkan dengan pelek racing, sebab memang sering digunakan oleh para pembalap. Jadi salah satu kelebihan dari pelek tersebut yakni mempunyai bentuk yang kokoh, tentunya bisa bermanuver sebaik mungkin tanpa disadari membuat kecepatan pada motor berjalan lebih stabil.

Pelek motor menjadi sangat bagus digunakan pada jenis ban tubeless karena modelnya tidak menggunakan jari-jari. Tetapi pelek tersebut masih bisa rusak apabila berjalan diatas lubang terlalu dalam. Karena mempunyai bahan dasar terbuat dari logam magnesium.

Diatas adalah beberapa tipe pelek untuk motor yang umumnya disukai banyak kalangan di indonesia. Pastikan kamu harus menggunakan pelek berkualitas agar kenyamanan dan keamanan saat berkendara selalu terjaga. Selain melihat kualitas pelek, perhatikan penggunaan sparepart pada kendaraan kamu.

Metode Mudah Merawat Pelek Motor Agar Selalu Prima

Pastikan menggunakan bahan sparepart berkualitas agar menghasilkan performa yang lebih kuat. Jadi pelek adalah komponen penting dalam dunia motor, pelek mempunyai peran utama yang bisa mendongkrak penampilan motor agar lebih menarik. Maka dari itu, tentu kamu harus merawat pelek tersebut sebaik mungkin.

Kedepannya menjadi semakin prima dan selalu nyaman ketika digunakan. Pelek yang selalu mendapatkan perawatan membuat kendaraan lebih nyaman dan tidak mudah rusak. Perlu kalian ketahui, pelek adalah bagian yang mudah sekali kotor karena pemakaian dijalan, bagaimanapun mereka terkena debu dan polusi. Tentunya pelek sangat membutuhkan perhatian khusus dan menjadi lebih nyaman ketika dilihat.

Viral :   Modifikasi Honda CRF 150L menjadi CRF Supermoto, Biayanya Segini

Apalagi jika lewat jalanan kurang bagus serta berlubang besar. Pelek merupakan bagian utama yang terkena dampak buruknya. Maka kamu harus menjaga kondisi mereka tetap bagus, kami jelaskan beberapa cara merawat pelek paling tepat dan aman.

Metode sederhana dalam menjaga pelek agar bisa bertahan lebih lama yakni memperhatikan kebersihannya. Ketika kondisi pelek bersih tentu membuat komponen di dalamnya terhindar dari karatan karena bahan besi tersebut.

Apalagi jika kamu menggunakan jenis pelek dengan tipe jari-jari, maka harus diperhatikan sebaik mungkin. Tentunya kebersihan merupakan hal penting, sebab kotoran yang tersimpan dalam celah jari-jari kemungkinan akan menimbulkan karat apabila tidak mendapatkan perawatan segera.

Bahkan dampak buruknya karat tersebut bisa menyerang bagian pelek pada motor apabila tidak mendapatkan tindakan segera. Masalah tersebut akan berpotensi membuat ban sering bocor akibat dari karat yang sudah tersebar.

Selanjutnya yang harus kamu lakukan agar pelek pada motor selalu nyaman ketika digunakan yakni dengan melakukan settingan rutin dan berkala. Bagian setting wajib dijalankan pengguna khususnya dengan bahan dasar besi seperti jari-jari.

Karena pelek tersebut mempunyai bahan metal di bagian penahannya dan mudah sekali berubah kedepannya. Bagian setting pelek motor harus dijalankan untuk mengembalikan posisi ketegangan pada jari-jari agar lebih kuat.