oli pertamina

Ketahui Jenis Oli Pertamina yang Sesuai dengan Motor Kamu

Ada banyak jenis oli pertamina wajib kamu ketahui untuk kendaraan. Karena pelumas memang satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan dengan baik, khususnya pada mesin kendaraan bermotor. Akan tetapi untuk pemakaiannya sendiri juga tidak boleh sembarangan begitu saja serta asal pilih.

Untuk kamu yang punya kendaraannya sendiri wajib sekali memperhatikan setiap detail petunjuk dimana sudah diberikan oleh pihak pabrik itu sendiri. Apalagi sekarang ini ada banyak sekali jenis kendaraan di Indonesia. Sehingga untuk tipe pelumasnya sendiri juga diproduksi beraneka macam sesuai dengan motornya.

Pasti kamu juga sudah tahu, ada kendaraan dengan mesin transmisi manual, semi otomatis, dan juga matic. Lantas bagaimana cara memilih pelumas yang tepat? Seperti yang disampaikan, jenis oli itu sendiri mengalami perkembangan seiring dengan inovasi kendaraan bermotor yang terus mengalami perubahan juga.

Tentu saja karena hal inilah produsen juga menyesuaikan jenis pelumas sesuai dengan kendaraannya masing-masing. Sehingga penggunaannya juga tidak boleh asal-asalan. Semakin berinovasi pihak produsen otomotif, maka pelumasnya juga akan semakin berbeda. Pentingnya mengetahui jenis oli ini sangat membantu pengguna untuk membuat mesin tetap awet.

Oli sendiri punya fungsi untuk pelumas, pendingin, serta pembersih. Sehingga jika penggunaan serta pemilihannya tidak tepat, maka tentu saja akan mempengaruhi kinerja dari kendaraan bermotor itu sendiri. Oleh karena itu, kebutuhan oli pertamina pada mesin kendaraan matic, racing, serta sport beda.

Viral :   Fungsi Spul Motor dan Gejala Kerusakannya

Jenis Pelumas Pertamina yang Perlu Diketahui

Pihak pertamina sebagai salah satu perusahaan minyak terbesar memberikan beberapa tipe oli yang bisa digunakan sesuai dengan tipe kendaraan sekarang ini. Pertama ini ialah Enduro 4T Sport SAE 5W-30. Pelumas ini merupakan jenis lubricant sintetik dimana khusus dibuat untuk menciptakan performa akselerasi serta melindungi.

Jenis pelumas ini juga telah memenuhi syarat mutu terbaik. Kelebihan dari oli ini sendiri ialah agar bisa menciptakan power yang maksimal. Selain itu adanya friksi besar di kopling juga membuat terjadinya slip lebih rendah. Jenis oli ini sangat cocok untuk motor 4Tak dengan kopling basah.

Ada juga Enduro 4T Racing yang memiliki tingkat kekentalan doble. Dibuat dengan formasi dasar dari oli sintetik serta aditif. Jenis oli pertamina ini juga berguna untuk bersihkan mesin motor dan juga menghindari dari munculnya deposit di piston. Tidak menyebabkan korosi serta menjaga mesin mengalami aus.

Pelumas lain dari pertamina yang bisa dipilih ialah Enduro 4T racing dengan berbahan dasar dari mineral serta aditif pilihan. Jenis oli ini diciptakan khusus untuk tipe kendaraan bermotor 4 tak. Produk ini memberikan kemudahan untuk sirkulasi suhu baik rendah atau tinggi.

Kelebihan menggunakan produk ini ialah punya tingkat stabil yang bagus. Selain itu juga memudahkan suhu panas maupun dingin bersirkulasi. Produk ini juga bisa menjaga mesin tetap bersih dan melindungi dengan bagus. Dengan adanya akselerasi optimal, maka kendaraan juga bisa berjalan dengan cepat.

Viral :   Fungsi Stabilizer Stang pada Sepeda Motor

Jangan Salah Pilih Oli Kendaraan

Memilih oli pertamina yang tepat bisa disesuaikan dengan jenis kendaraannya. Oleh karena itu, sebelum mengisi pelumas motor sebaiknya menanyakan dulu mana yang cocok untuk mesin kendaraan kamu. Pastikan jangan asal memilih macam pelumas agar tidak membuat mesin jadi rusak dan tidak bekerja maksimal.

Untuk jenis pelumas 4Tak matic dengan kualitas tinggi dilengkapi adiktif moly agar bisa mengurangi terjadinya friksi di kecepatan serta suhu tinggi ialah Enduro Matic SAE. Lubricant ini punya viskositas yang rendah sehingga dapat memudahkan sirkulasi lubricant. Jenis ini dibuat untuk sistem matic dengan dry clutch.

Kendaraan 2Tak yang berbahan bakar bensin menggunakan pelumas Enviro 2T. Oli ini semi sintesisi dimana bahan dasar pembuatnya sendiri ialah dari mineral dimana diberi tambahan polyisobutylene sintesis serta adiktif unggul. Oli ini sangat cocok untuk mesin 2T dengan pendingin udara dengan kelebihannya dimana tidak menimbulkan asap.

Pada jenis mesin motor paling baru memang memerlukan pelumas modern. Sebab mesinnya juga sudah memberikan banyak inovasi terbaru. Sehingga perlu pembaruan pelumas juga agar performa kendaraan tetap terjaga serta mesinnya bisa lebih awet. Pastikan kamu tahu apa saja macam oli pertamina yang digunakan untuk kendaraan.

Kata Pencarianjenis oli pertasmina